Artikel
 
Semua ArtikelPerkembangan AnakDunia RemajaKehidupan DewasaKeluargaKesehatanPengetahuan Umum

Apa itu Autisme?
image: freepik.com
Apa itu Autisme?

Autisme termasuk dalam salah satu jenis gangguan psikologis yang mungkin terjadi dalam diri seseorang. Autisme yang memiliki istilah ilmiah gangguan spektrum autisme atau autism spectrum disorder (ASD) merupakan suatu gangguan perkembangan saraf yang ditandai dengan adanya kesulitan untuk berkomunikasi dan berinteraksi sosial serta memiliki pola yang terbatas dan berulang dalam perilaku, minat, dan aktivitas. Menurut penelitian, gejala autisme muncul pada masa awal perkembangan dan mempengaruhi fungsi-fungsi psikis dalam kehidupan sehari-harinya. Meskipun autisme dapat didiagnosis pada rentang usia berapapun, autisme digambarkan sebagai "gangguan perkembangan" karena biasanya gejala akan mulai muncul dalam dua tahun pertama kehidupan seorang anak.

Mengapa Autisme Dikenal Sebagai Gangguan Spektrum?
Autisme dikenal sebagai gangguan "spektrum" karena memiliki variasi yang luas dalam jenis dan tingkat keparahan gejala yang dialami setiap individu. Selain itu, tingkat keterampilan dan fungsi psikis pada individu yang menderita ASD pun bervariasi juga. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, 1 dari 59 anak di Amerika Serikat diperkirakan memenuhi kriteria untuk ASD.

Siapa Saja yang Bisa Menderita ASD?
ASD bisa terjadi di semua kelompok ras dan etnis serta di setiap tingkat status sosial ekonomi tanpa terkecuali. Anak laki-laki memiliki peluang empat kali lebih besar untuk menderita ASD dibandingkan dengan anak perempuan. Meskipun ASD dapat menjadi gangguan seumur hidup, namun pengobatan dan terapi yang dilakukan dapat mengurangi gejala serta dapat meningkatkan kemampuan individu untuk berfungsi di dalam kehidupan sehari-harinya. Intervensi dini seperti dalam hal pemberian pengobatan sangat dianjurkan untuk dilakukan sesegera mungkin jika tanda-tanda awal mulai muncul (bahkan usia di bawah 24 bulan) sehingga diharapkan dapat mengubah proses ASD.

Tipe Autisme
Kita tahu bahwa autisme tidak hanya terdiri dari satu tipe tetapi banyak subtipe. Tipe autisme dipengaruhi oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan. Karena autisme merupakan gangguan spektrum, setiap orang dengan autisme memiliki kekuatan dan tantangan yang berbeda. Cara individu autisme belajar, berpikir, dan memecahkan masalah ada pada kisaran sangat terampil hingga sangat tertantang. Beberapa individu dengan ASD mungkin membutuhkan dukungan yang signifikan dalam kehidupan sehari-hari mereka, sementara yang lain mungkin membutuhkan lebih sedikit dukungan. Namun perlu diketahui juga bahwa tidak menutup kemungkinan dalam beberapa kasus, individu dengan autisme dapat hidup mandiri sepenuhnya.

Beberapa faktor dapat mempengaruhi perkembangan autisme. Seringkali juga kondisi ini disertai dengan sensitivitas sensorik serta masalah medis seperti gangguan gastrointestinal (GI), kejang atau gangguan tidur, serta masalah kesehatan mental seperti kecemasan, depresi, dan masalah perhatian.

Diagnosis ASD didasarkan pada evaluasi diagnostik yang biasanya melibatkan tim dokter dan psikolog, serta mungkin termasuk disiplin ilmu lain seperti patologi wicara dan bahasa atau terapi okupasi. Evaluasi yang dilakukan harus mencakup observasi standar terhadap individu, penilaian kemampuan belajar dan kognitifnya, serta wawancara untuk mengumpulkan informasi tentang perilaku di berbagai keadaan serta riwayat medis dan perkembangannya.

Anak Anda mulai menunjukkan hal yang tidak beres? Jangan khawatir, Anda bisa segera mengkonsultasikannya kepada psikolog ahli tanpa harus keluar rumah. Cukup download aplikasi d’Fun Station di smartphone Anda dan konsultasikan langsung dengan profesional yang siap membantu Anda.

Referensi :
­American Psychological Association. Autism Spectrum Disorder. American Psychological Association [online] https://apa.org/topics/autism-spectrum-disorder
National Institutes of Health. Autism Spectrum Disorder. National Institutes of Health [online] https://www.nimh.nih.gov/health/publications/autism-spectrum-disorder/19-mh-8084-autismspecdisordr_152236.pdf





konsultasi Onsite

Telepon : 085725340688
Ruko Istana Pasteur Regency Blok CRA 51 Pasteur, Sukaraja, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40175


Berikan Komentar Via Facebook

Perkembangan Anak Lainnya
Fungsi dan Manfaat Bermain bagi Perkembangan Anak Usia Dini

Fungsi dan Manfaat Bermain bagi Perkembangan Anak Usia Dini
Minggu, 30 September 2018 14:23 WIB
Bermain memiliki manfaat bagi anak ? benarkah ? apasaja sih manfaat bermain bagi anak ?, mau tahu ?
Dampak Positif Media Sosial pada Anak dan Remaja

Dampak Positif Media Sosial pada Anak dan Remaja
Kamis, 21 November 2019 10:38 WIB
Penggunaan media sosial di kalangan remaja dan anak meningkat dalam 5 tahun terakhir dan aktivitas ini dapat memberikan dampak positif
4 Cara Melatih Memaafkan Diri Sendiri

image: freepik.com

4 Cara Melatih Memaafkan Diri Sendiri
Sabtu, 23 Januari 2021 09:23 WIB
Memaafkan diri sendiri bagi sebagian orang bukanlah hal yang mudah. Hal tersebut membutuhkan proses belajar khususnya dalam memahami dan menyayangi
Apa yang Perlu Dilakukan untuk Mempelajari Masa Lalu?

Apa yang Perlu Dilakukan untuk Mempelajari Masa Lalu?
Rabu, 30 Desember 2020 21:37 WIB
Masa lalu adalah guru terbaik sepanjang masa. Apakah Anda setuju?