BLOG
DAN
ARTIKEL

Manusia Sebagai Pahlawan Alam
image : Illustration by google
Manusia Sebagai Pahlawan Alam
Oleh Asmi Ayuni, S.Psi. | Senin, 02 November 2020 12:08 WIB | 1.279 Views
Disunting Oleh : Brenda Carqua
Alam merupakan bagian dari lingkungan fisik dan karakteristik tempat tinggal kita di bumi. Hal ini termasuk kondisi lingkungan yang mencakup daratan, lautan, dan atmosfer. Kita sebagai manusia sudah lama berinteraksi dengan alam sejak manusia pertama tinggal di bumi. Tidak salah jika manusia sangat bergantung dengan alam demi keberlangsungan hidupnya.

Bumi hingga saat ini telah mengalami isu besar terkait perubahan iklim. Perubahan iklim yang terjadi mencakup perubahan pola cuaca ekstrem yang mengancam keberlangsungan hidup manusia. Dampak perubahan iklim sampai saat ini bersifat global dan berskala besar. Jika kita sebagai manusia tidak melakukan tindakan apapun dan hanya beradaptasi dengan dampak tersebut, maka hal ini justru akan membuat hidup semakin sulit dan mahal di masa depan.

Sebagai manusia yang hidupnya sangat bergantung pada alam, kita perlu menjaga dan menyelamatkan alam dari bahaya perubahan iklim yang semakin parah. Dalam menghadapi perubahan iklim yang buruk, kita bisa lho menjadi pahlawan yang membantu keberlangsungan hidup alam berserta manusia. Kita bisa mulai bergerak dari diri kita sendiri untuk peduli dan menjalankan hal-hal yang bisa membantu menyelamatkan lingkungan. Berikut beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan sebagai bentuk kontribusi diri kita sebagai pahlawan bagi alam :

3R (Reduce, Reuse, Recycle)
Hal paling sederhana yang bisa Anda lakukan dengan mudah untuk mengurangi polusi lingkungan adalah dengan memasukkan sampah plastik, kertas, dan jenis sampah lainnya ke dalam tempat sampah. Hal tersebut akan membawa dampak terhadap kebersihan lingkungan.
Anda juga bisa menggunakan tas yang bisa digunakan kembali (reusable bag) ketika berbelanja dan menghindari penggunaan piring, sendok, gelas, sedotan, dan lainnya yang sekali pakai. Penggunaan barang sekali pakai mudah menambah jumlah sampah yang semakin banyak.
Selain itu, kita juga dianjurkan untuk membeli barang dari bahan yang ramah lingkungan (eco friendly) dan merupakan hasil daur ulang seperti barang bekas yang masih bisa dipakai untuk membantu pengurangan limbah.

Melakukan kegiatan volunteer seperti gotong royong membersihkan lingkungan
Anda bisa melakukan kegiatan bersih-bersih taman, jalan, sekolah, kantor, atau daerah tempat tinggal Anda bersama teman atau orang-orang terdekat. Kegiatan ini tak hanya sebatas membangun hubungan Anda dengan orang lain tetapi juga kita bisa bersama-sama membangun kebersihan lingkungan.

Hemat air
Anda juga bisa melakukan hal-hal kecil yang bisa membuat perubahan yang besar, salah satunya dengan penggunaan air secukupnya. Hal ini bisa Anda mulai dari mematikan air ketika menggosok gigi serta memperbaiki keran yang bocor sehingga dapat mengurangi limbah air.

Hemat listrik
Anda sebaiknya sebisa mungkin mencabut kabel barang elektronik yang sudah selesai digunakan seperti televisi, charger handphone, dan alat lainnya.  Selain itu, segera matikan lampu di ruangan yang sudah tidak terpakai. Jika kabel elektronik tetap terpasang dan lampu tetap dibiarkan menyala maka akan tetap menyedot energi meskipun barang tersebut tidak Anda pakai sama sekali.

Tanam pohon
Menanam satu atau dua pohon saja bisa membantu mengurangi polusi udara, termasuk sulfur dioksida, nitrogen oksida, dan partikel-partikel kecil lainnya. Keberadaan pohon sangat membantu memerangi perubahan iklim lho.

Kurangi penggunaan kendaraan pribadi motor dan mobil
Jalan kaki dan bersepeda merupakan cara yang paling baik untuk mengurangi emisi karbon yang berasal dari kendaraan motor dan mobil. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan transportasi umum. Penggunaan satu motor atau mobil di jalan bisa membuat perubahan besar terhadap udara yang sehat.

Menjaga alam sudah menjadi tugas manusia sebagai penghuni bumi yang memiliki akal. Merawat bumi bukan hanya menjadi tanggung jawab kita sebagai penghuninya, melainkan sudah termasuk kebutuhan kita sebagai manusia. Kita tidak bisa mengandalkan pemerintah atau orang lain untuk menyelamatkan alam dari kerusakan dan juga bencana yang terjadi. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama mulai dari diri sendiri untuk menjadi pahlawan bagi alam kita tercinta.

Jika Anda memiliki kekhawatiran atau ketakutan berlebih saat memikirkan kondisi alam yang semakin parah akhir-akhir ini dan hal ini mempengaruhi bahkan mengganggu kehidupan Anda, segera konsultasikan masalah ini kepada  ahlinya via aplikasi d’Fun Station yang dapat Anda unduh langsung di playstore.
 
Referensi:
Lambert, Katie & Gleim, Sarah. (2019). 10 Things You Can Do to Help Save the Earth. How to Stuff Works. [online]  https://science.howstuffworks.com/environmental/green-science/save-earth-top-ten.htm
National Ocean Services. Protecting Our Planet Starts with You. [online] https://oceanservice.noaa.gov/ocean/earthday.html
Tags
#alam #manusia
Bagikan Artikel
Komentar popoler
Belum ada komentar
Artikel Populer
Sikap yang Harus Dikembangkan pada Remaja
Sikap yang Harus Dikembangkan pada Remaja
49.994 Views

MANFAAT MENANYAKAN KABAR DAN VALIDASI EMOSI ANAK DI SETIAP HARINYA
MANFAAT MENANYAKAN KABAR DAN VALIDASI EMOSI ANAK DI SETIAP HARINYA
35.389 Views

Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik Anak (Bag. 1)
Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik Anak (Bag. 1)
28.183 Views

Pentingnya Kelekatan (Attachment) Antara Anak & Orang Tua
Pentingnya Kelekatan (Attachment) Antara Anak & Orang Tua
21.442 Views

Orang Tua Sebaiknya Baca Kisah tentang Ungkapan Jujur Seorang Anak ini. Kisah yang Bisa Menjadi Renungan Kita dalam Mendidik Anak
Orang Tua Sebaiknya Baca Kisah tentang Ungkapan Jujur Seorang Anak ini. Kisah yang Bisa Menjadi Renungan Kita dalam Mendidik Anak
14.900 Views

Dampak Positif Media Sosial pada Anak dan Remaja
Dampak Positif Media Sosial pada Anak dan Remaja
14.260 Views

6 Emosi Dasar Manusia
6 Emosi Dasar Manusia
13.790 Views

Peran Keluarga Mengatasi Kenakalan Remaja
Peran Keluarga Mengatasi Kenakalan Remaja
13.214 Views

Seperti Apa Feminisme di Zaman Sekarang?
Seperti Apa Feminisme di Zaman Sekarang?
12.816 Views

Shoebill, Burung yang Tak Suka Terbang dan Suka Menyendiri
Shoebill, Burung yang Tak Suka Terbang dan Suka Menyendiri
12.348 Views