Dunia Anak
 
Semua BlogPengetahuan AnakDunia AnakKesehatan AnakPola Asuh AnakKisah dan CeritaPsikologi

Masalah Umum Remaja dari Sudut Pandang Psikologi
Masalah Umum Remaja dari Sudut Pandang Psikologi

Remaja merupakan periode transisi dari masa anak-anak ke dewasa. Pada periode ini terjadi proses kematangan fisik yang cepat. Selain itu perubahan hormon maupun psikologikal juga terjadi di awal masa remaja. Hal ini menyebabkan adanya berbagai tuntutan dari lingkungan rumah, sekolah, dan sosial yang berbeda dengan saat buah hati masih dalam periode anak.
Beberapa masalah yang umum terjadi pada periode remaja adalah sebagai berikut:

  1. Masalah yang berhubungan dengan kehidupan emosi
Adanya perubahan baik secara fisik maupun hormonal mempengaruhi kehidupan emosi remaja. Kehidupan emosi pada remaja cenderung bersifat labil sehingga reaksi emosi yang ditampilkan sering berubah-ubah. Umumnya reaksi emosi yang sering ditampilkan adalah marah, sensitif, mudah tersinggung, sering timbul perasaan sedih, dan cepat putus asa.
  1. Masalah yang berhubungan dengan sekolah
Prestasi di sekolah cenderung menjadi perhatian utama bagi remaja karena hal ini terkait dengan harga diri dan pengakuan dari lingkungan. Selain prestasi, kepuasan berinteraksi dengan guru maupun teman di sekolah ikut berpengaruh pada bagaimana remaja bersikap terhadap sekolah. Beberapa masalah yang berhubungan dengan sekolah antara lain membolos, underachiever, menolak sekolah, mengganggu di kelas, takut menghadapi ujian, ketidakjelasan menghadapi masa depan, dan dikeluarkan dari sekolah.
  1. Masalah yang berhubungan dengan kehidupan seksual
Perubahan fisik menyebabkan remaja tertarik pada kehidupan seksual. Mereka mulai memiliki dorongan seksual yang selama ini belum mereka miliki ketika berada di periode anak. Mereka mulai tertarik dengan lawan jenis serta mulai ingin mencari informasi mengenai kehidupan seksual. Masalah yang sering terjadi diantaranya adalah eksperimen (mencoba) dalam kehidupan seksual, berpacaran yang disertai dengan mengekspresikan dorongan seksual, masturbasi, mencari informasi tentang kehidupan seksual dari film, video, dan buku.
Periode remaja yang merupakan periode transisi sebelum masuk ke fase dewasa membuat mereka harus menyesuaikan diri terhadap berbagai tuntutan lingkungan. Perubahan yang terjadi ini sering menyebabkan remaja mengalami kecemasan, ragu terhadap diri sendiri, atau membangkang sehingga tidak jarang membuat remaja mengalami konflik baik dengan lingkungan maupun dengan dirinya sendiri.
Kalau Moms dan Dads masih mengalami kebingungan dengan berbagai masalah yang terjadi pada remaja, parents bisa datang langsung ke d’Fun Station untuk berkonsultasi dengan ahli yang ada disana.
 





Berikan Komentar Via Facebook

Dunia Anak Lainnya
Langkah Mudah Atasi Anak Mimisan
Langkah Mudah Atasi Anak Mimisan
Selasa, 09 April 2019 13:40 WIB
Anak Anda tiba-tiba Mimisan? Atasi dengan cara-cara berikut.
Ajarkan Pendidikan Seksual Sejak Dini
Ajarkan Pendidikan Seksual Sejak Dini
Senin, 02 Maret 2020 08:06 WIB
Selama ini mungkin moms berpikir bahwa topik seks merupakan hal yang tabu untuk dibicarakan dengan si kecil. Seberapa pentingkah pendidikan
Strategi Mempertahankan Motivasi Belajar Anak Selama School From Home
Strategi Mempertahankan Motivasi Belajar Anak Selama School From Home
Jum'at, 08 Mei 2020 08:57 WIB
Pasti banyak sekali tantangan yang dihadapi selama mendampingi anak belajar di rumah. Selain itu, sampai saat ini pasti banyak sekali
Alasan Perkembangan Sosial Anak Lebih Penting daripada Nilai A
Alasan Perkembangan Sosial Anak Lebih Penting daripada Nilai A
Jum'at, 08 Maret 2019 13:44 WIB
Perkembangan sosial anak akan sangat membantu tumbuh kembang si kecil agar ia kelak menjadi pribadi yang bertanggung jawab.