Artikel
 
Semua ArtikelPerkembangan AnakDunia RemajaKehidupan DewasaKeluargaKesehatanPengetahuan Umum

Sudahkah Anda Adil pada Diri Sendiri?
Sudahkah Anda Adil pada Diri Sendiri?

Belakangan ini, keadilan terasa sulit untuk ditemui. Di khalayak umum, kita sering sekali mendengar terjadinya banyak ketidakadilan dalam hidup. Cobalah tanyakan pertanyaan ini pada diri Anda sendiri “Apakah Anda sudah adil pada diri Anda?”. Sebagian dari kita kebanyakan tidak menyadari bahwa ternyata kita juga belum bersikap adil terhadap diri kita sendiri.  Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar Anda bisa adil pada diri sendiri:

Berhenti Melakukan Self-Talk Negatif pada Diri 
Keraguan diri, self-talk negatif, kritik terus-menerus, dan rasa bersalah adalah contoh orang yang memilih untuk bersikap tidak adil terhadap diri mereka sendiri. Jika Anda merasa sering melakukan self-talk negatif terhadap diri Anda, maka berhentilah. Menjadi sukses, sehat, dan bahagia membutuhkan evaluasi diri yang terbuka dan sehat. Penilaian diri yang merusak dapat menghancurkan esensi diri Anda. Beri diri Anda waktu untuk beristirahat dan dorong diri Anda untuk melakukan yang terbaik. Tetap fokus dan perkuat tekad untuk melakukan hal yang benar, pertahankan apa yang Anda yakini, dan jalani hidup dengan penuh rasa hormat dan cinta. Jangan menjadi musuh terburuk bagi diri Anda sendiri dengan terus-menerus merasa bahwa Anda tidak cukup baik atau cukup sukses. Jadi, singkirkan self-talk negatif dan miliki keberanian untuk menjadi pendukung dan pemandu sorak terbaik bagi diri Anda sendiri. Hargai diri Anda dengan mengakui kekuatan, keindahan, dan keterampilan yang Anda miliki. 

Melihat Kegagalan sebagai Pelajaran Berharga
Dalam menghadapi kegagalan, Anda perlu bersikap adil pada diri sendiri dengan tidak menilai diri sebagai orang yang gagal. Dalam hidup, Anda bisa membuat suatu kegagalan. Menurut Miller & Rollnick, motivasi seseorang terkadang hilang karena kesalahan "atribusi kegagalan", yang berarti bahwa beberapa orang menyerah karena mereka pikir mereka "gagal" dan "kegagalan" itu terjadi karena kekurangan pribadi mereka.  Upaya paling baik yang dapat kita lakukan dalam menghadapi kegagalan adalah dengan melihat kegagalan sebagai sebuah kesempatan untuk belajar bagaimana Anda bisa melakukan dengan lebih baik di kemudian hari. Pada intinya, kita harus belajar membingkai ulang "kegagalan" sebagai "cobaan". Berusahalah untuk membuat sesuatu yang baik dari pengalaman Anda. Bahkan dari pengalaman yang paling "buruk" sekalipun, pasti ada beberapa pelajaran berharga yang dapat dipelajari.

Mintalah Bantuan Kepada Orang Lain 
Jangan pernah takut untuk meminta bantuan orang lain. Anda ada di dunia untuk teman dan keluarga Anda. Jadi biarkan mereka ada untuk Anda juga. Itu bukan berarti Anda egois, melainkan adil. Bahkan, hal ini juga baik untuk diri mereka. Penelitian menunjukkan bahwa membantu orang lain ternyata bisa meningkatkan kesejahteraan seseorang.
 

Dahulukan Diri Anda Sendiri
Kadang-kadang, Anda juga perlu menempatkan diri Anda terlebih dahulu. Jika Anda terus-menerus menempatkan orang lain di bagian atas daftar prioritas Anda, kebutuhan Anda justru seringkali terabaikan dan tidak akan terpenuhi. 

Jadikan Tidur Sebagai Prioritas
Anda juga harus adil pada diri sendiri dengan menjadikan tidur sebagai prioritas Tidur yang cukup memungkinkan Anda untuk berfungsi lebih baik pada tingkat kognitif dan fisiologis. Selain itu, hal ini juga akan membantu Anda makan lebih baik serta meningkatkan kesejahteraan mental Anda.

Segala upaya mungkin sudah Anda coba lakukan, namun Anda masih saja kesulitan untuk bersikap adil pada diri sendiri. Jangan khawatir, ahli yang tersedia di aplikasi d’Fun Station siap untuk membantu Anda. Segera download aplikasi d’Fun Station di smartphone Anda.

Referensi:

https://conniepodesta.com/quit-expecting-life-to-be-fair/

https://www.empathia.com/be-fair-to-yourself/#:~:text=Being%20fair%20means%20taking%20your,abilities%20suitable%20for%20this%20goal%3F

https://www.self.com/story/12-small-ways-to-be-much-nicer-to-yourself





konsultasi Onsite

Telepon : 085725340688
Ruko Istana Pasteur Regency Blok CRA 51 Pasteur, Sukaraja, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40175


Berikan Komentar Via Facebook

Kehidupan Dewasa Lainnya
Gangguan Kepribadian Ganda, Orang Berbeda Dalam Satu Tubuh

image : freepik.com

Gangguan Kepribadian Ganda, Orang Berbeda Dalam Satu Tubuh
Senin, 07 September 2020 09:31 WIB
Istilah kepribadian ganda dalam psikologi dikenal sebagai dissociative identity disorder (DID) pada DSM-V, di mana sebelumnya disebut sebagai multiple personality
Berasal dari keluarga tak mampu, ballerina cilik Indonesia jadi juara di Amerika

Berasal dari keluarga tak mampu, ballerina cilik Indonesia jadi juara di Amerika
Sabtu, 16 Februari 2019 13:22 WIB
Keterbatasan ekonomi dan sempat dibully tak menjadi halangan bagi Rebecca Alexandria untuk menjadi ballerina Indonesia bertaraf internasional
Pentingnya Pahami Karakter Anak

image : freepik

Pentingnya Pahami Karakter Anak
Minggu, 24 Januari 2021 11:56 WIB
Sejak kapan kita dapat mengetahui karakter anak kita? Sebetulnya sejak bayi, kita sudah dapat melihat temperamen yang khas pada setiap
5 Hal sederhana yang membentuk karakter jujur pada anak

5 Hal sederhana yang membentuk karakter jujur pada anak
Jum'at, 19 Juli 2019 08:14 WIB
Ingin anak terbiasa untuk jujur?