Edukasi
 
Semua BlogPengetahuan AnakDunia AnakKesehatan AnakPola Asuh AnakKisah dan CeritaPsikologiEdukasiUmum

Seperti Apa Gaya Belajar yang Kamu Punya?
Seperti Apa Gaya Belajar yang Kamu Punya?

Gaya belajar ada bermacam-macam, tapi pada artikel kali ini kita akan berfokus pada VARK. Apa itu VARK? VARK (Visual, Aural, Reading, dan Kinestetic) merupakan gabungan huruf pertama tipe-tipe gaya belajar yang dimiliki individu berdasarkan Flemming pada tahun 2006. Gaya Belajar VARK bisa digunakan sebagai metode seseorang dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang positif. Yuk simak penjelasan lebih lanjut mengenai VARK di bawah ini.

1. Visual
Orang yang memiliki gaya belajar visual menyukai pembelajaran menggunakan gambar, alat peraga, dan simbol-simbol yang menjelaskan informasi. Mereka lebih cocok untuk diberikan penjelasan melalui demonstrasi. Orang yang gaya belajarnya visual mampu menjelaskan suatu konsep dengan membuat gambar atau figur kepada orang lain. Selain itu, mereka akan mudah terganggu atau berubah fokus oleh gerakan-gerakan yang muncul, sedangkan kebisingan biasanya tidak mengganggu mereka.

2. Aural (Auditori)
Orang yang gaya belajarnya tipe aural atau auditori mempelajari sesuatu dengan mendengarkan. Mereka benar-benar memperhatikan apa yang disampaikan oleh pembicara. Orang-orang ini lebih suka mendengarkan daripada mencatat. Mereka dapat mengingat informasi melalui membaca dengan keras, terutama ketika mereka baru mempelajari sesuatu. Cara untuk memperkuat ingatan pembelajaran mereka adalah dengan mendengarkan kembali rekaman audio, sambil mengajari, dan mendiskusikanya dengan orang lain. Orang dengan gaya belajar ini mudah terganggu oleh kebisingan.

3. Reading
Orang dengan gaya belajar membaca lebih menyukai tulisan dan kata-kata sebagai metode untuk memperoleh informasi. Mereka menyukai hal-hal seperti catatan belajar, textbook, glosarium, atau bacaan lainnya. Orang-orang ini suka membuat catatan belajarnya dengan membuat bentuk sketsa, memparafrase catatan belajar, dan mempelajari pertanyaan-pertanyaan ujian pilihan ganda. Tipe orang ini juga disebut sebagai note takers, cara belajar mereka mempelajari melalui catatan belajar ataupun bahan bacaan yang sulit.

4. Kinestetic
Orang dengan gaya belajar kinestetik cenderung berhasil belajar menggunakan praktek dan pengalaman. Mereka biasanya kurang menyukai pembelajaran yang hanya mendengarkan dan melihat, sehingga mereka cenderung pasif di dalam kelas. Mereka juga dikatakan suka bergerak dan aktif, cepat mempelajari keterampilan fisik, senang berpikir sambil bergerak, berprestasi baik dalam bidang atletik tertentu, dan lebih menyukai melakukan gerakan dalam mengingat sesuatu.

Perlu diketahui juga bahwa gaya belajar VARK tidak berkaitan dengan kecerdasan ataupun bakat seseorang, melainkan sangat berkaitan erat dengan bagaimana kita memperoleh serta memahami informasi atau pengetahuan baru.

Perlu diketahui bahwa gaya belajar VARK tidak berkaitan dengan kecerdasan ataupun bakat seseorang, namun sangat berkaitan erat dengan cara kita memperoleh serta memahami informasi atau pengetahuan baru. Nah, kira-kira tipe gaya belajar apa yang Anda miliki?

Jika kamu kesulitan menentukan gaya belajar mana yang kamu miliki dan kamu merasa kurang efektif saat harus belajar atau memahami informasi, kamu bisa konsultasikan tentang masalah ini secara langsung kepada ahlinya via d’ Fun Station apps.

Referensi:
Othman, N., & Amiruddin, M. H. (2010). Different perspectives of learning styles from VARK model. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 7, 652-660.





Berikan Komentar Via Facebook

Edukasi Lainnya
Fungsi dan Manfaat Bermain bagi Perkembangan Anak Usia Dini

Fungsi dan Manfaat Bermain bagi Perkembangan Anak Usia Dini
Minggu, 30 September 2018 14:23 WIB
Bermain memiliki manfaat bagi anak ? benarkah ? apasaja sih manfaat bermain bagi anak ?, mau tahu ?
Mengenal COVID-19

Mengenal COVID-19
Kamis, 19 Maret 2020 12:49 WIB
COVID-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh Novel Coronavirus (2019-nCoV)
Apakah Bayi Bisa Merasakan Emosi?

Apakah Bayi Bisa Merasakan Emosi?
Jum'at, 06 September 2019 04:35 WIB
Ketika bayi lahir ia sudah bisa merasakan beberapa ekspresi emosi seperti senang, sedih, takut, dan kaget
Saatnya Kembali ke Sekolah

Saatnya Kembali ke Sekolah
Sabtu, 15 Juni 2019 14:59 WIB
Hai, Funner's. Tak terasa ya, libur panjang Lebaran sebentar lagi berakhir. Itu artinya, si Kecil sesaat lagi harus kembali bersekolah.