Dunia Anak
 
Semua BlogPengetahuan AnakDunia AnakKesehatan AnakPola Asuh AnakKisah dan CeritaPsikologi

Gen Z, Generasi yang Selalu Terkoneksi dengan Internet
Gen Z, Generasi yang Selalu Terkoneksi dengan Internet

Belakangan ini kita sering sekali mendengar istilah “gen z”. Jadi apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan gen z? Apa Moms sudah tahu? Di postingan kali ini akan kita bahas lho! Yuk kita simak.

Gen z adalah generasi yang lahir pada tahun 1995 dan seterusnya. Mereka tumbuh dan berkembang pada tahun 2000-an yang mana pada tahun ini terdapat perubahan yang cukup signifikan dengan adanya web, internet, smart phones, dan laptop. Belum lagi pada jaman ini, jaringan maupun media digital dapat diakses secara bebas. Gen z atau yang juga dikenal dengan C Generation (Connected Generation) menggambarkan bahwa anak yang termasuk dalam generasi ini selalu terkoneksi dengan internet, terkomputerisasi, content-centris, dan menyukai perubahan.

Anak – anak gen z menggunakan berbagai perangkat komunikasi atau sosial media dalam kehidupan mereka sehari-hari. Kebanyakan dari mereka menyampaikan pendapat dan sikap melalui twitter, blog, dan forum di internet. Mereka sangat senang membagi foto melalui Instagram, Pinterest, Snapchat, serta membagikan video melalui YouTube, Instagram, maupun Snapchat. Facebook sebagai salah satu media yang dapat mencakup semua kegiatan di atas pun tidak ketinggalan untuk digunakan.

Anak gen z ternyata memiliki beberapa ciri khas yang menonjol di antaranya:
1.   
Digital dan Teknologi

Mereka mudah mencari sumber informasi dan mengecek informasi yang dibutuhkan melalui gadget maupun komputer. Gen z tidak hanya mampu menggunakan konten internet tetapi mereka juga mengontrol serta membuat kontennya.
2.   Kreatif, informatif, mempunyai passion, dan produktif
Anak gen z lahir dan dibesarkan pada saat dunia modern sehingga membuat mereka senang melakukan eksplorasi terhadap suatu hal. Hal tersebut membuat mereka kreatif, informatif, mempunyai passion, dan produktif
3.   Serba ingin cepat dan instan
Anak gen z lahir di dunia yang serba cepat sehingga dalam menghadapi suatu masalah, mereka cenderung tidak menyukai pemecahan masalah yang melalui proses panjang.
4.   Multitasking
Ketersediaan berbagai aplikasi maupun media yang ada mendukung anak gen z untuk mengerjakan berbagai hal secara bersamaan sehingga mereka cenderung mudah berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain dalam waktu singkat. 

Jadi sekarang moms sudah tahu kan apa itu gen z dan apa saja ciri-cirinya. Apakah anak moms juga termasuk dalam gen z? Kalau moms masih bingung dengan cara mengasuh si kecil gen z dengan optimal, moms bisa lho konsultasi online via dfunstation apps atau langsung datang ke dfunstation.

Daftar Rujukan
Dolot, Anna. 2018. The Characteristics of Generations Z. Academic Journal by Warsaw School of Economics e – mentor Number 2 (74) 2018.
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak. 2018. Profil Generasi Milenial Indonesia. Jakarta : Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak.

 





Berikan Komentar Via Facebook

Dunia Anak Lainnya
Cara "Menghukum" Anak
Cara "Menghukum" Anak
Jum'at, 05 April 2019 10:33 WIB
Hampir 70 persen orangtua pernah menghukum anak sendiri dengan hukuman fisik. Padahal, para psikolog anak sangat tidak menganjurkan.
5 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Orangtua Kepada Batita
5 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Orangtua Kepada Batita
Senin, 23 April 2018 11:27 WIB
Anak batita sedang berada pada fase negativistik dan hal ini normal dalam tumbuh kembang anak. Pada fase ini—biasanya terjadi di
Apa itu Tantrum? Bagaimana Cara Mengatasinya?
Apa itu Tantrum? Bagaimana Cara Mengatasinya?
Selasa, 23 Juli 2019 11:05 WIB
Penyebab utama tantrum pada anak adalah ketika si kecil menginginkan sesuatu, tapi tidak dapat mengungkapkannya
Perosotan, Ayunan, Mandi Bola, Stepping, dan Balok Keseimbangan Ada Manfaatnya Lho!
Perosotan, Ayunan, Mandi Bola, Stepping, dan Balok Keseimbangan Ada Manfaatnya Lho!
Selasa, 16 April 2019 12:21 WIB
Mainan yang cocok bagi balita seperti perosotan, ayunan, mandi bola, dan balok keseimbangan ternyata ada manfaatnya lho! Yuk intip satu-satu