Dunia Anak
 
Semua BlogPengetahuan AnakDunia AnakKesehatan AnakPola Asuh AnakKisah dan CeritaPsikologi

Permasalahan Anak Gen Z
Permasalahan Anak Gen Z

Hai Moms! Di postingan sebelumnya, kita sudah membahas mengenai gen z sebagai generasi yang dalam perkembangannya terkoneksi dengan internet, baik melalui web, internet, smart phones, atau laptop.  Dalam prosesnya, anak gen z yang memiliki kecenderungan tidak bisa terlepas dari internet pasti akan mengalami beberapa masalah. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas masalah-masalah yang bisa terjadi pada anak gen z dilihat dari aspek perkembangan si kecil. Apa saja ya kira-kira masalahnya? Yuk kita simak bersama!

1.        Perkembangan Motorik

Anak usia balita pasti melewati fase perkembangan motorik. Perkembangan motorik sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu :
  • Motorik Kasar
Motorik kasar nampak dari beberapa jenis kegiatan seperti melempar, menendang, dan menangkap bola. Dengan adanya perkembangan teknologi, anak gen z menjadi jarang        melakukan aktivitas bermain yang melibatkan fisik. Padahal kegiatan bermain yang melibatkan fisik seperti meloncat dan berlari dapat menstimulasi keterampilan motorik kasar anak.
  • Motorik Halus
Contoh kegiatan motorik halus adalah menulis nama sendiri dengan baik dan benar serta mengancingkan baju secara mandiri. Dengan adanya perkembangan teknologi, motorik halus anak juga ikut terkena dampak. Salah satu hal yang cukup sering dikeluhkan oleh guru atau orang tua yaitu tulisan tangan anak yang kurang rapi sehingga sulit dibaca. Perkembangan motorik halus si kecil juga bisa dilihat dari tingkat kerapihan si kecil saat membuat prakarya di sekolah maupun rumah.

2.        Perkembangan Fisik
Penggunaan gadget membuat si kecil betah di depan layar dan enggan melakukan aktivitas fisik sehingga si kecil dapat mengalami kegemukan atau obesitas. Seperti yang kita ketahui, obesitas membuat proporsi tubuh anak tidak sesuai dengan usianya serta dapat menjadi sumber penyakit. Dengan bermain fisik dan berolahraga, anak juga bisa mendapatkan rasa nyaman dan rileks karena terjadi pelepasan hormon oksitosin (hormon yang dapat membuat seseorang merasa nyaman dan bahagia) yang dihasilkan oleh tubuh saat beraktivitas. 

Selain itu, tidak jarang pula kasus malnutrisi/kurang gizi terjadi pada anak yang terlalu lama bermain gadget karena fokus utamanya adalah gadget sehingga mereka kurang memiliki nafsu makan dan cenderung pemilih saat makan.

 
3.        Perkembangan Sosio-Emosi
Dengan kehadiran gadget, energi negatif (temperamen maupun agresi) dari anak yang memiliki energi berlebih, emosi/mood cepat naik turun, dan hiperaktif tidak dapat tersalurkan dengan baik. Anak yang berfokus pada gadget biasanya sulit berinteraksi dengan teman sebaya. Padahal di periode anak awal (usia 2 - 6 tahun), anak seharusnya belajar melakukan hubungan sosial dan bergaul dengan orang di luar lingkungan rumah terutama dengan sebayanya. Anak di usia ini mulai mengembangkan social play meliputi bermain bergiliran, percakapan tentang berbagai topik, social games, dan permainan fisik. 
 
4.        Perkembangan Kognitif
Ketersediaan berbagai aplikasi membuat anak gen z cenderung multitasking sehingga mereka cenderung sulit berkonsentrasi dan sulit mengingat suatu hal dalam jangka panjang. Hal ini membuat si kecil cenderung cepat berpindah dari satu tugas ke tugas lain.

Nah kira-kira dari beberapa contoh masalah di atas, adakah moms yang merasa si kecil juga seperti itu? Kalau ada, moms tidak perlu khawatir. Moms bisa langsung konsultasikan masalah yang moms alami ke ahlinya atau moms bisa juga langsung datang ke dfunstation dan konsultasi dengan ahli yang ada disana.


Daftar Rujukan 
Dolot, Anna. 2018. The Characteristics of Generations Z. Academic Journal by Warsaw School of Economics e – mentor Number 2 (74) 2018.
Santosa, Elizabet T. 2015. Raising Children in Digital Area. Jakarta : Elex Media Komputindo.
Santrock, John W. 2011. Child Development. New York ; Mc. Graw Hill, Inc.





Berikan Komentar Via Facebook

Dunia Anak Lainnya
Cara Orangtua Mendampingi Anak Belajar di Rumah
Cara Orangtua Mendampingi Anak Belajar di Rumah
Senin, 06 April 2020 16:16 WIB
Melakukan penyesuaian belajar di sekolah ke rumah pasti memiliki tantangan tersendiri. Perpindahan yang terjadi menuntut penyesuaian bagi orang tua, anak,
Kegiatan Asyik yang Mengalihkan Anak dari Gadget
Kegiatan Asyik yang Mengalihkan Anak dari Gadget
Senin, 19 Agustus 2019 04:58 WIB
Sehari-hari anak asyik dengan gadget? Yuk intip beberapa usulan untuk mengalihkan perhatiannya.
Hal Kecil yang Ternyata Berarti Besar untukĀ  si Kecil
Hal Kecil yang Ternyata Berarti Besar untukĀ  si Kecil
Sabtu, 06 Juli 2019 10:45 WIB
Tidak sedikit orangtua yang beranggapan bahwa anak yang sudah dilengkapi segala kebutuhannya maka itu sudah cukup baginya
8 Jenis Kanker Pada Anak yang Sering Terjadi
8 Jenis Kanker Pada Anak yang Sering Terjadi
Sabtu, 29 Juni 2019 11:06 WIB
kanker pada anak adalah suatu kejadian penyakit kanker yang muncul pada usia anak-anak hingga remaja