BLOG
DAN
ARTIKEL

Gaslighting Dalam Hubungan, No Way!
image : Illustration by google
Gaslighting Dalam Hubungan, No Way!
Oleh Maya Dwiayuningtiyas, M.Psi., Psikolog | Kamis, 22 April 2021 11:32 WIB | 2.284 Views
Disunting Oleh : Brenda Carqua
Pernahkah Anda dibuat merasakan bahwa hal-hal yang Anda yakini benar ternyata hanyalah permainan pikiran Anda? Jika hal ini terdengar asing, Anda mungkin menjadi korban gaslighting. Istilah Gaslighting diambil dari film Gaslight yang dirilis pada tahun 1944 yang menceritakan tentang seorang suami yang mencoba meyakinkan istrinya bahwa dia tidak waras dengan cara membuatnya mempertanyakan dirinya dan realitasnya.

Apa itu Gaslighting?
Gaslighting adalah tindakan memanipulasi seseorang menggunakan upaya psikologis untuk membuat mereka mempertanyakan kewarasan diri mereka sendiri. Ini merupakan bentuk pelecehan emosional yang parah dan sering membuat mereka mempertanyakan ingatan, pikiran, atau peristiwa yang telah terjadi pada diri mereka sendiri. Jika perilaku tersebut tidak dihentikan, hal ini dapat mengakibatkan korban meragukan dan kehilangan jati diri serta harga diri mereka.

Gaslighting dapat terjadi dalam semua jenis hubungan, baik pribadi maupun profesional. Ini merupakan teknik umum yang digunakan oleh pasangan intim atau seseorang yang mencoba mengendalikan suatu kelompok besar seperti pemimpin suatu aliran. Pelecehan emosional gaslighting ini bisa terjadi dalam berbagai bentuk dan bisa terjadi pada siapa saja tanpa memandang ras, jenis kelamin, agama, atau orientasi seksual. Pelecehan emosional bisa dilakukan secara fisik, mental, seksual, finansial maupun secara emosional itu sendiri. Beberapa contoh pelecehan emosional yang terjadi seperti diteriaki, dipukul, diancam, atau terus-menerus dicaci-maki. Bentuk contoh pelecehan emosional yang lebih jelas yaitu seperti halnya memanfaatkan hubungan seks atau menahan uang seseorang. Gaslighting merupakan suatu hal yang tidak mudah dideteksi. Faktanya, para korban seringkali merasa kewalahan oleh perbuatan pelaku serta muncul keraguan terhadap diri sendiri sehingga butuh waktu lama untuk menyadari tentang apa yang telah terjadi dan mendapatkan bantuan.

Tanda-tanda Gaslighting
Penolakan untuk membingungkan Anda
Gaslighter (pelaku gaslighting) akan menyangkal bahwa ia mengatakan sesuatu, meskipun ada bukti kebohongannya. Gaslighter akan menyangkal kenyataan dari suatu situasi dan mencoba membuat korban merasa seolah-olah ia yang membayangkan segalanya.

Kebohongan tentang Anda
Gaslighter akan berbohong dan bertindak terkejut jika Anda mengonfrontasinya dengan kebenaran. Seseorang yang menjadi korban gaslight umumnya tidak pandai menipu, tetapi kebohongan yang dilakukan gaslighter dengan berapi-api seperti itu bisa membuat Anda mempertanyakan mengapa Anda pernah meragukannya.

Tindakan berbicara lebih keras daripada kata-kata
Jika Anda terlibat dengan seseorang yang mencoba menyindir Anda, perhatikan apa yang dia lakukan, bukan apa yang dia katakan. Ia biasanya menggunakan kata-kata untuk memutarbalikkan kebenaran dan membuat Anda mempertanyakan kewarasan Anda sendiri. Amati tindakannya dan percayalah pada insting Anda.

Pujian atau penghargaan palsu
Seseorang yang mengejek orang lain akan sering menggunakan pujian atau tindakan penghargaan palsu yang membuat Anda bertanya-tanya apakah mereka benar-benar kasar atau apakah Anda salah paham. Kebiasaan seperti ini biasanya hanyalah upaya untuk membuat Anda kehilangan keseimbangan secara emosional.

Proyeksi
Proyeksi merupakan tindakan menuduh orang lain atas kekurangan atau kesalahan Anda sendiri. Misalnya, jika gaslighter selingkuh dalam suatu hubungan, mereka mungkin menuduh Anda tidak setia. Ini adalah taktik yang sering digunakan para gaslighter untuk mengalihkan fokus dari dirinya sendiri dan perilaku buruknya.

Manipulasi
Gaslighter biasanya merupakan seorang manipulator ulung. Salah satu cara yang gaslighter lakukan ialah mencoba memanipulasi korban dengan menggunakan teman atau orang yang dicintainya untuk melawan dirinya. Misalnya, gaslighter mungkin memberi tahu Anda mengenai hal-hal yang membuat Anda berpikir bahwa orang lain tidak terlalu peduli pada Anda seperti, “Mereka tidak peduli dengan Anda. Jika ya, bukankah menurutmu mereka akan lebih sering datang?” Pernyataan semacam ini sering kali cukup untuk membuat korban mengisolasi diri dari orang lain. Ini memberi gaslighter kendali lebih besar lagi atas kehidupan korban.

Apakah Anda merasa bahwa diri Anda atau teman Anda telah menjadi korban gaslighting? Jika ya, jangan ragu untuk segera konsultasikan kepada ahlinya via aplikasi d’Fun Station. Para ahli di d’Fun Station apps selalu siap sedia untuk membantu Anda mencari solusi terbaik dalam hidup Anda. Download aplikasinya segera di smartphone Anda!

Referensi :
Sarkis, Stephani. (2018). Gaslighting: Recognize Manipulative and Emotionally Abusive People. New York : Da Capo Press.
Dean, Mary Elizabeth. (2021). What Is Gaslighting? A Sneaky Kind Of Emotional Abuse. Betterhelp [online] https://www.betterhelp.com/advice/relations/gaslighting-a-sneaky-kind-of-emotional-abuse
Ni, Preston. (2017). 7 Stages of Gaslighting in a Relationship. Psychology Today [online] https://www.psychologytoday.com/us/blog/communication-success/201704/7-stages-gaslighting-in-relationship
Tags
#psikolog #kepribadian #relationship
Bagikan Artikel
Komentar popoler
Belum ada komentar
Artikel Populer
Sikap yang Harus Dikembangkan pada Remaja
Sikap yang Harus Dikembangkan pada Remaja
49.998 Views

MANFAAT MENANYAKAN KABAR DAN VALIDASI EMOSI ANAK DI SETIAP HARINYA
MANFAAT MENANYAKAN KABAR DAN VALIDASI EMOSI ANAK DI SETIAP HARINYA
35.389 Views

Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik Anak (Bag. 1)
Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik Anak (Bag. 1)
28.185 Views

Pentingnya Kelekatan (Attachment) Antara Anak & Orang Tua
Pentingnya Kelekatan (Attachment) Antara Anak & Orang Tua
21.442 Views

Orang Tua Sebaiknya Baca Kisah tentang Ungkapan Jujur Seorang Anak ini. Kisah yang Bisa Menjadi Renungan Kita dalam Mendidik Anak
Orang Tua Sebaiknya Baca Kisah tentang Ungkapan Jujur Seorang Anak ini. Kisah yang Bisa Menjadi Renungan Kita dalam Mendidik Anak
14.901 Views

Dampak Positif Media Sosial pada Anak dan Remaja
Dampak Positif Media Sosial pada Anak dan Remaja
14.260 Views

6 Emosi Dasar Manusia
6 Emosi Dasar Manusia
13.791 Views

Peran Keluarga Mengatasi Kenakalan Remaja
Peran Keluarga Mengatasi Kenakalan Remaja
13.216 Views

Seperti Apa Feminisme di Zaman Sekarang?
Seperti Apa Feminisme di Zaman Sekarang?
12.820 Views

Shoebill, Burung yang Tak Suka Terbang dan Suka Menyendiri
Shoebill, Burung yang Tak Suka Terbang dan Suka Menyendiri
12.350 Views