Psikologi
 
Semua BlogPengetahuan AnakDunia AnakKesehatan AnakPola Asuh AnakKisah dan CeritaPsikologiEdukasiUmum

Arti Kesepian yang Sesungguhnya
www.freepik.com
Arti Kesepian yang Sesungguhnya

Kesepian umumnya didefinisikan sebagai kondisi kesendirian. Padahal sebenarnya kesepian merupakan suatu keadaan dari pikiran kita sendiri lho. Selain itu, beberapa ahli menyatakan bahwa seseorang yang kesepian ditandai oleh perasaan kesepian yang terjadi lebih dari sekali dalam satu minggu (Cacioppo dkk, 2010).

Orang yang merasa kesepian sering kali menginginkan interaksi dengan orang lain, tetapi keadaan pikiran mereka sendirilah yang justru membuat mereka sulit menjalin hubungan dengan orang lain. Kesepian dapat menyebabkan seseorang merasa hampa dan tidak diinginkan. Berdasarkan banyak ahli, kesepian tidak selalu berarti sendirian. Perasaan sendirian dan terisolasi justru yang membuat keadaan pikiran seseorang merasa kesepian, meskipun mereka sedang sendirian ataupun tidak.

Faktor Eksternal dan Internal Penyebab Kesepian
Faktor eksternal yang mempengaruhi seseorang terhadap perasaan kesepian contohnya seperti isolasi fisik, pindah lokasi tempat tinggal baru, dan perceraian (Sbarra, 2015). Kematian seseorang yang penting dalam kehidupan seseorang juga dapat menyebabkan perasaan kesepian. Selain itu, kesepian bisa menjadi suatu gejala gangguan psikologis seperti depresi (Cacioppo dkk, 2010).

Kesepian juga bisa dikaitkan dengan faktor internal seperti self-esteem (harga diri) yang rendah. Orang yang kurang percaya diri sering kali percaya bahwa mereka tidak layak untuk diperhatikan atau dihormati orang lain, sehingga hal ini bisa menyebabkan isolasi dan kesepian kronis.

Tingkat kesepian seseorang juga dikatakan memiliki kaitan dengan kondisi kehidupan yang sedang dialami. Orang yang tingkat kesepiannya rendah dikaitkan dengan kondisi pernikahan, pendapatan yang tinggi, dan status pendidikan yang tinggi. Tingginya tingkat kesepian seseorang dikaitkan dengan gejala kesehatan fisik yang menurun, hidup sendiri, jaringan sosial yang sedikit, dan kualitas hubungan sosial yang rendah (Cacioppo dkk, 2010).

Cara Mengatasi Kesepian
Para ahli percaya bahwa bukan seberapa banyak interaksi sosial yang bisa melawan kesepian, tetapi kualitasnya. Memiliki tiga atau empat teman dekat saja sudah cukup untuk menangani kesepian dan mengurangi kesehatan negatif yang berasal dari keadaan pikiran sendiri.
Kesepian merupakan bentuk dari emosi universal manusia yang unik dan kompleks. Tidak ada penyebab dasar utama seseorang merasakan kesepian. Pencegahan dan pengobatan kondisi pikiran terkait kesepian juga dibutuhkan oleh orang tersebut agar tidak semakin parah.
Jika Anda mengalami kondisi kesepian yang mengganggu kehidupan maupun kesehatan mental Anda, segera konsultasikan kepada ahlinya ya. Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan ahli yang dibutuhkan melalui aplikasi D’Fun Station.

Referensi:
Cacioppo JT, Fowler JH, Christakis NA.  (2010). Alone in the crowd: The structure and spread of loneliness in a large social network. Journal of Personality and Social Psychology 97(6): 977-991. doi:10.1037/a0016076
Sbarra, DA. (2015). Divorce and health: Current trends and future directions. Psychosom Med 77(3): 227–236. doi:10.1097/PSY.0000000000000168





Berikan Komentar Via Facebook

Psikologi Lainnya
Memahami Gangguan Kepribadian Antisosial. Hati-hati Salah Kaprah!

image : google.com

Memahami Gangguan Kepribadian Antisosial. Hati-hati Salah Kaprah!
Rabu, 19 Agustus 2020 09:05 WIB
Kita sering kali salah kaprah mendefinisikan istilah antisosial (ansos) sebagai kondisi di mana seseorang tidak suka berinteraksi dengan orang lain,
Interpersonal Communication, Caramu Bangun Hubungan Dengan  Orang lain

image : freepik.com

Interpersonal Communication, Caramu Bangun Hubungan Dengan Orang lain
Senin, 31 Agustus 2020 08:14 WIB
Keterampilan komunikasi interpersonal (interpersonal communication) merupakan kemampuan yang diperlukan dalam upaya membangun relasi dan komunikasi dengan orang lain
Katakan Iya Boleh untuk Eksplorasi si Kecil

Katakan Iya Boleh untuk Eksplorasi si Kecil
Sabtu, 16 Februari 2019 11:35 WIB
Pengalaman bereksplorasi adalah pengalaman hidup. Pengalaman ini menjadi bagian penting dalam mempersiapkan keterampilan bantu diri si Kecil dan membuatnya mandiri.
Pentingnya Kelekatan (Attachment) Antara Anak & Orang Tua

Pentingnya Kelekatan (Attachment) Antara Anak & Orang Tua
Selasa, 17 September 2019 04:26 WIB
Pentingnya kehadiran orang tua secara fisik terhadap perkembangan kognisi, emosi, serta sosial pada anak. Ketika anak-anak berpisah dengan pengasuhnya (orang