Artikel
 
Semua ArtikelPerkembangan AnakDunia RemajaKehidupan DewasaKeluargaKesehatanPengetahuan Umum

Banyaknya Keuntungan Bermain Bebas Bagi Anak
Banyaknya Keuntungan Bermain Bebas Bagi Anak

Sadarkah kita bahwa terkadang kita terlalu keras terhadap anak dengan tidak membiarkan si Kecil bermain dengan bebas. Definisi bermain yang kita pikirkan sering kali berbeda dengan arti kata “bermain” yang sesungguhnya. Mungkin saja yang muncul di benak kita adalah anak kita bahagia saat mereka bermain musik, olahraga, atau bermain yang memang sudah diatur oleh kita. Tapi parents wajib tahu bahwa hal tersebut mungkin saja justru membuat anak kita mengalami tekanan batin maupun mental yang tidak terungkapkan lho!
Tidak ada salahnya kok bagi diri kita untuk membiarkan anak bermain dengan bebas. Ada banyak keuntungan yang bisa didapat bagi perkembangan anak dengan cara membiarkannya bermain bebas. Berikut adalah beberapa keuntungan bermain bebas bagi perkembangan anak:
 
  1. Meningkatkan imajinasi dan kreativitas
Saat bermain anak-anak biasanya berimajinasi. Mereka berusaha untuk memecahkan masalah, menciptakan aturan bermain, dan beradaptasi dengannya. Secara tidak langsung, hal ini meningkatkan kreativitas bahkan kepercayaan diri mereka.  
 
  1. Membantu pertumbuhan kognitif/otak
Saat bermain bebas, anak-anak akan berpikir untuk mengatur permainan mereka sendiri sehingga otak mereka akan terpacu untuk bertumbuh dengan cara yang positif dikarenakan saraf otak saling terhubung satu sama lain dan menjadi lebih kuat. Perkembangan saraf otak membuat anak menjadi mudah belajar hal-hal baru.
 
  1. Mengurangi emosi negatif anak
Anak-anak bisa mengurangi kecemasan, stress, dan hal yang membuatnya terganggu dengan bermain. Bermain meningkatkan kebahagiaan dan kebanggaan terhadap diri anak. Parents juga bisa lebih memahami emosi anak dengan memperhatikan luapan emosi yang nampak melalui cara mereka bermain.
 
  1. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi
Interaksi dengan teman, orang tua, atau siapapun pasti terjadi saat anak-anak bermain. Saat berinteraksi, mereka akan belajar berkomunikasi melalui percakapan yang terjadi.  
 
  1. Membentuk kemandirian
Saat kita mengatur kegiatan/permainan mereka, mereka tidak akan memiliki kemandirian. Namun kemandirian mereka akan terbentuk saat mereka bermain bebas dan menciptakan aturan permainan mereka sendiri. Mereka tidak akan bergantung kepada orang lain untuk mengatur segala hal dalam hidup mereka. 
 
  1. Meningkatkan kemampuan fisik
Sadar atau tidak, fisik anak-anak menjadi aktif saat mereka bermain bebas. Apapun jenis permainannya, fisik mereka bergerak dan kekuatan otot pun meningkat. Mereka juga akan belajar untuk refleks/peka terhadap kondisi sekitar yang berhubungan dengan fisik mereka.

Ternyata membiarkan anak bermain bebas mempunyai banyak manfaat ya parents. Oleh karena itu, biarkan anak Anda bermain dengan bebas dan percayalah saat mereka melakukannya, mereka akan jauh lebih bahagia dibandingkan dengan mereka menjalankan segala aktivitas/permainan yang Anda atur untuk mereka.
Jika Anda memiliki masalah terkait hubungan Anda dengan anak ataupun anak Anda terlihat ada keganjilan dalam perilakunya, segera konsultasikan masalah Anda dengan ahlinya. Anda bisa download aplikasi d’Fun Station dan berkonsultasi dengan profesional yang tersedia.

Referensi :
Alexander, Jessica Joelle and Iben Dissing Sandahl. 2016. The Danish Way of Parenting. New York:TarcherPerigee.
Blahey, Lori. 2021. The Power of Play: 6 Benefits for Child Development. Diakses pada 7 Juni 2022 dari https://www.epl.ca/blogs/post/importance-of-play-for-kids/





konsultasi Onsite

Telepon : 085725340688
Ruko Istana Pasteur Regency Blok CRA 51 Pasteur, Sukaraja, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40175


Berikan Komentar Via Facebook

Perkembangan Anak Lainnya
Anak Sering Menangis, Wajarkah?

image: freepik.com

Anak Sering Menangis, Wajarkah?
Sabtu, 02 Januari 2021 09:49 WIB
Dengan menangis, mereka berharap untuk mendapatkan bantuan dari orang-orang di sekitarnya sehingga ia dapat merasa aman dan percaya
Belajar Antri Lebih Penting dari Matematika ?

Belajar Antri Lebih Penting dari Matematika ?
Selasa, 26 Maret 2019 10:10 WIB
“Kami tidak terlalu khawatir anak-anak kami tidak pandai matematika. Kami jauh lebih khawatir jika mereka tidak punya budaya mengantri.”
Mengenal ODD pada Anak dan Remaja

image : wallpapersden.com

Mengenal ODD pada Anak dan Remaja
Senin, 18 April 2022 10:18 WIB
Oppositional Defiant Disorder (ODD) merupakan gangguan perilaku yang ditandai dengan suasana hati mudah marah atau mudah tersinggung, perilaku argumentatif
Menerapkan Kedisiplinan pada Anak

Menerapkan Kedisiplinan pada Anak
Jum'at, 01 November 2019 11:24 WIB
Dalam menerapkan pola asuh kepada anak terdapat dua hal yang harus diperhatikan oleh orang tua yaitu memberikan kasih sayang dan