Ragam Berita
 

Kegiatan Sehat Setelah Lebaran

Kegiatan Sehat Setelah Lebaran

Saat puasa dan lebaran, ada beberapa rutinitas harian yang berubah dan cukup berbeda dengan hari biasa. Rutinitas tersebut sudah tidak dibutuhkan lagi lagi karena kita tidak perlu lagi bangun terlalu pagi untuk makan sahur atau tidak makan dan minum apa pun karena sedang puasa. Hal senada juga berlaku saat Lebaran tiba. Kita yang awalnya lebih banyak malas dan makan harus beralih ke rutinitas utama. Kalau kita tetap menggunakan kebiasaan yang dilakukan saat Lebaran dan puasa, tubuh bisa saja sakit dan kondisi terus menurun.
Berikut ini beberapa cara agar tubuh tetap prima usai Lebaran agar kerja bisa berjalan dengan lancar

Perbaiki pola tidur
Saat puasa dan Lebaran, pola tidur kita tetap sama karena sebulan membiasakan diri bangun pagi. Anda akan bangun terlalu pagi meski tidak lagi makan sahur. Selanjutnya Anda akan mudah sekali capai saat siang dan cenderung tidur lebih malam. Kalau Anda tetap membiasakan diri dengan pola tidur seperti ini, badan akan mudah sekali lelah. Anda akan mudah sakit meski sudah tidak puasa lagi. Mulai dari sekarang, coba untuk memperbaiki pola tidur dengan baik. Usahakan untuk bangun pukul 04.00 ke atas dan tidur setiap hari selama 7-8 jam, tidak kurang dan tidak lebih.

Perbaiki pola makanan

Pola makan saat Lebaran pasti kacau karena Anda akan makan di mana saja kalau berkunjung ke rumah saudara atau teman. Kondisi ini menyebabkan Anda mengalami penumpukan lemak di dalam tubuh dengan signifikan meski hanya beberapa hari saja lebarannya. Saat kembali ke kota dan bekerja, kembali atur pola makan. Makanan tiga kali sehari dengan porsi yang cukup. Kalau Anda bisa memasak sendiri lebih baik membawa bekal dari rumah.

Perbaiki pola minum

Setelah puasa usai dan Lebaran tiba, Anda mungkin akan minum setara 8 gelas air setiap harinya. Namun, sebagian besar air yang masuk justru air yang terlalu manis seperti sirop atau minuman cup kecil yang memiliki rasa buah. Kalau Anda ingin menerapkan gaya hidup sehat, coba perbaiki pola minumnya. Anda harus mengonsumsi 8 gelas air setiap hari, Namun, air yang dikonsumsi harus air putih, bukan air yang memiliki rasa manis.

Kembali aktifkan olahraga

Selama satu bulan penuh kita kerap malas sekali berolahraga. Bahkan aktivitas ini seperti mustahil dilakukan karena saat puasa kita sering bermalas-malasan dan tidak mau menguras energi. Begitu Lebaran tiba, kita juga melakukan hal yang sama. Kita hanya banyak makan dan jarang sekali olahraga. Kalau kebiasaan ini diteruskan, kondisi obesitas akan terjadi dan mengganggu kesehatan. Kembalilah untuk berolahraga secara rutin minimal seminggu 3 kali. Mulailah dengan olahraga ringan hingga ke intensitas tinggi kalau terbiasa.

Kembali diet jika dibutuhkan
Kembalilah diet kalau memang dibutuhkan. Saat puasa biasanya diet gagal dilakukan karena kita lebih banyak makan. Hal serupa juga terjadi saat Lebaran, kita susah sekali mengontrol apa yang dimakan sehingga lemak terlanjut menumpuk. Dietlah sesuai dengan kondisi tubuh atau sesuai dengan kebutuhan. Diet ini bisa dilakukan seminggu setelah pulang dan berlanjut hingga Anda mengembalikan kondisi tubuh seperti sedia kala. 

Demikianlah ulasan tentang mengembalikan rutinitas harian setelah Lebaran. Semoga setelah Hari Raya ini kita tidak malas dan semakin semangat untuk menjaga kesehatan tubuh ya!


 








Berikan Komentar Via Facebook

Ragam Berita Lainnya
Lebaran VS Tahun Ajaran Baru
Lebaran VS Tahun Ajaran Baru
Kamis, 30 Mei 2019 11:12 WIB
Mana yang harus diprioritaskan? Baju lebaran baru atau baju ajaran baru untuk sekolah anak?
Film Tentang Parenting Yang Recommended
Film Tentang Parenting Yang Recommended
Kamis, 08 Agustus 2019 03:47 WIB
Bagi calon orang tua yang hendak mencari referensi atau kamu yang memang suka film inspiratif bertemakan keluarga, mungkin daftar film di bawah ini bisa jadi pilihan
Mengenal Pola Asuh Milenial : "Drone Parenting"
Mengenal Pola Asuh Milenial : "Drone Parenting"
Selasa, 08 Januari 2019 07:42 WIB
Kini, di jaman milenial, berkembang jenis pola asuh baru yang disebut para ahli sebagai " Drone Parenting". Apa itu?
Keseruan Kejurda Jawa Barat Barongsai 2019
Keseruan Kejurda Jawa Barat Barongsai 2019
Kamis, 22 Agustus 2019 09:15 WIB
Pada tanggal 21 Juli 2019 lalu di area d'Fun Station Bandung