BLOG
DAN
ARTIKEL

4 Tipe Introvert, Kamu yang Mana?
image : Illustration by google
4 Tipe Introvert, Kamu yang Mana?
Oleh Asmi Ayuni, S.Psi. | Jum'at, 16 April 2021 09:40 WIB | 5.002 Views
Disunting Oleh : Brenda Carqua
Sebagian besar dari kita pastinya sudah tidak asing dengan istilah Introvert. Introvert umumnya kita ketahui sebagai suatu kepribadian pada orang-orang yang suka menghabiskan waktunya sendirian dibanding berkumpul dengan banyak orang. Orang-orang introvert juga disebut sebagai orang pendiam. Padahal sebenarnya tidak semua orang-orang introvert itu sama lho. Ada berbagai tipe introvert pada diri setiap orang.

Jonathan Cheek, PhD yang merupakan seorang psikolog dan peneliti mengembangkan empat tipe introvert di tahun 2011. Apa saja ya di antaranya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Social Introvert
Orang-orang social introvert adalah mereka yang paling ramah dan paling mengutamakan privasi tentang dirinya dari keempat tipe introvert yang ada. Mereka tidak merasa malu ataupun cemas dalam lingkungan sosialnya dan bahkan mereka sangat menikmati, tetapi mereka akan merasa terkuras energi emosionalnya jika berada di luar terlalu lama.
Meskipun orang social introvert suka menghabiskan waktu sendirian, mereka masih menginginkan beberapa teman dekat di sekelilingnya. Mereka cenderung menjadi yang paling sosial saat bersama kelompok pertemanannya (Cheek, 2014). Seseorang yang tidak mengenal mereka mungkin akan menganggap orang-orang ini ekstrovert saat melihat mereka berkumpul bersama teman dekatnya. Padahal orang-orang social introvert tidak akan banyak berbagi tentang diri mereka kepada orang lain selain teman dekat mereka.

Thinking Introvert
Orang-orang thinking introvert tidak berkeberatan untuk bersosialisasi, tetapi mereka memiliki dunianya sendiri. Mereka seringkali melamun dan terlihat lebih suka menyendiri bagi orang-orang yang tidak mengenal mereka. Orang thinking introverts sangat introspektif dan lebih berperasaan daripada orang kebanyakan (Grimes dkk, 2011). Orang lain mungkin akan sulit untuk bisa kenal lebih dalam dengan orang-orang thinking introvert karena mereka memiliki proses berpikir yang unik dan lebih suka berdiskusi dengan pikirannya sendiri dibanding meluangkan waktu dan energi untuk menjelaskan pemikirannya kepada orang lain.

Anxious Introvert
Orang-orang anxious introvert menginginkan kesendirian bahkan ketika sedang berkumpul dengan teman-teman dekat mereka (Cheek, 2014). Mereka kurang nyaman dalam situasi sosial yang baru atau ramai maupun situasi yang membuat dirinya diperhatikan di depan umum (Grimes dkk, 2011). Orang anxious introvert akan terlalu memikirkan hal-hal yang bisa terjadi maupun tidak tentang dirinya ketika akan datang ke tempat baru. Dalam kasus ekstrem, adanya keengganan dalam menghadapi situasi sosial ini dapat berkembang menjadi kecemasan sosial.

Restrained Introvert
Orang restrained introvert adalah seseorang yang bijaksana dan tidak menyukai perubahan (Cheek dkk, 2014). Mereka akan tidak nyaman jika merasa terburu-buru harus menghadiri berbagai macam situasi khususnya situasi sosial. Orang-orang ini akan mau pergi keluar jika sudah direncanakan jauh-jauh hari tetapi mereka tetap lebih suka bersantai sendiri seperti menonton acara tv favorit, membaca buku, atau melakukan yoga. Mereka juga memiliki kenyamanan dalam rutinitas pribadi mereka.

Nah, apakah kamu seorang introvert? Jika Anda seorang introvert, manakah dari keempat tipe di atas yang kira-kira sesuai dengan Anda? Dengan mengetahui tipe kepribadian diri Anda sendiri akan  membantu diri Anda untuk mengkomunikasikan kebutuhan diri Anda terhadap orang-orang dengan tipe kepribadian yang berbeda. Hal tersebut dapat memperkuat hubungan interpersonal Anda dengan orang lain.

Apakah Anda seorang introvert yang merasa kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang lain? Jangan khawatir, segera konsultasikan kepada ahlinya via aplikasi d’Fun Station. Para profesional terpercaya siap membantu Anda. Download aplikasinya di Playstore sekarang!

Referensi:
Carley. (2020). The 4 Types of Introverts – Which One Are You?. Psych2Go. [online] https://psych2go.net/the-4-types-of-introverts-which-one-are-you/
Cheek, J.M., Brown, C.A., & Grimes, J.O. (2014). Personality scales for four domains of introversion: Social, Thinking, Anxious, and Restrained Introversion. Preliminary Research Manual, Department of Psychology, Wellesley College, Wellesley MA. [online] https://www.academia.edu/7353616/Four_Meanings_of_Introversion_Social_Thinking_Anxious_and_Inhibited_Introversion.
Grimes, J.O., Cheek, J.M., & Norem, J.K. (2011). Four meanings of introversion: Social, thinking, anxious, and inhibited introversion. Presented at the annual meeting of the Society for Personality and Social Psychology, San Antonio, TX. [online]  https://www.academia.edu/7353616/Four_Meanings_of_Introversion_Social_Thinking_Anxious_and_Inhibited_Introversion.
Tags
#psikolog #kepribadian #relationship #introvert #ekstrovert
Bagikan Artikel
Komentar popoler
Belum ada komentar
Artikel Populer
Sikap yang Harus Dikembangkan pada Remaja
Sikap yang Harus Dikembangkan pada Remaja
50.000 Views

MANFAAT MENANYAKAN KABAR DAN VALIDASI EMOSI ANAK DI SETIAP HARINYA
MANFAAT MENANYAKAN KABAR DAN VALIDASI EMOSI ANAK DI SETIAP HARINYA
35.389 Views

Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik Anak (Bag. 1)
Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik Anak (Bag. 1)
28.187 Views

Pentingnya Kelekatan (Attachment) Antara Anak & Orang Tua
Pentingnya Kelekatan (Attachment) Antara Anak & Orang Tua
21.444 Views

Orang Tua Sebaiknya Baca Kisah tentang Ungkapan Jujur Seorang Anak ini. Kisah yang Bisa Menjadi Renungan Kita dalam Mendidik Anak
Orang Tua Sebaiknya Baca Kisah tentang Ungkapan Jujur Seorang Anak ini. Kisah yang Bisa Menjadi Renungan Kita dalam Mendidik Anak
14.903 Views

Dampak Positif Media Sosial pada Anak dan Remaja
Dampak Positif Media Sosial pada Anak dan Remaja
14.262 Views

6 Emosi Dasar Manusia
6 Emosi Dasar Manusia
13.792 Views

Peran Keluarga Mengatasi Kenakalan Remaja
Peran Keluarga Mengatasi Kenakalan Remaja
13.218 Views

Seperti Apa Feminisme di Zaman Sekarang?
Seperti Apa Feminisme di Zaman Sekarang?
12.824 Views

Shoebill, Burung yang Tak Suka Terbang dan Suka Menyendiri
Shoebill, Burung yang Tak Suka Terbang dan Suka Menyendiri
12.351 Views