Artikel
 
Semua ArtikelPerkembangan AnakDunia RemajaKehidupan DewasaKeluargaKesehatanPengetahuan Umum

Mitos dan Fakta Dalam Pengasuhan Anak
Mitos dan Fakta Dalam Pengasuhan Anak

Menjadi orang tua bukanlah hal yang mudah untuk dijalani terutama dalam hal pengasuhan anak. Kita mungkin sering mendengar beberapa pernyataan yang ternyata belum tentu benar adanya.  Berikut pembahasan beberapa mitos yang beredar di masyarakat umum dan faktanya!

Anak-anak akan menjadi baik jika memiliki orang tua yang baik
Fakta : Orang tua memang merupakan faktor yang penting dalam perkembangan anak, tetapi itu hanyalah salah satu faktor saja. Faktor lainnya seperti saudara kandung, teman sebaya, lingkungan sekolah, bahkan media sosial juga sangat berpengaruh dalam perkembangan anak. Tujuan dari pengasuhan adalah untuk menanamkan nilai-nilai dan memberi contoh perilaku positif yang akan dihayati dan digunakan oleh anak-anak. 

Anak-anak itu manis dan lucu
Fakta : Meskipun anak-anak selalu menggemaskan, mereka juga bisa menjadi pribadi yang egois, destruktif, serta sangat aktif. Artinya, anak-anak memiliki beragam kualitas yang bersifat positif maupun negatif yang perlu dihadapi oleh orang dewasa.

Orang tua yang baik dapat mengatur beragam anak, apapun karakternya
Fakta : Meskipun lingkungan keluarga yang dibangun oleh orang tua sangatlah penting bagi perkembangan anak, tetapi pada dasarnya anak juga memiliki temperamen bawaan sejak lahir yang justru dapat membentuk perilaku orang tua.

Orang tua masa kini tidak sebaik orang tua terdahulu
Fakta : Standar/tuntutan dalam membesarkan anak semakin hari semakin tinggi, maka hal ini membuat tantangan bagi orang tua masa kini pun menjadi lebih besar. Lingkungan mengharapkan orang tua untuk bisa lebih demokratis dalam pendekatannya serta melibatkan anak dalam proses pengambilan keputusan.

Satu anak terlalu sedikit
Fakta : Ada konsekuensi positif maupun negatif tersendiri ketika orang tua hanya memiliki satu anak saja. Membesarkan satu anak memerlukan biaya yang lebih sedikit, tuntutan orang tua lebih sedikit, lebih sedikit pula kebebasan orang tua yang dibatasi, dan anak akan mendapatkan perhatian lebih banyak dari orang tua. Sisi negatifnya, orang tua akan terlalu memusatkan perhatiannya yang membuat mereka cenderung overprotektif pada anak sehingga membatasi interaksinya dengan teman sebaya bahkan membuat anak kesepian. Dengan memiliki saudara, si kecil dapat merasa memiliki sumber dukungan dan kebahagiaan dalam hidupnya.

Semua orang tua adalah orang dewasa
Fakta : Remaja pun ada yang telah menjadi orang tua. Mengasuh anak bisa menjadi sulit bagi orang dewasa, tetapi bisa juga menjadi sangat menantang bagi remaja yang telah menjadi orang tua.

Menjadi orang tua mendapat prioritas utama dalam tatanan masyarakat kita
Fakta : Orang yang bekerja dan mendapatkan penghasilan adalah orang yang menduduki prioritas utama dalam masyarakat kita. Orang tua terkadang ditekan untuk mengutamakan pekerjaan demi mempertahankan karir mereka. 

Cinta dapat menjamin kinerja orang tua akan baik
Fakta : Cinta tentunya membantu orang tua dapat menghadapi kesulitan ketika mengasuh anak, tetapi keberhasilan dalam mengasuh anak juga membutuhkan kerja keras dan keterampilan yang baik.

Keluarga dengan orang tua tunggal (single-parent) cenderung problematik
Fakta : Banyak single parent yang kuat dengan anak-anak yang tumbuh sehat dan bahagia. Hanya mengetahui struktur sebuah keluarga bukan berarti mengetahui seberapa baik keluarga tersebut berfungsi.

Mengasuh anak menjadi lebih mudah seiring bertambahnya usia anak
Fakta : Kebanyakan orang tua beranggapan bahwa mengasuh anak akan menjadi lebih mudah ketika mereka sudah dewasa, justru saat anak-anak menjadi dewasa terjadi perubahan cara pengasuhan anak dan menjadi lebih sulit. 

Pengasuhan berakhir ketika anak meninggalkan rumah
Fakta : Mengasuh anak tidak berakhir ketika seorang anak meninggalkan rumah. Orang dewasa, mungkin saja akan kembali ke rumah karena kehilangan pekerjaan, bercerai, atau krisis kehidupan lainnya. Selain itu, orang tua juga terkadang ikut andil dalam merawat cucu yang membawa sukacita tetapi juga cukup melelahkan.

Sindrom empty-ness membuat banyak orang tua kesepian dan depresi
Fakta : Beberapa orang tua dimungkinkan menikmati kebebasan yang ada ketika anaknya sudah meninggalkan rumah. Namun mungkin sebagian orang tua lainnya akan mengganti pekerjaan/ melakukan pekerjaan baru yang biasanya membuat anak-anak mereka terkejut melihat orang tuanya berkembang dan menikmati hidup dengan cara yang baru. 


Itu tadi beberapa mitos dan fakta yang ada di masyarakat dalam pengasuhan anak. Jika Anda merasa kesulitan dalam pengasuhan anak, Anda bisa konsultasikan langsung dengan profesional. Salah satunya bisa Anda lakukan melalui aplikasi d’Fun Station yang bisa Anda download langsung di smartphone  Anda via playstore.

Referensi:
Olson, David H. (2019). Marriages and Families 9th edition. USA: Mc Graw Hill.





konsultasi Onsite

Telepon : 085725340688
Ruko Istana Pasteur Regency Blok CRA 51 Pasteur, Sukaraja, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40175


Berikan Komentar Via Facebook

Keluarga Lainnya
Mengapa Konseling Sangat Penting?

image: freepik.com

Mengapa Konseling Sangat Penting?
Sabtu, 13 Februari 2021 10:30 WIB
Orang yang pergi untuk konseling atau terapi ke praktisi kejiwaan belum tentu memiliki masalah dengan kejiwaannya.
Peran Keluarga Mengatasi Kenakalan Remaja

Peran Keluarga Mengatasi Kenakalan Remaja
Rabu, 22 Januari 2020 10:55 WIB
Remaja merupakan fase dimana terdapat perubahan peran menjadi individu yang lebih dewasa
Bantu Anak Siap Hadapi Ujian

Bantu Anak Siap Hadapi Ujian
Kamis, 06 Desember 2018 12:33 WIB
Baik ulangan harian, ujian tengah semester, ujian akhir semester, tes akademik apa pun, atau ujian di tempat les, rentan membuat
KOK BISA ADA KEPRIBADIAN GANDA?

image : google.com

KOK BISA ADA KEPRIBADIAN GANDA?
Senin, 23 Mei 2022 12:20 WIB
Istilah kepribadian ganda pasti sudah tidak asing lagi bagi kita baik melalui cerita, film, maupun kisah nyata. Dissociative Identity Disorder