Pola Asuh Anak
 
Semua BlogPengetahuan AnakDunia AnakKesehatan AnakPola Asuh AnakKisah dan CeritaPsikologiEdukasiUmum

Kegiatan Seru yang Menumbuhkan Karakter Pahlawan Dalam Diri Anak!
Kegiatan Seru yang Menumbuhkan Karakter Pahlawan Dalam Diri Anak!

Orangtua perlu membantu anak-anak untuk mengembangkan pengetahuan dan menumbuhkan rasa tentang hal-hal yang baik, mulia, serta layak untuk diperjuangkan dalam hidup. Hal yang paling mudah untuk membuat anak memahami nilai-nilai tersebut adalah orangtua, pengasuh, maupun guru dapat menggunakan figur seorang pahlawan sebagai contoh terkait kualitas dalam diri manusia yang mengagumkan dan patut ditiru. Jangan lupa untuk menekankan bahwa pahlawan hanyalah manusia seperti Anda dan saya yang bisa membantu orang lain dan membuat perbedaan di dunia.

Orangtua, pengasuh, maupun guru dapat menggunakan pahlawan fiksi yang familiar bagi anak untuk mengajarkan nilai-nilai tersebut sehingga mudah untuk mencontohkan kebajikan seperti kejujuran, kesopanan, keberanian, ketekunan, kesetiaan, pengendalian diri, kasih sayang, toleransi, keadilan, rasa hormat terhadap individu, tanggung jawab, dan sebagainya. Hal ini juga memberikan kesempatan untuk menunjukkan bahwa kebaikan manusia itu penting dalam kehidupan sehari-hari, seperti hormat kepada orang tua, keluarga, dan semua orang di sekitar kita, kejujuran dan kepercayaan dalam semua hubungan, membantu mereka yang kurang beruntung daripada diri kita sendiri, dan menjadi murah hati yang pada akhirnya memberi kita kebahagiaan.

Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat orangtua, pengasuh, ataupun guru lakukan untuk menumbuhkan karakter pahlawan dalam diri anak dengan cara yang menyenangkan :
  1. Melatih Kejujuran & Kesopanan (Seperti Captain America)
Kegiatan ini dapat dilakukan selama minimal 5 hari. Kejujuran dan berperilaku sopan dalam kehidupan sosial adalah hal yang sangat penting. Ajak anak untuk menjalankan misi berikut agar ia dapat menjadi pahlawan seperti captain America yang jujur dan sopan. Jika anak berhasil menyelesaikan kegiatan berikut setiap harinya, maka berikan sticker pada anak. Pada hari ke-5, jika anak sudah mengumpulkan minimal 65 stickers maka ia berhak mendapatkan shield captain America dan dinobatkan sebagai seorang anak yang telah berhasil menjadi pahlawan yang jujur dan sopan.

Berikut 5 kegiatan yang dapat dilakukan untuk melatih kejujuran dan kesopanan pada anak :
Kegiatan 1 :
Mengucapkan kata-kata “berbicara jujur agar dipercaya” dan “bersikap sopan agar dihargai” di pagi dan malam hari. (Reward : 2 sticker/hari)
Kegiatan 2 :
Mewarnai buah atau benda, kemudian minta anak untuk menggunting gambar yang sudah diwarnai secara acak (potong hingga 8 bagian). Setelah selesai, minta anak untuk menyatukan kembali potongan tersebut dan direkatkan dengan lem atau perekat agar kembali seperti sempurna. Jika sudah selesai, minta anak untuk menilai apakah potongan gambar yang direkatkan kembali sudah terlihat sama bagusnya dengan yang sebelumnya. Kemudian jelaskan pada anak bahwa kertas itu seperti kepercayaan yang rusak. Begitu kepercayaan rusak, sangat sulit, dan terkadang bahkan tidak mungkin diperbaiki seperti dulu dan yang merusak kepercayaan adalah kebohongan. ( Reward : 1 sticker/hari)
Kegiatan 3  :
Memberikan konsekuensi berupa pencabutan sticker jika anak ketahuan berbohong. Kemudian berikan penjelasan bahwa berbohong dapat merusak kepercayaan sehingga sticker yang sudah anak kumpulkan pantas untuk dicabut. (Konsekuensi : Mencabut 2 sticker/kebohongan)
Kegiatan 4  :
Mengucapkan “Tolong”, “Terima Kasih”, “Permisi” dan mengucapkan salam saat masuk dan keluar rumah. (Reward : Maksimal 13 stiker/hari)
Kegiatan 5  :
Memberikan konsekuensi berupa pencabutan sticker, jika anak memotong pembicaraan orangtua, meminta sesuatu dengan berteriak ataupun menangis, menaikkan kaki ke atas meja, bersendawa tanpa menutup mulut, dan tidak menghabiskan makanan. Kemudian berikan alasan mengapa perilaku tersebut tergolong tidak sopan saat mencabut sticker yang sudah anak kumpulkan. (Konsekuensi : Mencabut 1 sticker/perilaku tidak sopan)
  1. Melatih Tanggungjawab dan Jiwa Penolong (Seperti Spiderman)
Kegiatan ini dapat dilakukan selama minimal 5 hari. Ajak anak untuk menjalankan misi berikut agar ia dapat menjadi pahlawan seperti Spiderman yang bertanggungjawab dan suka menolong. Jika anak berhasil menyelesaikan kegiatan berikut setiap harinya, maka berikan sticker pada anak. Pada hari ke-5, jika anak sudah mengumpulkan minimal 65 stickers maka ia berhak mendapatkan topeng spiderman atau baju spiderman dan serta  dinobatkan sebagai pahlawan yang bertanggungjawab dan penolong seperti Spiderman.

Berikut 5 kegiatan yang dapat dilakukan untuk melatih tanggung jawab dan menumbuhkan jiwa penolong dalam diri anak :
Kegiatan 1  :
Mengucapkan kata-kata “Tolonglah orang yang mengalami kesulitan atau orang yang lemah” di pagi dan malam hari. (Reward : 2 sticker/hari)
Kegiatan 2  :
Ajak anak untuk merapikan tempat tidurnya bersama orangtua, membantu memasak, menyiapkan perlengkapan untuk makan, merapikan perlengkapan makan ke tempat cuci piring, merapikan mainan, meletakkan baju kotor di tempat seharusnya, membantu orangtua menjaga adik, dan membantu adik jika memerlukan bantuan (Reward : Maksimal 13 sticker/hari)
Kegiatan 3  :
Ajak anak bersedekah kepada yang kurang mampu dengan cara memberikan makanan dan setengah dari uang jajan harian anak. Biarkan anak memberikan hal tersebut sendiri dan biarkan anak berinteraksi sejenak dengan orang yang menerima sedekahnya. (Reward : 1 sticker/hari)
Kegiatan 4  :
Memberikan konsekuensi berupa pencabutan sticker, jika anak tidak bersedia mengerjakan tugas harian yang menjadi tanggungjawabnya. Kemudian berikan penjelasan bahwa anak sudah cukup besar sehingga harus belajar untuk menyelesaikan tugasnya dan stickernya akan dicabut jika anak tidak menyelesaikan tugas pokoknya. (Konsekuensi : Mencabut 1 sticker/perilaku tidak bertanggungjawab)
Kegiatan 5  :
Jika anak tidak bersedia membantu orangtua, atau pengasuhnya, maka berikan penjelasan bahwa orangtua atau pengasuh sedang kesulitan mengerjakan tugas tersebut sehingga ia membutuhkan bantuan anak. Pujilah anak setiap ia berhasil menyelesaikan tugasnya.
  1. Melatih Pengendalian Diri (Seperti Hulk)
Kegiatan ini dapat dilakukan selama minimal 5 hari. Ajak anak untuk menjalankan misi berikut agar ia dapat menjadi pahlawan seperti Hulk yang dapat mengendalikan dirinya agar tidak menjadi monster yang dapat menyakiti orang di sekitarnya. Jika anak berhasil menyelesaikan kegiatan berikut setiap harinya, maka berikan sticker pada anak. Pada hari ke-5, jika anak sudah mengumpulkan minimal 65 stickers maka ia berhak mendapatkan topeng hulk atau sarung tangan tinju hulk dan nobatkan anak bahwa ia telah berhasil menjadi pahlawan yang penyabar dan dapat mengendalikan diri.

Berikut 5 kegiatan yang dapat dilakukan untuk pengendalian diri anak :
Kegiatan 1  :
Mengucapkan kata-kata “Sabar ya supaya dapat apa yang kamu mau” di pagi dan malam hari. (Reward : 2 sticker/hari)
Kegiatan 2  :
Ajak anak untuk bermain menyusun balok ke atas hingga 15 balok dan minta anak untuk meletakkan balok secara perlahan, serta ulangi sebanyak 3x. Hitung jumlah balok yang berhasil anak susun tanpa terjatuh dan pilihlah jumlah balok terbanyak. Berikan penjelasan bahwa anak akan kesulitan menyusun balok hingga tinggi, jika ia terburu-buru ataupun tidak sabar. (Reward : 1 sticker/hari)
Kegiatan 3  :
Ajarkan anak mengendalikan nafasnya, yaitu dengan cara menarik nafas dan membuang nafas sambil berhitung hingga 10. Ulangi sebanyak 3x. (Reward : 1 sticker/hari)
Kegiatan 4  :
Minta anak untuk mengendalikan nafasnya, jika anak sedang marah, kesal, atau merasakan emosi negatif lainnya. Berikan sticker setiap kali anak mengikuti arahan orangtua untuk mengendalikan nafasnya. (Reward : Maksimal 10 sticker/hari)
Kegiatan 5  :
Memberikan konsekuensi berupa pencabutan sticker jika anak terlalu meledak-ledak dalam menunjukkan emosi negatifnya seperti berteriak, memukul, ataupun melempar barang. Kemudian berikan penjelasan bahwa anak tidak dapat mengendalikan emosinya sehingga merusak barang, menyakiti orang lain, atau bahkan mengganggu ketenangan orang lain sehingga stickernya dicabut. (Konsekuensi : Mencabut 1 sticker/perilaku tidak terkendali)
Kegiatan seru ini bisa langsung Anda coba di rumah lho! Untuk mengajarkan nilai-nilai kebajikan pada anak memang bukanlah hal yang cukup mudah untuk dilakukan, namun jika kita bisa melakukannya secara menyenangkan disertai dengan reward yang bisa membuat anak merasa senang, bukan tidak mungkin hal ini tidak bisa dilakukan. Jika dalam prosesnya Anda mengalami kendala, segera download aplikasi d’Fun Station dan konsultasikan masalah yang Anda alami dengan para profesional yang ada di sana.





Berikan Komentar Via Facebook

Pola Asuh Anak Lainnya
Cara Bangkit dari Quarter Life Crisis

image : freepik.com

Cara Bangkit dari Quarter Life Crisis
Jum'at, 30 Oktober 2020 22:36 WIB
Ketika ekspektasi tidak sesuai dengan penggambaran umum di lingkungan tentang kondisi kehidupan di usia dewasa, banyak orang yang menyalahkan dirinya
5 Tahap Mencari Pengasuh Anak

5 Tahap Mencari Pengasuh Anak
Senin, 22 Oktober 2018 09:20 WIB
Duh, Bunda kewalahan nih mengurus si kecil sendirian. Bila berencana mencari pengasuh untuk anak, coba ikuti 5 tahap ini ya,
Burnout: Gejala Stres Ketika Bekerja

image : freepik.com

Burnout: Gejala Stres Ketika Bekerja
Rabu, 26 Agustus 2020 09:45 WIB
Situasi pekerjaan rentan sekali membuat diri kita mengalami stres. Baik itu karena tuntutan atasan, beban kerja yang berat, lingkungan yang
Ayah, Sang Pahlawan Keluarga

Ayah, Sang Pahlawan Keluarga
Jum'at, 13 November 2020 09:27 WIB
Pahlawan bisa ditujukan untuk siapa saja yang kita rasa pantas untuk disebut sebagai pahlawan