Psikologi
 
Semua BlogPengetahuan AnakDunia AnakKesehatan AnakPola Asuh AnakKisah dan CeritaPsikologiEdukasiUmum

Apa Bentuk Bahasa Cinta Anda dan Pasangan?
image: freepik
Apa Bentuk Bahasa Cinta Anda dan Pasangan?

Cinta merupakan hal yang penting untuk dimiliki setiap individu, namun cinta juga bisa menjadi suatu hal yang membingungkan. Pernahkah Anda merasa tidak dicintai oleh pasangan Anda? Jangan salah paham dulu, bisa jadi bentuk bahasa cinta kalian berbeda!

Berdasarkan buku The Five Love Languages milik Chapman (2004) meluangkan waktu untuk mempelajari dan memahami bahasa cinta yang dimiliki oleh pasangan kita bisa membantu meningkatkan komunikasi dan memperkuat hubungan Anda. Kira-kira bahasa cinta apa yang dominan dimiliki dalam diri Anda dan juga pasangan Anda? Simak penjelasannya di bawah ini.

Words of Affirmation
Orang dengan bahasa cinta ini akan merasa dicintai ketika pasangannya berkata “Aku sayang kamu” atau “Kamu terlihat cantik menggunakan pakaian itu”. Penggunaan pesan suara, tulisan, atau mengatakannya secara langsung akan sangat berarti untuk mereka. Isi kata yang baik, sederhana, ataupun pujian perlu untuk diucapkan kepada pasangan Anda yang memiliki gaya bahasa cinta ini.

Quality Time
Bentuk bahasa ini merupakan bentuk dalam memberikan perhatian yang tidak terbagi pada apapun dan fokus kepada pasangan. Seperti pasangan meluangkan waktunya duduk di sofa tanpa bermain gadget dan fokus mengobrol tanpa adanya atensi lain. Kualitas percakapan dan kegiatan bersama sangat penting untuk dimiliki orang dengan bahasa cinta ini.

Receiving Gifts
Orang yang memiliki bahasa cinta ini akan merasa dicintai ketika mendapat perhatian melalui pemberian kado. Jika Anda memiliki pasangan dengan bahasa cinta ini maka Anda bisa memberikan kado di saat hari ulang tahunnya, hari jadian, ataupun hari-hari biasa. Kado yang diberikan untuk pasangan Anda bisa didapatkan dengan cara dibeli, ditemukan, atau bahkan dibuat sendiri.

Acts of Service
Bentuk bahasa ini mencakup segala sesuatu yang dilakukan untuk meringankan beban tanggung jawab pasangan sehingga merasa dicintai. Hal-hal sederhana seperti membuatkan sarapan, mengantarkan, atau menjemputnya belanja dapat menunjukkan bahwa Anda peduli dengannya.

Physical Touch
Orang yang memiliki gaya bahasa ini menyukai interaksi dengan sentuhan fisik seperti berpegangan tangan, berpelukan, dan menepuk punggung. Cobalah untuk mengekspresikan cinta Anda dengan menggunakan sentuhan fisik kepada pasangan seperti memberinya pelukan atau menyentuh tangannya ketika mengobrol.

Tidak semua orang mengekspresikan rasa cintanya dengan cara yang sama, sehingga menyadari akan adanya bahasa cinta yang berbeda dapat membantu Anda memahami hubungan Anda dan pasangan dengan lebih baik.

Anda merasa bahwa Anda sudah memahami bahasa cinta antara diri Anda dan pasangan dengan baik tapi Anda masih saja sering salah paham terkait bahasa cinta ini? Anda tidak perlu khawatir, segera konsultasikan masalah ini kepada ahlinya via aplikasi d’Fun Station.
 
Referensi:
Chapman, G. D. (2004). The Five Love Languages: The Secret to Love That Lasts. Northfield Publishing Chicago.
Hogan, Brianne. (2020). What Are the 5 Love Languages?. She Knows. [online] https://www.sheknows.com/health-and-wellness/articles/1059295/what-are-the-5-love-languages/





Berikan Komentar Via Facebook

Psikologi Lainnya
Skripsi tiba? Hadapi Stres dengan Turning Skripshit to be Skripsweet

image : freepik.com

Skripsi tiba? Hadapi Stres dengan Turning Skripshit to be Skripsweet
Sabtu, 29 Agustus 2020 09:30 WIB
Bagi kebanyakan mahasiswa tingkat akhir, momentum pengerjaan Tugas Akhir (TA) atau skripsi bisa menjadi momok menakutkan yang ingin dihindari
Pentingnya Kesehatan Mental Anak, Ini Cara Jaganya

image : freepik.com

Pentingnya Kesehatan Mental Anak, Ini Cara Jaganya
Jum'at, 21 Agustus 2020 12:44 WIB
Pada masa anak-anak, pertumbuhan yang sehat tidak hanya berfokus pada aspek fisik namun juga perlu disertai dengan aspek mental atau
Peran Keluarga Dalam Mengembangkan Emosi Anak

Peran Keluarga Dalam Mengembangkan Emosi Anak
Jum'at, 13 September 2019 04:05 WIB
Apakah moms pernah kebingungan dengan emosi yang ditunjukan si kecil? Kenapa si kecil jika dibandingkan dengan anak lain berbeda?
Tips menghormati perempuan yang bisa diajarkan kepada anak laki-laki sejak dini

Tips menghormati perempuan yang bisa diajarkan kepada anak laki-laki sejak dini
Rabu, 24 Juli 2019 10:11 WIB
Peran orangtua sangat dibutuhkan untuk membentuk karakter dan kepribadian anak. Termasuk anak laki-laki yang perlu diajarkan menghormati anak perempuan seusianya