Artikel
 
Semua ArtikelPerkembangan AnakDunia RemajaKehidupan DewasaKeluargaKesehatanPengetahuan Umum

Pentingnya Pahami Karakter Anak
image : freepik
Pentingnya Pahami Karakter Anak

Karakter merupakan sesuatu yang relatif menetap dalam kepribadian seseorang. Karakter juga menunjukkan cara berperilaku seseorang. Karakter penting untuk kita kenali agar kita mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk menghadapi atau berinteraksi dengan anak-anak maupun orang lain yang berada di sekitar kita.
Sejak kapan kita dapat mengetahui karakter anak kita? Sebetulnya sejak bayi, kita sudah dapat melihat temperamen yang khas pada setiap bayi. Penelitian yang pernah dilakukan oleh Thomas & Chess menunjukkan bahwa bayi memiliki tiga jenis temperamen, yaitu:
  1. Easy Child
Bayi dengan temperamen ini menunjukkan adanya pola jam makan dan tidur yang teratur, ceria, dan mudah akrab dengan siapa saja.
  1. Slow to Warm Up
Pada temperamen ini, bayi membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru. Oleh karena itu, orangtua perlu mengenalkannya berkali-kali secara perlahan, baik dalam hal makanan, orang baru, maupun lingkungan baru.
  1. Difficult Child
Bayi membutuhkan waktu yang paling lama untuk beradaptasi dengan lingkungan. Temperamen ini juga memiliki kecenderungan pola tidur dan makan yang tidak teratur.

Dengan kita mengetahui temperamen pada bayi kita, maka kita dapat menyesuaikan diri dengan lebih mudah sehingga kita tidak memiliki ekspetasi (harapan) yang terlalu besar pada anak. Sebagai contoh, orangtua mengharapkan anak dapat makan dengan lahap sampai habis namun ternyata tipe anak kita membutuhkan waktu untuk mengenal rasa maupun tekstur yang baru sehingga tidak dapat langsung makan secara lahap ataupun sampai habis.

Selain itu, beranjak ke masa kanak-kanak, kita mulai dapat melihat temperamen anak dengan tolak ukur proto-psychological theory yang terdiri dari empat dasar temperamen, yaitu sanguine, choleric, melancholic, dan phlegmatic. Dengan kita mengetahui ciri khas dari keempat temperamen tersebut, kita akan sangat terbantu untuk mengenal anak-anak kita sehingga kita dapat mengarahkan dan mengembangkan anak kita sesuai dengan temperamen dasar yang dimilikinya.

Pada usia anak-anak, mereka mulai berinteraksi dengan keluarga dan lingkungan yang akhirnya membentuk karakter mereka. Karakter pada dasarnya berasal dari kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan secara konsisten setiap hari. Banyak sekali karakter-karakter yang dapat diajarkan sejak anak-anak masih kecil, seperti daya juang, kejujuran, kerajinan, kerendahan hati, ketepatan waktu, ketulusan, tanggung jawab, dan sebagainya. Kita sebagai orangtua pasti mengharapkan anak kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik dengan karakternya. Jadi, selain kita mencari tahu temperamen yang khas pada anak, kita juga dapat mengembangkan karakter anak kita menjadi lebih baik. Sebagai contoh, jika orangtua ingin mengajarkan anak untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab, latihlah anak untuk membereskan mainan maupun perlengkapan sekolahnya sendiri tanpa perlu dibantu.

Jika Anda masih merasakan kesulitan untuk memahami karakter anak Anda, segera konsultasikan masalah ini kepada psikolog Anak dan Remaja yang salah satunya dapat Anda temukan melalui aplikasi d’ Fun Station.

Sumber:
Badudu, Rizal. 2019.Character Excellence. Jakarta: Kompas
Boyd, Denise & Bee, Helen. 2010. The Growing Child. Boston: Pearson
https://en.wikipedia.org/wiki/Four_temperaments





konsultasi Onsite

Telepon : 085725340688
Ruko Istana Pasteur Regency Blok CRA 51 Pasteur, Sukaraja, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40175


Berikan Komentar Via Facebook

Perkembangan Anak Lainnya
Karakter Umum Remaja dan Masalahnya

image : freepik.com

Karakter Umum Remaja dan Masalahnya
Rabu, 17 Maret 2021 09:36 WIB
orang tua mungkin mulai merasa anaknya lebih “menyebalkan” dibandingkan dengan sebelumnya. Anak menjadi lebih mudah marah atau tersinggung dan beberapa
Sehat Psikis, Kunci Menikmati Hidup Sebagai Lansia

image: freepik

Sehat Psikis, Kunci Menikmati Hidup Sebagai Lansia
Selasa, 29 September 2020 08:45 WIB
Masa lansia adalah masa perkembangan psikologis dan sosial terakhir dalam hidup manusia
Skripsi tiba? Hadapi Stres dengan Turning Skripshit to be Skripsweet

image : freepik.com

Skripsi tiba? Hadapi Stres dengan Turning Skripshit to be Skripsweet
Sabtu, 29 Agustus 2020 09:30 WIB
Bagi kebanyakan mahasiswa tingkat akhir, momentum pengerjaan Tugas Akhir (TA) atau skripsi bisa menjadi momok menakutkan yang ingin dihindari
Interpersonal Communication, Caramu Bangun Hubungan Dengan  Orang lain

image : freepik.com

Interpersonal Communication, Caramu Bangun Hubungan Dengan Orang lain
Senin, 31 Agustus 2020 08:14 WIB
Keterampilan komunikasi interpersonal (interpersonal communication) merupakan kemampuan yang diperlukan dalam upaya membangun relasi dan komunikasi dengan orang lain