Umum
 
Semua BlogPengetahuan AnakDunia AnakKesehatan AnakPola Asuh AnakKisah dan CeritaPsikologiEdukasiUmum

Tahun Baru, Cara Tepat Jalankan Resolusi Baru
freepik.com
Tahun Baru, Cara Tepat Jalankan Resolusi Baru

Sudah siapkah Anda menghadapi tahun baru? Tahun baru merupakan saat yang tepat untuk menjalankan lembaran kehidupan yang baru. Biasanya orang-orang identik dengan membuat resolusi di tahun baru. Hal tersebut tentunya dilakukan untuk meningkatkan kehidupan yang lebih baik dalam hal psikologis, emosional, sosial, fisik, ataupun kecerdasan.

Resolusi umumnya seperti menurunkan berat badan, menjalankan diet, berhenti merokok, mengatur keuangan dengan lebih baik, dan menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga. Berdasarkan penelitian dari Journal of Clinical Psychology, orang-orang yang membuat resolusi di tahun baru 10 kali benar-benar mengubah perilakunya dibanding orang-orang yang tidak membuat tujuan.

Meskipun tak banyak orang-orang yang selalu berhasil mencapai resolusinya, namun menjalankan resolusi memberikan peluang yang besar untuk mengatasi kesulitan yang dimiliki atas kemauan, tekad, dan kesadaran. Nah, kira-kira apa saja yang perlu dilakukan untuk membuat resolusi tetap berjalan? Simak tipsnya di bawah ini.

Buat Tujuan yang Spesifik
Mulailah dengan membuat tujuan yang konkrit dan realistis untuk bisa dicapai. Seperti misalnya di tahun baru, Anda ingin ‘turun berat badan’, lebih baik coba untuk membuat tujuan yang lebih spesifik lagi seperti berkomitmen untuk turun 2 kg, rutin membuat to-do list setiap minggu, atau lari pagi setiap hari.

Buat Waktu pada Setiap Rencana
Buatlah batas waktu untuk setiap tujuan yang ditentukan beserta langkah-langkah yang akan diambil, alasan ingin melakukannya, dan cara untuk tetap bisa menjalankannya. Resolusi tanpa adanya batasan waktu malah bisa membuat rencana yang dibuat terbengkalai.

Mulai dengan Langkah Kecil
Mengambil langkah yang terlalu banyak dan terlalu cepat dalam menjalankan resolusi hanya membuat tujuan yang telah dibuat menjadi gagal. Sabar dan fokus memulai dari hal-hal kecil, hal-hal kecil yang Anda lakukan bisa memudahkan diri Anda menggapai langkah menuju tujuan yang besar.

Ingat Bahwa Berubah Merupakan Suatu Proses
Sadari bahwa untuk merubah sesuatu atau mencapai tujuan yang besar memerlukan proses yang memakan waktu. Sabarlah dengan diri sendiri. Pahami bahwa menjalankan resolusi besar membutuhkan proses dan pastinya membutuhkan hari, waktu, bahkan bulan yang harus dilalui.

Miliki Dukungan
Memiliki dukungan dari orang-orang terdekat bisa membantu memberikan motivasi dalam menjalankan resolusi lho. Beri tahu dan jelaskan tujuan yang ingin dicapai kepada keluarga atau teman-teman terdekat dan minta pendapat mereka tentang tujuan yang ingin dicapai.

Perbarui Motivasi
Seiring berjalannya waktu, akan ada saat-saat dimana kita merasa jenuh hingga menyerah untuk mencapai tujuan dari resolusi yang dibuat. Ketika menghadapi situasi tersebut, ingatlah alasan mengapa kita ingin mencapai tujuan tersebut (akan lebih baik jika membuat daftar dari setiap alasan).

Tetap Jalani Tujuan
Ketika di akhir bulan, semangat yang ada di bulan januari bisa memudar. Untuk mencegah gagalnya mencapai resolusi, kita bisa memulai dengan menyimpan jurnal resolusi, yang berisikan keberhasilan dan kesulitan yang telah dialami sepanjang waktu. Setidaknya ketika sedang ingin menyerah, kita bisa melihat progress dan strategi yang sudah dilakukan, untuk menunjukkan kepada diri sendiri bahwa kita sudah bekerja keras.

Menjalankan resolusi tidak semudah merencanakannya. Pasti akan ada keberhasilan dan kegagalan dalam proses yang dijalani. Hal yang penting, jangan lupa untuk bersikap baik dan fleksibel kepada diri sendiri dan merayakan setiap proses yang sudah dijalankan. Tidak perlu terlalu fokus dengan tujuan akhir, namun hargai setiap proses yang dilalui dalam mencapai tujuan.

Resolusi yang dimiliki terkadang membutuhkan proses yang cukup berat untuk dilalui. Jika dalam prosesnya Anda membutuhkan pendampingan psikologis, segera download aplikasi d’ Fun Station di smartphone Anda dan bicarakan dengan ahlinya.

Referensi:
Cherry, Kendra. (2020). 10 Great Tips for Keeping Your Resolutions This Year. Very Well Mind. [online] https://www.verywellmind.com/how-to-keep-your-new-years-resolutions-2795719





Berikan Komentar Via Facebook

Umum Lainnya
Bantu Anak Siap Hadapi Ujian

Bantu Anak Siap Hadapi Ujian
Kamis, 06 Desember 2018 12:33 WIB
Baik ulangan harian, ujian tengah semester, ujian akhir semester, tes akademik apa pun, atau ujian di tempat les, rentan membuat
Menumbuhkan Semangat Kerja Baru di Era New Normal

image : freepik.com

Menumbuhkan Semangat Kerja Baru di Era New Normal
Kamis, 09 Juli 2020 14:55 WIB
Kembali bekerja seperti biasa setelah melewati beberapa bulan PSBB dapat menimbulkan berbagai macam emosi, seperti perasaan tidak percaya, takut, marah,
Malas? Atau Kesulitan Belajar?

Malas? Atau Kesulitan Belajar?
Kamis, 14 Maret 2019 12:28 WIB
Anak yang mengalami kesulitan belajar umumnya adalah anak-anak yang memiliki kecerdasan tergolong rata-rata atau bahkan superior.
Tips Mengenang Hal Menyenangkan Dalam Hidup

Tips Mengenang Hal Menyenangkan Dalam Hidup
Senin, 28 Desember 2020 11:39 WIB
Masa lalu merupakan hasil dari pengalaman hidup yang bisa kita kenang dan ambil pembelajarannya untuk menjalani hari-hari di masa depan