Dunia Anak
 
Semua BlogPengetahuan AnakDunia AnakKesehatan AnakPola Asuh AnakKisah dan CeritaPsikologiEdukasiUmum

Perosotan, Ayunan, Mandi Bola, Stepping, dan Balok Keseimbangan Ada Manfaatnya Lho!
Perosotan, Ayunan, Mandi Bola, Stepping, dan Balok Keseimbangan Ada Manfaatnya Lho!

Usia balita adalah masa-masanya anak bermain. Mainan yang cocok bagi balita seperti perosotan, ayunan, mandi bola, dan balok keseimbangan ternyata ada manfaatnya lho! Apa saja manfaatnya? Yuk intip satu-satu di bawah.

Perosotan
Anak bisa menikmati sensasi ketinggian saat berada di puncak perosotan dan siap meluncur. Saat meluncur ke bawah, anak bisa merasakan bagaimana tubuhnya terasa melayang. Sebelum meluncurpun anak harus naik tangga dan ketika naik tangga, anak belajar bagaimana menjaga keseimbangan tubuhnya saat menapaki anak tangga. Selain itu, anak juga belajar mengenai peraturan seperti tertib bergiliran naik satu persatu dan tidak boleh naik dari papan luncurnya agar tidak tertabrak anak lain yang meluncur dari atas.

Ayunan
Anak akan merasakan kenikmatan tersendiri saat tubuhnya terayun secara kencang atau lambat maupun tinggi atau rendah dari tempat berpijak. Ia juga jadi belajar mengantisipasi bahaya. Misalnya jika ada yang mengayunnya dari depan atau belakang, pengayun perlu diingatkan untuk berhati-hati agar tidak membahayakan dirinya sendiri. Selain itu anak pun dilatih untuk mempertajam kemampuan kontrol dirinya agar tidak terayun terlalu cepat atau terlalu lambat.

Mandi bola
Mandi bola membuat anak akan mengalami sensasi beragam.  Anak bisa berpikir seperti ini, "Oh seperti ini ya rasanya berenang dalam kolam bola. Beda dengan masuk kolam air yang bisa membuatku tenggelam, terjun ke kolam ini empuk dan tidak membuatku tenggelam. Kalupun aku tenggelam karena banyak gerak, aku tetap bisa bernapas kok." Selain hal tersebut, anak bisa belajar tentang warna dan bentuk. Jika anak ingin main lempar bola, anak bisa belajar menentukan arah juga.

Stepping dan balok keseimbangan
Imajinasi anak dirangsang melalui permainan ini. Arahkan anak seakan ia harus menyebrangi sungai yang deras dengan balok itu. Jika cuma berjalan dan berlalu begitu saja diatasnya, yang didapat anak hanyalah kesempatan melatih motorik dan keseimbangannya saja, tapi bukan imajinasinya.

Nah sekarang jadi tahu kan kalau si kecil bermain, mereka ternyata bisa belajar banyak hal secara tidak langsung juga. Ayo ajak anak-anak Anda main di d'Fun Station Bandung. Di sana ada Perosotan, Ayunan, Mandi Bola, Stepping dan Balok Keseimbangannya kok. 





Berikan Komentar Via Facebook

Dunia Anak Lainnya
Lelah Bekerja? Lakukan Hal ini untuk Relaksasi

image : freepik.com

Lelah Bekerja? Lakukan Hal ini untuk Relaksasi
Sabtu, 18 Juli 2020 08:30 WIB
Tuntutan dan tekanan di pekerjaan tak jarang membuat diri merasa begitu lelah
Merdeka dari Toxic Relationship dalam Hubungan Pacaran

image : freepik

Merdeka dari Toxic Relationship dalam Hubungan Pacaran
Sabtu, 15 Agustus 2020 12:34 WIB
Istilah toxic relationship menjadi sangat populer belakangan ini untuk menggambarkan hubungan yang tidak sehat baik dengan pasangan, keluarga, maupun lingkungan
Memilih Sepatu Anak yang Pas

Memilih Sepatu Anak yang Pas
Kamis, 25 April 2019 07:47 WIB
Ada beberapa syarat memilih sepatu yang wajib diperhatikan lho. Apa saja syaratnya? Yuk kita intip bersama.
Beberapa Penyebab Lemahnya Sistem Imun Pada Anak

Beberapa Penyebab Lemahnya Sistem Imun Pada Anak
Kamis, 16 Mei 2019 00:13 WIB
Daya tahan tubuh si Kecil adalah "benteng pertahanan" yang penting untuk menghalau infeksi virus dan bakteri.