Umum
 
Semua BlogPengetahuan AnakDunia AnakKesehatan AnakPola Asuh AnakKisah dan CeritaPsikologiEdukasiUmum

Fungsi dan Interaksi Alam dengan Manusia
Fungsi dan Interaksi Alam dengan Manusia

Sadarkah Anda bahwa alam merupakan pahlawan bagi manusia. Segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk bertahan hidup disediakan oleh alam mulai dari makanan, air, obat, hingga tempat tinggal. Alam juga telah menyediakan ekosistem kehidupan yang merupakan hubungan timbal balik yang tidak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Manusia akan kesulitan untuk hidup jika alam berhenti membantu kebutuhan hidup manusia.

Saat ini manusia cenderung lupa dengan alam yang selalu memberikan kebutuhan hidup manusia. Manusia terbiasa dengan kenyamanan yang diberikan sehingga tidak sadar bahwa alam terus memenuhi kebutuhan manusia bahkan ketika bagian dari alam sudah berkurang sedikit demi sedikit. Kita perlu ingat apa yang sudah alam berikan kepada manusia untuk bertahan hidup. Berikut ini merupakan beberapa fungsi alam dan interaksi yang terjalin dengan manusia :

Fungsi Regulasi
Fungsi ini berkaitan dengan kapasitas ekosistem alam untuk mengatur proses ekologis yang esensial guna menunjang sistem kehidupan dan mempertahankan kesehatan lingkungan. Alam memberikan lingkungan hidup yang di dalamnya terdapat unsur-unsur yang saling berkaitan satu sama lain seperti ketersediaan udara untuk pernafasan; ketersediaan sinar matahari sebagai sumber cahaya; ketersediaan air untuk minum, mandi, irigasi, dan lainnya; ketersediaan hewan dan tumbuhan untuk kebutuhan makanan hingga pakaian; ketersediaan lahan untuk mendirikan sarana dan prasarana kehidupan seperti tempat tinggal, sekolah, tempat hiburan, dan lainnya.

Fungsi Carrier
Fungsi ini berkaitan dengan penyediaan ruang dan bahan yang sesuai dengan aktivitas manusia, seperti rekreasi dan bercocok tanam.
Manusia tidak hanya membutuhkan makanan, pakaian, dan tempat tinggal saja tetapi mereka juga membutuhkan hiburan untuk menghindari perasaan jenuh dan stres. Alam menyediakan kebutuhan sarana tersebut seperti gunung-gunung, danau, taman, laut dan tempat lainnya yang dapat memberikan sarana hiburan untuk manusia.

Fungsi Produksi
Fungsi ini menyediakan berbagai sumber daya dari mulai pangan, bahan mentah untuk industri, dan energi.
Kekayaan alam seperti keberadaan tambang emas, perak, nikel, minyak bumi, dan lainnya merupakan contoh dari sumber utama pendapatan manusia. Barang-barang tambang tersebut nantinya dapat diolah menjadi berbagai jenis produk seperti perhiasan, bahan bakar, dan lainnya. Selain itu, ketersediaan hewan dan tumbuhan juga ikut mendukung perekonomian manusia seperti peternakan, perkebunan, pertanian, dan lainnya.

Fungsi Informasi
Fungsi ini berkaitan dengan kontribusi alam kepada manusia untuk kesehatan mental dengan menyediakan kesempatan untuk refleksi, pencerahan spiritual, pembangunan kognitif, dan pengalaman estetika. Keberadaan sarana pembelajaran atau pendidikan sebagian besar mempelajari tentang keberadaan alam dan kehidupan. Hal tersebut dilakukan untuk menambah wawasan hidup manusia. Selain itu juga keberadaan alam seperti gunung-gunung, taman-taman, dan lainnya memiliki keuntungan dalam hal karya seni seperti lukisan, membangun kesehatan mental dan fisik dengan berada di lingkungan alami, hingga kebersyukuran individu dengan Tuhan atas keberadaan alam yang indah.

Alam selalu menyediakan kebutuhan kepada manusia agar mereka dapat bertahan hidup. Perlu kita sadari bahwa alam merupakan pahlawan yang membuat manusia dan makhluk hidup lainnya bisa bertahan hidup dengan baik hingga saat ini. Maka tidak ada salahnya untuk kita bisa menjaga alam yang merupakan pahlawan bagi diri kita untuk bisa bertahan hidup.

Jika Anda memiliki kekhawatiran atau ketakutan berlebih saat memikirkan kondisi alam yang semakin parah akhir-akhir ini hingga hal ini mempengaruhi bahkan mengganggu kehidupan Anda, segera konsultasikan masalah ini kepada  ahlinya via aplikasi d’Fun Station yang dapat Anda unduh langsung di playstore.

Referensi:
Hance, Jeremy. (2011). What does Nature give us? A special Earth Day article. Mongabay. [online] https://news.mongabay.com/2011/04/what-does-nature-give-us-a-special-earth-day-article/#:~:text=Everything%20humans%20have%20needed%20to,such%20as%20climate%20and%20nutrients.
Redaksi Ilmu Geografi. (2020). 6 Fungsi Lingkungan Hidup Bagi Manusia. Ilmu Geografi. [online] https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/fungsi-lingkungan-hidup-bagi-manusia





Berikan Komentar Via Facebook

Umum Lainnya
Ayah, Sang Pahlawan Keluarga

Ayah, Sang Pahlawan Keluarga
Jum'at, 13 November 2020 09:27 WIB
Pahlawan bisa ditujukan untuk siapa saja yang kita rasa pantas untuk disebut sebagai pahlawan
Hal Kecil yang Ternyata Berarti Besar untukĀ  si Kecil

Hal Kecil yang Ternyata Berarti Besar untukĀ  si Kecil
Sabtu, 06 Juli 2019 10:45 WIB
Tidak sedikit orangtua yang beranggapan bahwa anak yang sudah dilengkapi segala kebutuhannya maka itu sudah cukup baginya
Apakah Bayi Bisa Merasakan Emosi?

Apakah Bayi Bisa Merasakan Emosi?
Jum'at, 06 September 2019 04:35 WIB
Ketika bayi lahir ia sudah bisa merasakan beberapa ekspresi emosi seperti senang, sedih, takut, dan kaget
Perosotan, Ayunan, Mandi Bola, Stepping, dan Balok Keseimbangan Ada Manfaatnya Lho!

Perosotan, Ayunan, Mandi Bola, Stepping, dan Balok Keseimbangan Ada Manfaatnya Lho!
Selasa, 16 April 2019 12:21 WIB
Mainan yang cocok bagi balita seperti perosotan, ayunan, mandi bola, dan balok keseimbangan ternyata ada manfaatnya lho! Yuk intip satu-satu