Artikel
 
Semua ArtikelPerkembangan AnakDunia RemajaKehidupan DewasaKeluargaKesehatanPengetahuan Umum

Mengapa Konseling Sangat Penting?
image: freepik.com
Mengapa Konseling Sangat Penting?

Apakah setiap orang yang mengunjungi praktisi kejiwaan (psikolog, psikiater, atau terapis) memiliki masalah kejiwaan? Jawabannya adalah tidak. Orang yang pergi untuk konseling atau terapi ke praktisi kejiwaan belum tentu memiliki masalah dengan kejiwaannya. Perlu diketahui bahwa beberapa praktisi kejiwaan tidak hanya menangani satu jenis bidang masalah psikologis. Ada beberapa praktisi kejiwaan yang khusus menangani gangguan kesehatan mental yang parah (seperti skizofrenia). Di sisi lain, ada juga yang menangani masalah sehari-hari, menangani dan mengelola stres, atau mengatasi masalah hubungan. Praktisi kejiwaan dapat membantu Anda dengan berbagai kebutuhan, masalah, dan tujuan.

            Konseling adalah suatu keahlian khusus dalam profesi psikologi yang fokusnya memfasilitasi penanganan fungsi pribadi dan interpersonal di seluruh rentang kehidupan manusia. Keahlian khususnya berfokus pada penanganan masalah emosional, sosial, minat bakat, pendidikan, kesehatan, perkembangan, dan organisasi. Konseling yang diberikan oleh para profesional yang terlatih dapat memberikan dampak yang besar pada kehidupan individu, keluarga, dan komunitas. Layanan ini bisa membantu Anda menghadapi situasi kehidupan yang sulit, seperti kematian orang yang dicintai, perceraian, bencana alam, stres di sekolah, kehilangan pekerjaan, dan tumbuh kembang pada anak. Konseling menyediakan sarana dan wawasan bagi diri Anda untuk mengelola masalah kesehatan mental, seperti kecemasan dan depresi. Pada akhirnya, konseling akan mendorong seseorang untuk menjalani kehidupan yang sehat serta memuaskan.

Alasan Konseling Penting untuk Diintegrasikan ke Dalam Gaya Hidup
Mengatakan Pikiran Anda
Konseling memungkinkan Anda untuk mengungkapkan kebenaran Anda tanpa filter dan tanpa jeda. Anda tidak perlu khawatir jika orang lain terlibat dalam percakapan Anda atau merasa seolah-olah Anda memberikan beban besar kepada seseorang. Praktisi kejiwaan bertindak sebagai sistem pendukung yang memungkinkan Anda berbicara dengan cara apa pun yang Anda butuhkan untuk menemukan kesembuhan.

Validitas dan Kejelasan
Terkadang, memilah-milah emosi sulit dilakukan oleh diri Anda sendiri. Jika Anda merasa bingung tentang perasaan Anda, cara yang terbaik adalah Anda dapat berbicara dengan seorang profesional agar Anda lebih mudah menemukan kejelasan. Mereka akan membantu Anda merasa berhak atas emosi yang Anda rasakan, terlepas dari seberapa irasionalnya perasaan itu menurut Anda.

Jawaban dan Penjelasan
Praktisi kejiwaan menjalani pendidikan yang ketat selama bertahun-tahun untuk dapat menganalisis dan menilai kondisi manusia. Terlepas dari situasi Anda, mereka akan dapat menjelaskan apa yang Anda rasakan dan mengapa Anda merasakannya.

Praktisi Kejiwaan Peduli
Mengambil langkah untuk mengunjungi praktisi kejiwaan adalah tindakan berani. Mungkin sulit untuk berbicara dengan orang asing tentang beban dan perjuangan Anda, namun praktisi kejiwaan siap untuk membantu Anda dengan cara apa pun yang Anda butuhkan dan yang lebih penting, mereka sangat peduli untuk membantu Anda meningkatkan diri.

Pentingya Konseling pada Setiap Tahap Perkembangan Manusia
Anak
Konseling dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan juga mengajari anak-anak tentang pentingnya mencari bantuan. Praktisi kejiwaan dapat membantu anak-anak serta keluarga dalam mengatasi stres dan berbagai masalah emosional maupun perilaku.
Praktisi kejiwaan akan bekerja sama dengan Anda untuk mencari tahu akar penyebab gangguan emosi atau perilaku anak Anda. Praktisi kejiwaan juga dapat membantu Anda mempelajari cara berinteraksi dengan anak Anda untuk mendukung perkembangan sosial serta emosional yang sehat dan berjangka panjang. Anda dapat membuat strategi untuk memperkuat keterikatan antara Anda dan anak Anda. Pendekatan ini akan menyiapkan tahapan interaksi selanjutnya dan dapat membantu anak-anak meningkatkan kesejahteraan sosial dan emosional yang akan mereka bawa sepanjang hidup mereka.          

Remaja
Masa remaja adalah masa kritis untuk kesejahteraan dan perkembangan mental, sosial, dan emosional. Selama masa ini, otak akan mengalami perubahan perkembangan yang signifikan, menciptakan jalur saraf dan pola perilaku yang akan bertahan di kemudian hari. Karena otak mereka masih berkembang, para remaja sangat terbuka terhadap pengaruh positif dari strategi perkembangan remaja, pembelajaran sosial dan emosional, serta model perilaku. Tetapi otak remaja yang sedang berkembang, bersama dengan terjadinya perubahan hormonal akan membuat mereka lebih rentan terhadap depresi dan terkadang lebih cenderung terlibat dalam perilaku berisiko dan mencari sensasi dibandingkan dengan anak-anak yang lebih kecil atau orang dewasa. Faktor-faktor ini menggaris bawahi pentingnya memenuhi kebutuhan kesehatan mental, sosial, dan emosional kelompok usia ini.

Dewasa
Konseling dapat membantu Anda menyembuhkan dan mempelajari cara-cara yang lebih konstruktif untuk menangani masalah dalam hidup Anda. Ini juga bisa menjadi proses yang mendukung Anda saat melewati masa sulit atau saat mengalami tekanan yang meningkat, seperti memulai karier baru atau sedang melalui perceraian. Umumnya, konseling direkomendasikan setiap kali seseorang bergumul dengan kehidupan, hubungan, masalah pekerjaan/kesehatan mental tertentu, serta masalah yang memicu individu menjadi sangat kesakitan atau kesal selama lebih dari beberapa hari. Konseling paling berhasil jika individu menjalani dan memiliki keinginan kuat untuk berubah.

Penting untuk disadari bahwa konseling dan perawatan kesehatan mental adalah tindakan yang sehat bagi setiap orang. Konseling dapat membantu setiap orang untuk meningkatkan kehidupan sehari-hari mereka. Oleh karena itu, jangan pernah sungkan/takut untuk melakukan konseling ya! Anda bisa melakukannya via aplikasi d’Fun Station yang dapat di-download di Playstore.

Referensi :
Corey, Gerald. (2009). Theory and Practice of Counseling and Psychotheraphy. United States: Thomson Higher Education.
Mental Health & Performance Inc. (2020). 4 Reasons Why Counseling Is So Important. Mindset First [online] https://mindsetfirst.ca/4-reasons-why-counseling-is-so-important/
Prout, H. Thompson & Fedewa, Alicia L. (2015). Counseling and Psychotherapy with Children and Adolescents: Theory and Practice for School and Clinical Settings. United States: John Wiley & Sons, Inc





konsultasi Onsite

Telepon : 085725340688
Ruko Istana Pasteur Regency Blok CRA 51 Pasteur, Sukaraja, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40175


Berikan Komentar Via Facebook

Pengetahuan Umum Lainnya
Penghuni Terumbu Karang

Penghuni Terumbu Karang
Selasa, 15 Januari 2019 14:05 WIB
Melihat indahnya kehidupan di terumbu karang itu luar biasa, lo! Belum lagi berkenalan dengan beberapa penghuninya yang unik. Yuk kita
4 Ciri Khas yang Dimiliki Anak Bungsu

4 Ciri Khas yang Dimiliki Anak Bungsu
Jum'at, 04 Desember 2020 10:59 WIB
Anak bungsu terlahir dari orang tua yang sudah terlatih karena telah memiliki anak sebelumnya
Quality Time Bersama Keluarga

Quality Time Bersama Keluarga
Minggu, 28 Juli 2019 09:23 WIB
Tidak pernah salah jika Anda meluangkan beberapa saat untuk quality time bersama keluarga. Ingat, apa yang Anda tanam, itu yang
Perosotan, Ayunan, Mandi Bola, Stepping, dan Balok Keseimbangan Ada Manfaatnya Lho!

Perosotan, Ayunan, Mandi Bola, Stepping, dan Balok Keseimbangan Ada Manfaatnya Lho!
Selasa, 16 April 2019 12:21 WIB
Mainan yang cocok bagi balita seperti perosotan, ayunan, mandi bola, dan balok keseimbangan ternyata ada manfaatnya lho! Yuk intip satu-satu