Pola Asuh Anak
 
Semua BlogPengetahuan AnakDunia AnakKesehatan AnakPola Asuh AnakKisah dan Cerita

Cara Membuat si Kecil Semangat Masuk Sekolah Setelah Libur

Cara Membuat si Kecil Semangat Masuk Sekolah Setelah Libur

Halo Parents, tidak terasa liburan sekolah sudah berakhir. Waktunya anak kembali lagi ke rutinitas semula yaitu masuk sekolah. Pada beberapa anak, kembali ke rutinitas normal merupakan hal yang sulit sehingga biasanya mereka enggan kembali masuk sekolah. Pada beberapa anak yang lain, mereka mengalami kecemasan menghadapi minggu-minggu pertama bahkan bulan pertama sekolah, atau setiap kali tahun ajaran baru dimulai. Oleh karena itu, berikut beberapa saran yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk membantu anak bersemangat kembali menjalankan rutinitas sekolah :

  1. Seminggu sebelum sekolah, kembali lakukan rutinitas normal anak. Misalnya, mengajak anak tidur lebih awal, bangun di pagi hari, mandi dan berpakaian (walaupun tidak akan pergi kemana-mana) atau rutinitas lain yang dilakukan saat anak akan ke sekolah.
  2. Orang tua dan anak dapat membuat list dan mengingat kembali langkah-langkah apa saja yang harus anak lakukan sebelum sekolah. Setelah itu, orang tua dan anak dapat bersama-sama bermain peran mengenai persiapan sebelum berangkat sekolah ataupun kegiatan yang dilakukan saat berada di sekolah. Kegiatan bermain peran ini dapat dilakukan sehari dua kali sehingga anak dapat lebih mudah menyesuaikan diri dengan situasi nyata.
  3. Beritahukan anak perilaku apa saja yang diharapkan muncul ketika ia berada di sekolah, seperti perilaku apa saja yang diharapkan dapat anak lakukan ketika belajar, istirahat, dan lain sebagainya.
  4. Jika memungkinkan, sebelum masuk sekolah orang tua dapat mengajak anak untuk berkunjung ke sekolah atau area sekitar sekolah, misalnya dengan berjalan-jalan melewati sekolah, berkeliling di dalam sekolah, masuk ke dalam kelas, dan bertemu guru.
  5. Saat masuk sekolah, biarkan anak membawa mainan kesukaannya, foto, atau barang di rumah yang ia senangi.
  6. Ketika mengantarkan anak masuk sekolah, ajaklah anak untuk langsung bertemu dengan guru kelasnya atau guru yang dekat dengannya sehingga ia bisa dengan mudah langsung menyesuaikan diri dan tidak menghiraukan atau mengamuk jika ditinggal oleh orang tua. Berikan ciuman kepada anak dan tinggalkan anak saat ia sudah bersama dengan guru.
  7. Jika anak menangis, maka orang tua dapat menemaninya di dalam kelas dalam waktu yang singkat namun sebelumnya orang tua wajib meminta izin kepada guru maupun teman sekelas anak yang lain.
  8. Ketika waktu pulang sekolah, maka jemputlah anak tepat waktu.


Ternyata tidak cukup sulit kan parents untuk membantu si kecil kembali bersemangat masuk sekolah. Jika parents masih kesulitan untuk menangani si kecil atau ada hal yang parents ingin tanyakan, parents dapat langsung datang ke d’Fun Station dan berkonsultasi dengan ahli yang ada di sana.

Daftar Rujukan
Mayer, Diane Peters. 2008. Overcoming School Anxiety – How to Help Your Child Deal with Separation, Tests, Homework, Bullies, Math Pobia, and Other Worries. New York : American Management Association (AMACOM).
 





Berikan Komentar Via Facebook

Pola Asuh Anak Lainnya
Cara Mendidik Anak Hiperaktif dengan Benar dan Tepat (2)
Cara Mendidik Anak Hiperaktif dengan Benar dan Tepat (2)
Rabu, 22 Mei 2019 00:46 WIB
Anak hiperaktif membutuhkan perhatian yang lebih dan rasa kasih sayang yang lebih agar dia mau mendengarkan orang tuanya dan menuruti orang tua.
Malas? Atau Kesulitan Belajar?
Malas? Atau Kesulitan Belajar?
Kamis, 14 Maret 2019 12:28 WIB
Anak yang mengalami kesulitan belajar umumnya adalah anak-anak yang memiliki kecerdasan tergolong rata-rata atau bahkan superior.
Pentingnya Kelekatan (Attachment) Antara Anak & Orang Tua
Pentingnya Kelekatan (Attachment) Antara Anak & Orang Tua
Selasa, 17 September 2019 04:26 WIB
Pentingnya kehadiran orang tua secara fisik terhadap perkembangan kognisi, emosi, serta sosial pada anak. Ketika anak-anak berpisah dengan pengasuhnya (orang tua), mereka akan mengalami penderitaan yang hebat meskipun terdapat pengasuh pengganti
Etika Bergaul Dapat Melatih Kecerdasan Sosial Anak
Etika Bergaul Dapat Melatih Kecerdasan Sosial Anak
Jum'at, 03 Mei 2019 08:10 WIB
Mengajarkan si Kecil etika bergaul perlu dilakukan sejak dini agar ia mengetahui cara bersikap santun kepada semua orang.