Artikel
 
Semua ArtikelPerkembangan AnakDunia RemajaKehidupan DewasaKeluargaKesehatanPengetahuan Umum

Hypnoteaching Agar Murid Tidak Kesulitan Belajar
google.com
Hypnoteaching Agar Murid Tidak Kesulitan Belajar

Apakah Anda pernah mendengar atau mengetahui tentang hypnoteaching? Secara harfiah, hypnoteaching berasal dari kata hypnosis (sebuah kondisi relaks, fokus, atau konsentrasi) dan teaching (mengajar). Maka Hypnoteaching dapat diartikan sebagai perpaduan pengajaran yang melibatkan pikiran sadar dan bawah sadar. 

Fungsi Metode Hypnoteaching
Metode hypnoteaching memiliki beberapa fungsi yang sangat membantu dalam proses pembelajaran. Fungsi-fungsi tersebut ialah sebagai berikut :

  1. Menghapus mental blok para siswa
  2. Memberikan motivasi bagi para siswa agar lebih senang belajar
  3. Memperlancar proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
  4. Menumbuhkan rasa percaya diri siswa
  5. Meningkatkan prestasi siswa

Manfaat Metode Hypnoteaching
Metode hypnoteaching memiliki beberapa manfaat sebagai berikut :
  1. Pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.
  2. Membantu kesulitan belajar siswa
  3. Membangkitkan semangat belajar siswa
  4. Menggali potensi siswa
  5. Membantu menyelesaikan permasalahan para siswa
  6. Guru menjadi lebih kreatif

Dalam pelaksanaannya, langkah-langkah hypnoteaching adalah sebagai berikut :
  1. Niat dan Motivasi Guru Sebelum Mengajar
Niat yang dimaksud adalah kemauan keras pada diri guru untuk memberikan pelajaran yang berkualitas dan mampu memperbaiki kualitas belajar siswa. Niat guru sebelum mengajar dapat dilihat dari kesungguhannya dalam mempersiapkan dan menguasai metode maupun materi pembelajaran.
  1. Pacing
Pacing berarti menyamakan posisi, gerak tubuh, bahasa, serta gelombang otak dengan orang lain (dalam konteks ini siswa). Sebab, pada prinsipnya manusia cenderung atau lebih suka berinteraksi dengan seseorang yang memiliki kesamaan sehingga ia akan merasa nyaman. Dengan kenyamanan yang berasal dari kesamaan gelombang otak ini, maka setiap persen yang disampaikan dari satu orang ke orang lain bisa diterima dan dipahami dengan lebih baik.
  1. Leading
Leading berarti memimpin atau mengarahkan setelah proses pacing dilakukan. Setelah melakukan pacing, para siswa akan merasa nyaman dengan guru. Pada saat itulah hampir setiap apapun yang guru ucapkan atau tugaskan kepada mereka akan dilakukan dengan suka rela dan bahagia. Sehingga sesulit apapun materinya, pikiran bawah sadar mereka akan menangkap materi pelajaran dengan mudah. 
  1. Menggunakan Kata – kata Positif Saat Mengajar
Langkah berikutnya adalah penggunaan kata positif sebagai langkah pendukung dalam melakukan pacing dan leading. Hal ini sesuai dengan cara kerja pikiran bawah sadar yang tidak mau menerima kata negatif.
  1. Memberikan Pujian kepada Siswa
Pujian merupakan reward untuk meningkatkan harga diri serta membentuk konsep diri seseorang. Pemberian pujian bisa dilakukan ketika siswa berhasil melakukan atau mencapai prestasi. Berikan pujian sekecil apapun bentuk prestasinya, termasuk ketika ia berhasil melakukan perubahan positif pada dirinya.
  1. Modeling

Modeling adalah proses memberi contoh melalui ucapan dan perilaku yang konsisten. Hal ini sangat perlu dan menjadi kunci dari metode hypnoteaching. Setelah siswa merasa nyaman dengan guru maka diperlukan kepercayaan siswa kepada guru dengan perilaku yang konsisten melalui ucapan dan ajaran guru. Guru harus menjadi figur yang dapat dipercaya.

Metode hypnoteaching adalah teknik dan seni mengajar menggunakan sugesti-sugesti positif bagi siswa untuk menjadikan proses pembelajaran semakin efektif dengan kondisi kesiapan mental siswa yang bagus dalam proses pembelajaran. 
Apakah yang dimaksud sugesti? Sugesti adalah pendapat yang dikemukakan untuk dipertimbangkan, anjuran, dan saran. Hal ini penting karena dapat menggerakkan hati sehingga siswa akan merasa lebih nyaman dan memiliki ketertarikan atau antusiasme dalam belajar. Hal ini tentu akan sangat menunjang proses pembelajaran menjadi lebih baik.

Metode hypnoteaching ini merupakan metode pembelajaran kreatif, unik, sekaligus imajinatif. Sebelum pelaksanaan pembelajaran, para anak didik sudah dikondisikan untuk siap belajar sehingga mereka dapat mengikuti pembelajaran dalam kondisi yang segar dan siap untuk menerima materi pelajaran. Untuk mempersiapkan hal-hal tersebut, tentu guru dituntut untuk stabil baik secara psikologis maupun psikis sehingga mempunyai kesiapan penuh dalam mengajar para anak didiknya.
Penerapan metode hypnoteaching akan meningkatkan aktivitas belajar dan sangat membantu proses pembelajaran di dalam kelas. Hal ini dikarenakan siswa dapat meningkatkan motivasi belajar dalam dirinya yang berdampak pada peningkatan aktivitas belajar siswa. Guru dituntut harus memiliki kreativitas gaya mengajar serta strategi – strategi pembelajaran yang baru agar tidak monoton. 

            Jika Anda kesulitan untuk menerapkan metode ini atau ingin berkonsultasi tentang hal lainnya terkait psikologi siswa dalam proses belajar mengajar, Anda bisa download aplikasi d’Fun Station di smartphone Anda dan konsultasikan langsung dengan ahli yang tersedia.

Referensi :
Hajar, Ibnu. 2011. Hypnoteaching; Memaksimalkan Hasil Proses Belajar-Mengajar dengan Hipnoterapi. Jogjakarta: Diva Press.
Hakim, Andri. 2010. Hypnosis in Teaching; Cara Dahsyat Mendidik dan Mengajar. Jakarta:





konsultasi Onsite

Telepon : 085725340688
Ruko Istana Pasteur Regency Blok CRA 51 Pasteur, Sukaraja, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40175


Berikan Komentar Via Facebook

Pengetahuan Umum Lainnya
4 Tipe Ekstrovert, Kamu Tipe Ekstrovert yang Mana?

image: freepik.com

4 Tipe Ekstrovert, Kamu Tipe Ekstrovert yang Mana?
Sabtu, 10 April 2021 13:33 WIB
Orang ekstrovert senang berada di sekitar orang lain dan cenderung fokus pada dunia luar atau sosial
Mitos dan Fakta Dalam Pengasuhan Anak

Mitos dan Fakta Dalam Pengasuhan Anak
Senin, 03 Oktober 2022 10:48 WIB
Menjadi orang tua bukanlah hal yang mudah untuk dijalani terutama dalam hal pengasuhan anak
Gen Z, Generasi yang Selalu Terkoneksi dengan Internet

Gen Z, Generasi yang Selalu Terkoneksi dengan Internet
Jum'at, 04 Oktober 2019 10:57 WIB
Belakangan ini kita sering sekali mendengar istilah “gen z”. Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan gen z? Yuk kita
Perosotan, Ayunan, Mandi Bola, Stepping, dan Balok Keseimbangan Ada Manfaatnya Lho!

Perosotan, Ayunan, Mandi Bola, Stepping, dan Balok Keseimbangan Ada Manfaatnya Lho!
Selasa, 16 April 2019 12:21 WIB
Mainan yang cocok bagi balita seperti perosotan, ayunan, mandi bola, dan balok keseimbangan ternyata ada manfaatnya lho! Yuk intip satu-satu