Ragam Berita
 

Manfaat Puasa Bagi Anak

Manfaat Puasa Bagi Anak

Keluarga menjadi pintu gerbang awal anak mendapat pelajaran berharga tentang kehidupan, termasuk mengajarkan anak puasa. Melakukan stimulasi anak sejak dini penting dilakukan oleh orangtua agar menjadi bekal anak tumbuh dengan karakter positif dalam hal agama. Lantas, bagaimana cara yang tepat agar menjadi hal yang biasa untuk anak puasa? Apa manfaatnya untuk kesehatan dan kecerdasan spiritual anak di masa mendatang?
Perlu diingat bahwa melatih anak puasa Ramadhan tidak sama dengan mewajibkan mereka berpuasa. Bahkan di dalam Islam sendiri telah disabdakan oleh Rasul-Nya: “Tidak ada kewajiban syar’i bagi anak-anak yang belum baligh”.
Selain itu dalam melatih anak puasa, orangtua harus mempertimbangkan kondisi dan kemampuan mereka. Telah jelas bahwa Islam sendiri tidak menghendaki adanya unsur paksaan dalam mendidik anak. Alih-alih memaksa, berikanlah anak motivasi untuk mereka berpuasa dengan sabar.

Melatih anak puasa sejak dini
Diusia anak 4 tahun sampai 8 tahun  mereka masih dalam masa tumbuh dan sedang asik – asiknya bermain. ajarkan pengertian puasa pada mereka. Kemudian ajak mereka untuk langsung latihan puasa. Melatih puasa bagi anak pada awal – awal latihan tidak harus sampai sehari penuh. Pastikan anak latihan puasa setengah hari dulu dan mereka berhasil. Beri motivasi terus sampai mereka dapat menyelesaikan puasa satu hari penuh. Beri anak pujian jika mereka dapat melakukannya ini akan menjadikan mereka bersemangat dalam menjalankan puasanya.
Temani anak dalam menjalankan puasa. Ajarkan juga mereka manfaat sholat dan manfaat zikir. Dengan adanya orang tua disamping mereka ini akan membuat anak tambah bersemangat dan termotivasi karena melihat orang tuanya yang juga berpuasa. Anak akan berpikir bagaimana orang tua mereka tetap dapat melakukan segala macam pekerjaan rumah dengan tetap menjalankan puasa.
Ajarkan anak tentang pahala puasa dan manfaat puasa. Anak – anak sangat senang mendengarkan cerita – cerita tentang puasa dari orang tua mereka. Ini menuntut orang tua untuk aktif dalam memberikan manfaat pendidikan karakter bagi  anak berpuasa. Anak juga akan semakin kreatif karena sering mengajukan pertanyaan tentang puasa yang ingin mereka ketahui.

Manfaat puasa untuk anak
 
1. Puasa mengajarkan kedisiplinan bagi anak
Dengan berpuasa anak akan diajarkan kedisiplinan soal waktu. Dalam berpuasa setiap hari anak  juga akan diajarkan bangun pagi untuk makan sahur. Ajarkan juga anak untuk berdoa sebelum sahur sebagai niat menjalankan ibadah puasa. Bangun pagi ini akan menjadi kebiasaan bagi anak di pagi hari.
Begitu juga saat berbuka puasa ajarkan anak doa berbuka puasa.  Ajarkan juga anak untuk bersyukur bahwa mereka telah menyelesaikan puasa mereka dengan sungguh-sungguh. Kedisiplinan sangat penting diajarkan mulai  sedini mungkin karena akan melatih anak  disiplin dalam segala hal yang dikerjakannya saat sudah besar nanti.

2. Puasa mengajarkan rasa empati
Rasa empati dapat timbul dari kebiasaan salah satunya dengan berpuasa. Menjalankan puasa mengajarkan anak berempati menghargai setiap hal yang di dapatnya dalam skala kecil mulai dari makanan dan minuman. Berbagi manfaat air putih bersama temannya mengajarkan pada mereka bahwa di luar sana banyak anak yang mengalami nasib tidak seberuntung mereka. Rasa empati menjadikan anak peduli pada lingkungan sekitar.

3. Puasa menjadikan tubuh anak lebih sehat
Sudah banyak penelitian yang membuktikan manfaat puasa bagi kesehatan tubuh manusia. Puasa membantu pola makan anak menjadi teratur. Waktu makan dengan puasa sudah ditentukan yakni pada saat sahur dan berbuka puasa. Dalam berpuasa orang tua dapat memilihkan makanan yang mengandung gizi dan nutrisi manfaat buah-buahan yang diperlukan anak untuk masa pertumbuhannya.

4. Puasa megajarkan kejujuran bagi anak
Sikap jujur sudah sangat langka pada zaman sekarang ini. Dengan berpuasa sikap jujur sudah ditanamkan pada anak. Anak berpuasa melatih mereka untuk jujur pada orang tua, teman – teman dan juga diri mereka sendiri. Jujur pada diri sendiri didapat dengan mereka menyadari harus menahan rasa lapar, rasa haus dan sikap mereka. Ini karena anak sadar bahwa mereka sedang berpuasa. Puasa mengajarkan untuk menahan segala sesuatu yang dapat membatalkan pahala puasa. Anak akan menyadari itu sehingga membuat mereka cenderung menjauhi segala hal yang dapat membatalkan pahala puasa mereka.

Dengan mengajarkan anak berpuasa sedari kecil sangat baik untuk kesehatan anak. Anak menjadi disiplin dan memiliki rasa empati terhadap teman – teman dan lingkungannya. Dan manfaat dari segi agama mereka akan tumbuh menjadi anak yang sholeh bagi orang tuanya.

share jika bermanfaat funner's




 








Berikan Komentar Via Facebook

Ragam Berita Lainnya
Tips Mudik Nyaman Bersama Anak
Tips Mudik Nyaman Bersama Anak
Sabtu, 01 Juni 2019 14:43 WIB
Mudik sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia di bulan Ramadan. Anda tentu perlu mempersiapkan segala sesuatunya sematang mungkin.
Manfaat Kegiatan Pramuka untuk Pengembangan Diri Anak
Manfaat Kegiatan Pramuka untuk Pengembangan Diri Anak
Rabu, 14 Agustus 2019 05:46 WIB
Tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka Indonesia. Seberapa pentingnya kegiatan Pramuka untuk anak? Manfaat apa saja yang bisa diambil dari kegiatan Pramuka?
Tips Bagaimana Menghadapi Gempa ?
Tips Bagaimana Menghadapi Gempa ?
Sabtu, 03 Agustus 2019 14:26 WIB
Setiap orang tentu memiliki tanggung jawab yang sama, yaitu melindungi diri sendiri dan keluarga
Permainan yang dianjurkan untuk anak ADHD
Permainan yang dianjurkan untuk anak ADHD
Kamis, 23 Mei 2019 22:43 WIB
Anak-anak dengan ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder terkenal sulit berkonsentrasi untuk waktu yang lama