BLOG
DAN
ARTIKEL

Hypnoteaching Agar Murid Tidak Kesulitan Belajar
image : Illustration by google
Hypnoteaching Agar Murid Tidak Kesulitan Belajar
Oleh Oleh : Maya Dwiayuningtiyas, M.Psi., Psikolog | Senin, 11 Juli 2022 10:12 WIB | 1.057 Views
Disunting Oleh : Brenda Carqua

Apakah Anda pernah mendengar atau mengetahui tentang hypnoteaching? Secara harfiah, hypnoteaching berasal dari kata hypnosis (sebuah kondisi relaks, fokus, atau konsentrasi) dan teaching (mengajar). Maka Hypnoteaching dapat diartikan sebagai perpaduan pengajaran yang melibatkan pikiran sadar dan bawah sadar. 

Fungsi Metode Hypnoteaching
Metode hypnoteaching memiliki beberapa fungsi yang sangat membantu dalam proses pembelajaran. Fungsi-fungsi tersebut ialah sebagai berikut :

  1. Menghapus mental blok para siswa
  2. Memberikan motivasi bagi para siswa agar lebih senang belajar
  3. Memperlancar proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
  4. Menumbuhkan rasa percaya diri siswa
  5. Meningkatkan prestasi siswa

Manfaat Metode Hypnoteaching
Metode hypnoteaching memiliki beberapa manfaat sebagai berikut :
  1. Pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.
  2. Membantu kesulitan belajar siswa
  3. Membangkitkan semangat belajar siswa
  4. Menggali potensi siswa
  5. Membantu menyelesaikan permasalahan para siswa
  6. Guru menjadi lebih kreatif

Dalam pelaksanaannya, langkah-langkah hypnoteaching adalah sebagai berikut :
  1. Niat dan Motivasi Guru Sebelum Mengajar
Niat yang dimaksud adalah kemauan keras pada diri guru untuk memberikan pelajaran yang berkualitas dan mampu memperbaiki kualitas belajar siswa. Niat guru sebelum mengajar dapat dilihat dari kesungguhannya dalam mempersiapkan dan menguasai metode maupun materi pembelajaran.
  1. Pacing
Pacing berarti menyamakan posisi, gerak tubuh, bahasa, serta gelombang otak dengan orang lain (dalam konteks ini siswa). Sebab, pada prinsipnya manusia cenderung atau lebih suka berinteraksi dengan seseorang yang memiliki kesamaan sehingga ia akan merasa nyaman. Dengan kenyamanan yang berasal dari kesamaan gelombang otak ini, maka setiap persen yang disampaikan dari satu orang ke orang lain bisa diterima dan dipahami dengan lebih baik.
  1. Leading
Leading berarti memimpin atau mengarahkan setelah proses pacing dilakukan. Setelah melakukan pacing, para siswa akan merasa nyaman dengan guru. Pada saat itulah hampir setiap apapun yang guru ucapkan atau tugaskan kepada mereka akan dilakukan dengan suka rela dan bahagia. Sehingga sesulit apapun materinya, pikiran bawah sadar mereka akan menangkap materi pelajaran dengan mudah. 
  1. Menggunakan Kata – kata Positif Saat Mengajar
Langkah berikutnya adalah penggunaan kata positif sebagai langkah pendukung dalam melakukan pacing dan leading. Hal ini sesuai dengan cara kerja pikiran bawah sadar yang tidak mau menerima kata negatif.
  1. Memberikan Pujian kepada Siswa
Pujian merupakan reward untuk meningkatkan harga diri serta membentuk konsep diri seseorang. Pemberian pujian bisa dilakukan ketika siswa berhasil melakukan atau mencapai prestasi. Berikan pujian sekecil apapun bentuk prestasinya, termasuk ketika ia berhasil melakukan perubahan positif pada dirinya.
  1. Modeling

Modeling adalah proses memberi contoh melalui ucapan dan perilaku yang konsisten. Hal ini sangat perlu dan menjadi kunci dari metode hypnoteaching. Setelah siswa merasa nyaman dengan guru maka diperlukan kepercayaan siswa kepada guru dengan perilaku yang konsisten melalui ucapan dan ajaran guru. Guru harus menjadi figur yang dapat dipercaya.

Metode hypnoteaching adalah teknik dan seni mengajar menggunakan sugesti-sugesti positif bagi siswa untuk menjadikan proses pembelajaran semakin efektif dengan kondisi kesiapan mental siswa yang bagus dalam proses pembelajaran. 
Apakah yang dimaksud sugesti? Sugesti adalah pendapat yang dikemukakan untuk dipertimbangkan, anjuran, dan saran. Hal ini penting karena dapat menggerakkan hati sehingga siswa akan merasa lebih nyaman dan memiliki ketertarikan atau antusiasme dalam belajar. Hal ini tentu akan sangat menunjang proses pembelajaran menjadi lebih baik.

Metode hypnoteaching ini merupakan metode pembelajaran kreatif, unik, sekaligus imajinatif. Sebelum pelaksanaan pembelajaran, para anak didik sudah dikondisikan untuk siap belajar sehingga mereka dapat mengikuti pembelajaran dalam kondisi yang segar dan siap untuk menerima materi pelajaran. Untuk mempersiapkan hal-hal tersebut, tentu guru dituntut untuk stabil baik secara psikologis maupun psikis sehingga mempunyai kesiapan penuh dalam mengajar para anak didiknya.
Penerapan metode hypnoteaching akan meningkatkan aktivitas belajar dan sangat membantu proses pembelajaran di dalam kelas. Hal ini dikarenakan siswa dapat meningkatkan motivasi belajar dalam dirinya yang berdampak pada peningkatan aktivitas belajar siswa. Guru dituntut harus memiliki kreativitas gaya mengajar serta strategi – strategi pembelajaran yang baru agar tidak monoton. 

            Jika Anda kesulitan untuk menerapkan metode ini atau ingin berkonsultasi tentang hal lainnya terkait psikologi siswa dalam proses belajar mengajar, Anda bisa download aplikasi d’Fun Station di smartphone Anda dan konsultasikan langsung dengan ahli yang tersedia.

Referensi :
Hajar, Ibnu. 2011. Hypnoteaching; Memaksimalkan Hasil Proses Belajar-Mengajar dengan Hipnoterapi. Jogjakarta: Diva Press.
Hakim, Andri. 2010. Hypnosis in Teaching; Cara Dahsyat Mendidik dan Mengajar. Jakarta:

Tags
#Hypnoteaching #Belajar #Metode Belajar #Relaks #Fokus #Konsentrasi
Bagikan Artikel
Komentar popoler
Belum ada komentar
Artikel Populer
Sikap yang Harus Dikembangkan pada Remaja
Sikap yang Harus Dikembangkan pada Remaja
50.106 Views

MANFAAT MENANYAKAN KABAR DAN VALIDASI EMOSI ANAK DI SETIAP HARINYA
MANFAAT MENANYAKAN KABAR DAN VALIDASI EMOSI ANAK DI SETIAP HARINYA
35.394 Views

Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik Anak (Bag. 1)
Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik Anak (Bag. 1)
28.202 Views

Pentingnya Kelekatan (Attachment) Antara Anak & Orang Tua
Pentingnya Kelekatan (Attachment) Antara Anak & Orang Tua
21.482 Views

Orang Tua Sebaiknya Baca Kisah tentang Ungkapan Jujur Seorang Anak ini. Kisah yang Bisa Menjadi Renungan Kita dalam Mendidik Anak
Orang Tua Sebaiknya Baca Kisah tentang Ungkapan Jujur Seorang Anak ini. Kisah yang Bisa Menjadi Renungan Kita dalam Mendidik Anak
14.910 Views

Dampak Positif Media Sosial pada Anak dan Remaja
Dampak Positif Media Sosial pada Anak dan Remaja
14.290 Views

6 Emosi Dasar Manusia
6 Emosi Dasar Manusia
13.826 Views

Peran Keluarga Mengatasi Kenakalan Remaja
Peran Keluarga Mengatasi Kenakalan Remaja
13.270 Views

Seperti Apa Feminisme di Zaman Sekarang?
Seperti Apa Feminisme di Zaman Sekarang?
12.872 Views

Shoebill, Burung yang Tak Suka Terbang dan Suka Menyendiri
Shoebill, Burung yang Tak Suka Terbang dan Suka Menyendiri
12.366 Views