Artikel
 
Semua ArtikelPerkembangan AnakDunia RemajaKehidupan DewasaKeluargaKesehatanPengetahuan Umum

Apa yang Perlu Dilakukan untuk Mempelajari Masa Lalu?
Apa yang Perlu Dilakukan untuk Mempelajari Masa Lalu?

Masa lalu adalah guru terbaik sepanjang masa. Apakah Anda setuju? Coba sadari dan syukuri setiap pengalaman sepanjang hidup Anda yang sudah Anda lewati, baik itu pengalaman menyenangkan maupun menyakitkan. Setiap pengalaman dari masa lalu pasti telah membuat kita belajar akan sesuatu. Semua yang kita alami di masa lalu telah membentuk diri kita menjadi seseorang di hari ini dan juga yang akan membentuk kita menjadi seseorang di masa depan.

Kira-kira, apa yang bisa kita lakukan untuk memiliki kehidupan yang lebih baik? Salah satu jawabannya adalah dengan menghadapi masa lalu. Kita perlu menghadapi kegagalan dan rasa sakit yang pernah dialami di masa lalu dan melepaskannya.

Pada dasarnya waktu akan terus berjalan dan mempelajari masa lalu bisa membantu Anda untuk terus maju menghadapi kehidupan yang lebih baik. Lakukan hal-hal berikut untuk mempelajari masa lalu demi masa depan yang lebih baik:

Pelajari Kesalahan di Masa Lalu
Kita semua memiliki kegagalan yang disesali di masa lalu. Tanpa adanya kegagalan, kita tidak mungkin berhasil. Contohnya balita tidak akan pernah belajar berjalan kalau dia tidak pernah jatuh. Keberhasilan perlu mengambil resiko dan resiko dapat menghasilkan kegagalan. Begitulah bagian dari kehidupan.
Beberapa orang mungkin masih berpegang pada masa lalu dan tidak bisa memaafkan dirinya sendiri. Kita akan sulit untuk maju dalam kehidupan jika kita masih menganggap bahwa kegagalan di masa lalu menentukan siapa kita saat ini. Meskipun kegagalan merupakan bagian dari pembelajaran, namun jangan terlalu lama memikirkan masa lalu yang sudah tidak bisa diulang. Biarkan masa lalu berlalu dan cukup jadikan pembelajaran saja.

Lepaskan Keberhasilan di Masa Lalu
Jika kita ingin kehidupan yang lebih baik di masa depan maka kita juga perlu untuk melepaskan keberhasilan di masa lalu. Seperti halnya kegagalan, keberhasilan juga bisa menahan kita untuk maju. Melepaskan keberhasilan di masa lalu akan membuka jalan untuk kegagalan baru yang dapat kita pelajari.
Hal-hal yang bisa dilakukan untuk mencapai keberhasilan adalah dengan terus membuka diri untuk mempelajari hal-hal baru, rayakan keberhasilan, lepaskan keberhasilan yang sudah dilewati, dan buat tujuan baru. Jadilah seseorang yang ditentukan oleh karaktermu sendiri, bukan oleh apa yang telah atau belum kamu lakukan di masa lalu.

Maafkan Orang-orang yang Menyakitimu di Masa Lalu
Setiap orang pasti pernah disakiti oleh orang lain dan memaafkan mereka adalah suatu keharusan untuk terus maju melanjutkan hidup kita. Jika kita masih mengingat kesalahan orang lain yang masih belum dimaafkan, selamanya kita hanya menganggap diri kita sebagai korban. Hal ini menandakan bahwa kita bukanlah seseorang yang bebas dan memiliki kontrol untuk masa depan. Tidak ada orang yang bisa bebas menjalani masa depan yang cerah, jika selama hidupnya masih menuntut keadilan tanpa memberikan maaf maupun belas kasih.

Jadikan Masa Lalu Sebagai Sejarah
Izinkan masa lalu untuk menjadi sejarah dalam hidup Anda. Pelajari dan serahkan semuanya kepada Tuhan yang mengatur hidup kita. Tetapi jika kita tidak bisa melepaskan masa lalu, kita hanya akan terus memiliki hati yang tidak ikhlas, perasaan amarah, hingga tidak bahagia. Lalu, apa yang perlu dilakukan? Syukuri masa lalu. Katakan hal-hal positif dari masa lalu yang sudah terlewati. Berterima kasihlah atas setiap kejadian yang pernah kita lewati tersebut, baik kejadian menyenangkan maupun menyakitkan.

Anda sulit untuk melepaskan masa lalu Anda meskipun sudah mencoba berbagai cara? Segera konsultasikan kepada ahlinya via aplikasi d’ Fun Station yang dapat Anda unduh langsung di smartphone Anda.

Referensi:
Milton Friesen. (2020). [online] http://www.miltonfriesen.com/learning-from-your-past/





konsultasi Onsite

Telepon : 085725340688
Ruko Istana Pasteur Regency Blok CRA 51 Pasteur, Sukaraja, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40175


Berikan Komentar Via Facebook

Pengetahuan Umum Lainnya
Sekura, Pesta Topeng Khas Lampung di Hari Raya

Sekura, Pesta Topeng Khas Lampung di Hari Raya
Rabu, 03 Juli 2019 16:02 WIB
Suku Lampung memiliki pesta budaya unik yang bernama sekura. Pesta tersebut biasanya dilakukan pada Hari Raya Idul Fitri .
Cara Bangkit dari Quarter Life Crisis

image : freepik.com

Cara Bangkit dari Quarter Life Crisis
Jum'at, 30 Oktober 2020 22:36 WIB
Ketika ekspektasi tidak sesuai dengan penggambaran umum di lingkungan tentang kondisi kehidupan di usia dewasa, banyak orang yang menyalahkan dirinya
Interpersonal Communication, Caramu Bangun Hubungan Dengan  Orang lain

image : freepik.com

Interpersonal Communication, Caramu Bangun Hubungan Dengan Orang lain
Senin, 31 Agustus 2020 08:14 WIB
Keterampilan komunikasi interpersonal (interpersonal communication) merupakan kemampuan yang diperlukan dalam upaya membangun relasi dan komunikasi dengan orang lain
ASAL MULA IKAN DUYUNG

ASAL MULA IKAN DUYUNG
Jum'at, 02 Agustus 2019 07:14 WIB
Pada zaman dahulu, hiduplah sepasang suami istri dan ketiga anak mereka yang umurnya masih kecil