BLOG
DAN
ARTIKEL

Tujuan Pendidikan Seksual Bagi Remaja
image : Illustration by google
Tujuan Pendidikan Seksual Bagi Remaja
Oleh Maya Dwiayuningtiyas, M.Psi., Psikolog | Sabtu, 26 November 2022 11:18 WIB | 3.184 Views
Disunting Oleh : Brenda Carqua

Di Indonesia, pembicaraan mengenai hal-hal yang berbau seksual adalah sesuatu yang masih tabu untuk dibicarakan. Hal ini berdampak pada pendidikan seksual yang jarang untuk dibahas oleh sebagian besar masyarakat dengan alasan norma-norma yang berlaku. Para orang tua atau orang dewasa seringkali merasa risih ketika anak-anak atau remaja bertanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan seks sehingga lebih memilih untuk mengalihkan pembicaraan. 

Masyarakat menganggap pembicaraan mengenai seks adalah sesuatu yang jorok atau terlarang untuk dibahas sebelum menikah. Padahal pendidikan seksual penting untuk diketahui sejak dini. Hal ini bisa dimulai dari keluarga terlebih dulu, terutama pada remaja akil balik yang sangat gencar dalam mengeksplorasi seksualitasnya. Walaupun seks dianggap tabu, nyatanya kebanyakan remaja pasti sudah familier dengan konotasi yang berkaitan dengan seks. Sayangnya anggapan tabu tersebut justru membuat pendidikan seks di kalangan remaja masa kini kurang terfasilitasi dengan baik oleh orang tua maupun sekolah.

Apa yang Dimaksud dengan Pendidikan Seksual?
Pendidikan seksual adalah suatu informasi mengenai persoalan seksualitas manusia meliputi proses terjadinya pembuahan, kehamilan sampai kelahiran, tingkah laku seksual, hubungan seksual, dan aspek-aspek kesehatan seksual, kesiapan mental dan norma yang berlaku tentang seksualitas. 
 

Tujuan dari Pendidikan Seksual
Di masyarakat pendidikan seksual terkadang masih dianggap sebagai sesuatu yang tidak terlalu penting dan belum perlu dilakukan. Padahal pendidikan seksual merupakan salah satu hal yang seharusnya diberitahukan sedini mungkin sebab hal ini tidak hanya akan membantu mencegah kehamilan serta terjangkit penyakit menular secara seksual, tetapi juga membantu anak untuk menunda melakukan hubungan intim hingga mereka sudah benar-benar siap. Selain itu, hal ini juga bisa membantu menghindari terjadinya pelecehan maupun kekerasan seksual.

Berikut beberapa tujuan pendidikan seksual bagi remaja:
1. Mencegah efek buruk dari media dan lingkungan
Saat ini semua orang semakin mudah mendapatkan akses internet dan TV untuk mendapatkan informasi dan relasi pertemanan yang lebih luas melalui beragam jenis media sosial. Orang tua yang memberikan pendidikan seksual dapat melindungi remaja dari berbagai efek negatif media informasi yang ada. Berikan juga kepada mereka pemahaman mengenai dunia pergaulan agar para remaja tidak terjerumus dalam seks bebas atau tindakan kriminal.

2. Membangun kepercayaan anak dan orang tua
Terbuka dalam membahas informasi tentang seksual pada anak akan memberi orang tua kesempatan untuk memberikan pendidikan seksual yang sesuai dan akurat sehingga anak tidak akan mencari sumber sendiri yang belum tentu aman dan tepat. Anak pun akan lebih percaya dengan orang tua dan terbuka mengenai kehidupan seksualnya karena dia tahu bahwa Anda dapat diajak bicara tentang hal yang paling pribadi sekalipun.

3. Menfasilitasi perkembangan dan pemahaman remaja
​​​​​​​Membahas topik mengenai seks bisa membuat anak menyadari bahwa hal ini penting sehingga anak menjadi sadar bahwa mereka harus melindungi dan menghargai tubuhnya sendiri. Anak akan lebih mudah menyadari bahwa tidak ada yang boleh memaksanya melakukan atau menerima perlakuan buruk terhadap tubuhnya. Anak juga akan belajar untuk memilih, bersikap, dan bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya. Seks merupakan hal yang manusiawi. Di dalamnya terkandung berbagai aspek mulai dari budaya, agama, moral, hingga konsep manusia tentang kebahagiaan. Membahasnya dengan cara baik-baik akan membuat anak Anda pada nantinya bisa melihat dunia dan diri sendiri secara beradab serta lebih bijak dalam menentukan pilihan-pilihan yang tepat.

Ternyata ada banyak hal bagus yang bisa diperoleh saat seorang anak khususnya remaja mendapatkan pendidikan seksual sedini mungkin. Jika Anda masih ragu atau bingung terkait hal ini, Anda bisa download aplikasi d’Fun Station di smartphone Anda dan konsultasikan tentang masalah ini kepada ahli yang tersedia.

Referensi :

Sex Education: Talking to Your Teen About Sex https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/sexual-health/in-depth/sex-education/art-20044034
What Should I Teach My High School-Aged Teen About Relationships? https://www.plannedparenthood.org/learn/parents/high-school/what-should-i-teach-my-high-school-aged-teen-about-relationships
What Should I Teach My High School-Aged Teen About Pregnancy and Reproduction? https://www.plannedparenthood.org/learn/parents/high-school/what-should-i-teach-my-high-school-aged-teen-about-pregnancy-and

Tags
#pendidikan seksual #edukasi #seksual anak #tips #remaja
Bagikan Artikel
Komentar popoler
Belum ada komentar
Artikel Populer
Sikap yang Harus Dikembangkan pada Remaja
Sikap yang Harus Dikembangkan pada Remaja
49.994 Views

MANFAAT MENANYAKAN KABAR DAN VALIDASI EMOSI ANAK DI SETIAP HARINYA
MANFAAT MENANYAKAN KABAR DAN VALIDASI EMOSI ANAK DI SETIAP HARINYA
35.389 Views

Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik Anak (Bag. 1)
Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik Anak (Bag. 1)
28.183 Views

Pentingnya Kelekatan (Attachment) Antara Anak & Orang Tua
Pentingnya Kelekatan (Attachment) Antara Anak & Orang Tua
21.442 Views

Orang Tua Sebaiknya Baca Kisah tentang Ungkapan Jujur Seorang Anak ini. Kisah yang Bisa Menjadi Renungan Kita dalam Mendidik Anak
Orang Tua Sebaiknya Baca Kisah tentang Ungkapan Jujur Seorang Anak ini. Kisah yang Bisa Menjadi Renungan Kita dalam Mendidik Anak
14.900 Views

Dampak Positif Media Sosial pada Anak dan Remaja
Dampak Positif Media Sosial pada Anak dan Remaja
14.260 Views

6 Emosi Dasar Manusia
6 Emosi Dasar Manusia
13.790 Views

Peran Keluarga Mengatasi Kenakalan Remaja
Peran Keluarga Mengatasi Kenakalan Remaja
13.214 Views

Seperti Apa Feminisme di Zaman Sekarang?
Seperti Apa Feminisme di Zaman Sekarang?
12.816 Views

Shoebill, Burung yang Tak Suka Terbang dan Suka Menyendiri
Shoebill, Burung yang Tak Suka Terbang dan Suka Menyendiri
12.348 Views