Pengetahuan Anak
 
Semua BlogPengetahuan AnakDunia AnakKesehatan AnakPola Asuh AnakKisah dan CeritaPsikologi

Shoebill, Burung yang Tak Suka Terbang dan Suka Menyendiri
Shoebill, Burung yang Tak Suka Terbang dan Suka Menyendiri

Ketika orang bertanya, "binatang apa yang suka terbang? Pasti yang terlintas di otak kita adalah burung. Tapi ternyata ada juga burung yang tak suka terbang. 

Burung ini bernama burung Shoebill. Burung Shoebill berasal dari beberapa wilayah di Afrika, seperti Sudan, Zambia, Rwanda, dan Uganda. Burung Shoebill (Balaeniceps rex) termasuk  jenis burung rawa yang hampir punah karena habitatnya sudah banyak yang rusak dan sering menjadi hewan buruan. Burung ini lebih banyak ditemukan di daerah basah seperti rawa-rawa agar mudah menangkap mangsa.

Nama Shoebill berasal dari kata shoe (sepatu) dan bill (paruh burung). Shoebill mendapatkan namanya tersebut dari bentuk paruhnya yang mirip sepatu. Paruh burung Shoebill yang besar memiliki panjang sekitar 24 cm dan lebar 20 cm. Pada bagian ujung paruhnya terdapat semacam kail yang digunakan untuk memangsa. 

Shoebill termasuk dalam golongan burung air, tapi Shoebill tidak bisa berenang karena kakinya tidak memiliki selaput. Selain itu, Shoebill memiliki sayap yang lebar. Leher dan kaki burung ini juga sangat kuat. Bobot tubuhnya bisa mencapai 6.8 kg dan tinggi badannya bisa mencapai 122 cm. n itu, 

Burung shoebill mirip dengan burung bangau. Makanan burung Shoebill memiliki kesamaan dengan burung pelican dan bangau. Mereka suka memangsa berbagai jenis ikan, seperti ikan lungfish, ikan tilapia, dan ikan bichir. Selain itu, burung rawa ini juga memangsa reptil kecil, seperti ular air, kodok, kadal, dan bayi buaya. Tapi Shoebill merupakan burung yang sangat sabar. Shoebill tidak pernah memburu mangsanya. Shoebill selalu menunggu mangsanya hingga mendekati tempatnya berada. Shoebill bisa menunggu mangsanya sampai 3 jam hanya untuk 1 kali makan. 

Di alam bebas, burung Shoebill dapat bertahan hidup selama 35 tahun. Burung Shoebill termasuk burung yang senang menyendiri, padahal pada umumnya burung sejenis selalu berkumpul bersama. Saat burung Shoebill betina bertelur, dalam 1 kali bertelur setidaknya ada 1 sampai 3 telur. Telur tersebut akan menetas setelah dierami 30 hari. Bulu anak burung Shoebill yang baru menetas awalnya berwarna cokelat, namun kelamaan akan berubah menjadi abu-abu kebiruan. 

Disadur dari :
Majalah Bobo edisi 40, 07 Januari 2016.
http://bobo.grid.id/read/08673403/shoebill-burung-berwajah-serius-yang-tak-suka-terbang?page=all





Berikan Komentar Via Facebook

Pengetahuan Anak Lainnya
Kenali 7 Ketakutan Umum Yang Bisa Dialami Anak
Kenali 7 Ketakutan Umum Yang Bisa Dialami Anak
Senin, 23 April 2018 11:41 WIB
Perasaan anak masih sangat sensitif untuk itulah mereka masih membutuhkan perhatian dari para orangtuanya. Selain ibu dan ayahnya, orang diluar
Beberapa Penyebab Lemahnya Sistem Imun Pada Anak
Beberapa Penyebab Lemahnya Sistem Imun Pada Anak
Kamis, 16 Mei 2019 00:13 WIB
Daya tahan tubuh si Kecil adalah "benteng pertahanan" yang penting untuk menghalau infeksi virus dan bakteri.
Katakan "TIDAK" Jika Anak Anda Minta Junk Food
Katakan "TIDAK" Jika Anak Anda Minta Junk Food
Minggu, 07 April 2019 14:14 WIB
Ada penelitian menyatakan bahwa junk food dapat mempengaruhi perilaku dan kebiasaan anak. Apa pengaruh junkfood terhadap perilaku anak?
Tanda Pola Asuh Orangtua Sudah Tepat, Menurut Psikolog
Tanda Pola Asuh Orangtua Sudah Tepat, Menurut Psikolog
Sabtu, 10 Agustus 2019 05:27 WIB
Tiap orangtua memiliki gaya atau konsepnya sendiri soal pola asuh. Tapi satu yang pasti semua orangtua ingin menjadikan anak-anaknya sebagai