Psikologi
 
Semua BlogPengetahuan AnakDunia AnakKesehatan AnakPola Asuh AnakKisah dan CeritaPsikologiEdukasiUmum

4 Tipe Ekstrovert, Kamu Tipe Ekstrovert yang Mana?
image: freepik.com
4 Tipe Ekstrovert, Kamu Tipe Ekstrovert yang Mana?

Anda pasti familiar bukan dengan istilah ekstrovert? Ekstrovert adalah suatu kepribadian pada orang yang suka bergaul. Orang ekstrovert senang berada di sekitar orang lain dan cenderung fokus pada dunia luar atau sosial. Namun, pada dasarnya orang-orang ekstrovert tidak memiliki karakteristik yang sama lho. Ekstrovert sendiri terdiri dari empat tipe yang didasari oleh teori kepribadian Carl Jung. Apa saja ya di antaranya? Simak di bawah ini!

Extroverted Sensors
Orang-orang extroverted sensor mendapatkan energinya dari dunia fisik yang ada di sekelilingnya. Mereka suka menggunakan panca indera (melihat, menyentuh, mendengar, mengecap, dan mencium) untuk memahami apa yang terjadi dari pengalaman langsung. Orang-orang ini lebih mempercayai pengalaman pribadi terlebih dahulu dibanding berasumsi atau berteori.
Para extroverted sensor lebih suka terlibat dalam aktivitas langsung, seperti olahraga atau aktivitas lainnya yang memberikan rangsangan fisik. Tipe ekstrovert ini juga lebih senang membangun kualitas hubungan dengan orang lain dengan melakukan kegiatan bersama-sama ketimbang mengobrol atau diskusi panjang lebar. Bukan berarti tidak bisa terlibat dalam percakapan yang mendalam, namun mereka tidak begitu banyak membutuhkan kegiatan tersebut.

Extroverted Intuitors
Orang-orang extroverted intuitors mendapatkan energinya dari menggali ide-ide abstrak dan kemungkinan-kemungkinan yang ada. Tipe ekstrovert ini menyukai perdebatan yang bersahabat serta obrolan intelektual yang bisa mereka lakukan dengan berdiskusi dan bertukar pikiran dengan orang lain. Mereka cenderung lebih suka berbicara tentang ide-ide abstrak daripada obrolan tentang kejadian sehari-hari.
Para extroverted intuitors senang mencari tahu kemungkinan-kemungkinan yang belum terungkap dan tidak merasa terganggu ada di tempat ramai. Pergi ke tempat ramai seperti pesta membuat adanya rangsangan bagi mereka untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang belum terjadi ketika akan bertemu banyak orang.

Extroverted Feelers
Orang-orang extroverted feelers senang berada di sekitar orang-orang karena membuat mereka belajar dan saling berbagi pengalaman antara satu sama lain. Tipe ekstrovert ini sangat bersemangat untuk membentuk koneksi baru ketika mereka berpartisipasi dalam acara sosial. Mereka suka membantu, memperhatikan orang lain, dan memastikan semua orang bahagia. Para extroverted feelers merupakan pembicara yang sangat baik dan dapat beradaptasi dengan obrolan ringan maupun obrolan serius.

Extroverted Thinkers
Orang-orang extroverted thinkers merupakan sosok pemimpin dengan sifat yang tegas dan percaya diri. Mereka menjunjung tinggi pemikiran logis dan fokus mencapai hasil. Biasanya orang-orang ini senang mendapatkan banyak prestasi karena mereka mendapatkan energi dari bekerja keras untuk mencapai tujuan dan impian agar merasakan keberhasilan. Mereka juga senang dengan tantangan baru dan senang menemukan solusi untuk masalah yang rumit. Para extroverted thinkers menyukai hal-hal berbau bisnis dan suka berpartisipasi dalam acara sosial untuk melakukan koneksi dengan orang-orang baru.

Dari berbagai tipe ekstrovert yang kita ketahui di atas, ternyata ekstrovert tidak hanya soal pandai bergaul atau berbicara saja namun juga berkaitan dengan bagaimana cara berpikir dan bertindak mereka. Untuk Anda yang ekstrovert, kira-kira tipe ekstrovert mana yang paling cocok dengan Anda?

Terkadang kamu memiliki masalah dengan kepribadianmu yang ekstrovert? Yuk ceritakan kepada ahlinya via aplikasi d’Fun Station  yang bisa Anda download dari Playstore sekarang!

Referensi:
Priebe, Heidi. (2015). The Four Different Types Of Extroverts According To Jungian Psychology. Thought Catalog. [online] https://thoughtcatalog.com/heidi-priebe/2015/09/the-four-different-types-of-extroverts-according-to-jungian-psychology/





Berikan Komentar Via Facebook

Psikologi Lainnya
Peran Keluarga dalam Mengatasi Emosi Anak

Peran Keluarga dalam Mengatasi Emosi Anak
Rabu, 25 September 2019 07:06 WIB
Orang tua/pengasuh dapat melakukan emotion - coaching parents untuk memonitor emosi anak. Hal ini dapat dilakukan dengan cara melihat emosi
Tips Atasi Konflik Dalam Pernikahan

image : freepik.com

Tips Atasi Konflik Dalam Pernikahan
Sabtu, 24 Oktober 2020 08:53 WIB
Pernikahan adalah titik transisi peran yang kritis untuk pasangan yang baru pertama kali menikah. Pernikahan melibatkan perpindahan individu dari keluarga
Kenapa Anak Sering Berteriak ?

Kenapa Anak Sering Berteriak ?
Kamis, 01 Agustus 2019 10:29 WIB
Kenapa anak selalu berteriak ? Jangan stres dulu, ya! Karena pasti ada penyebabnya kenapa anak selalu berteriak.
Sehat Psikis, Kunci Menikmati Hidup Sebagai Lansia

image: freepik

Sehat Psikis, Kunci Menikmati Hidup Sebagai Lansia
Selasa, 29 September 2020 08:45 WIB
Masa lansia adalah masa perkembangan psikologis dan sosial terakhir dalam hidup manusia