Pengetahuan Anak
 
Semua BlogPengetahuan AnakDunia AnakKesehatan AnakPola Asuh AnakKisah dan CeritaPsikologiEdukasiUmum

Igloo, Rumah Orang Inuit
Igloo, Rumah Orang Inuit

Rumah merupakan tempat kita berlindung dari panas dan dingin. Biasanya, kita mendirikan rumah dari kayu, bambu, batu-bata dan semen. Berbeda dengan kita, orang yang tinggal di daerah Tundra (daerah dingin) mendirikan rumah dari es. Rumah tersebut dinamai igloo.

Untuk membuat igloo, diperlukan balok es yang keras dan kering. Balok es tersebut akan disusun menyerupai kubah. Balok es berukuran besar ditempatkan di bawah, sedangkan balok es yang kecil ditempatkan di atas. Meski tidak menggunakan semen, bangunan ini cukup kuat, lo. Bahkan, bagian atasnya bisa menahan berat orang dewasa. Setiap keluarga memiliki igloo. Tetapi, jika di lingkungan itu ada banyak keluarga, maka igloo mereka biasanya dihubungkan dengan terowongan.

Meskipun terbuat dari es, tapi igloo cukup ampuh menahan udara dingin dari luar. Selain menahan dingin, bagian dalam bangunan ini juga bisa menahan panas hingga 50 derajat. Saat panasnya tertahan, bagian dalam Igloo akan sedikit meleleh. Tetapi, lelehan itu akan mengeras kembali saat penghuninya keluar. Nah, lelehan yang membeku itulah yang membuat Igloo semakin kuat, meski tanpa semen.

Igloo biasanya didirikan oleh orang Inuit dan Suku Eskimo. Meski sama-sama membuat rumah es, ada perbedaan antara kedua orang itu. Orang Inuit biasanya berada di daerah Kanada dan menggunakan bahasa Inuktitut. Orang Inuit juga ada yang tinggal di daerah Greenland. Tetapi, mereka menamai diri mereka “Greenlanders” atau “Kalaallit”. Berbeda dengan orang Inuit, orang Eskimo tinggal di daerah Alaska (barat laut Kanada). Mereka menggunakan bahasa Yupik. Menurut ahli bahasa, kata “eskimo” berasal dari bahasa Ojibwa.

Fakta lainnya adalah cuaca di daerah Tundra sangat dingin. Jadi, selain mendirikan Igloo, orang Inuit dan Eskimo juga membuat pakaian dari kulit. Biasanya, mereka menggunakan kulit rusa atau anjing laut. Cuaca yang dingin membuat mereka kesulitan bertani. Jadi, mereka lebih banyak mengonsumsi daging dan ikan. Hal itu akan membuat tubuh mereka tetap hangat. Saat musim panas tiba, mereka akan mendirikan rumah kulit dan tinggal di sana selama musim panas.

Diambil dari : http://bobo.grid.id/read/08673481/igloo-rumah-orang-inuit
Gambar diambil dari : https://www.turbosquid.com/3d-models/igloo-snow-3d-model/919044





Berikan Komentar Via Facebook

Pengetahuan Anak Lainnya
Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik Anak (Bag. 1)

Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik Anak (Bag. 1)
Senin, 04 Februari 2019 07:33 WIB
Perkembangan fisik atau jasmani anak sangat berbeda satu sama lain, sekalipun anak-anak tersebut usianya relatif sama.
Tahapan Perkembangan Emosi Bayi

Tahapan Perkembangan Emosi Bayi
Senin, 09 September 2019 07:56 WIB
Terkadang, kebanyakan orangtua terlalu fokus pada perkembangan fisik bayi. Mulai dari kemampuanĀ merangkak, berjalan, memegang barang, hingga berbicara
Pentingnya Kelekatan (Attachment) Antara Anak & Orang Tua

Pentingnya Kelekatan (Attachment) Antara Anak & Orang Tua
Selasa, 17 September 2019 04:26 WIB
Pentingnya kehadiran orang tua secara fisik terhadap perkembangan kognisi, emosi, serta sosial pada anak. Ketika anak-anak berpisah dengan pengasuhnya (orang
Cara  Orang Tua Mengontrol Screen Time Anak Selama School From Home?

Cara Orang Tua Mengontrol Screen Time Anak Selama School From Home?
Kamis, 30 April 2020 21:27 WIB
Dengan adanya pandemi COVID-19, kita semua dianjurkan untuk melakukan berbagai aktivitas dari rumah. Dimulai dari working from home, school from