BLOG
DAN
ARTIKEL

Kontribusi Generasi Muda untuk Bangsa
image : Illustration by google
Kontribusi Generasi Muda untuk Bangsa
Oleh Asmi Ayuni, S.Psi. | Selasa, 10 November 2020 10:46 WIB | 12.190 Views
Disunting Oleh : Brenda Carqua
Apakah Anda sudah tahu istilah generasi untuk anak muda zaman sekarang? Ya, mereka adalah generasi milenial dan generasi Z. Dua generasi ini berbeda dari segi rentang kategori usia, namun mereka memiliki kesamaan yaitu lahir di saat teknologi berkembang dan sudah terbiasa digunakan.

Generasi milenial lahir pada tahun 1981 – 1995, mereka tumbuh dan lahir di awal-awal berkembangnya teknologi. Sedangkan generasi Z lahir pada tahun 1996 – 2010, mereka tumbuh dan lahir saat teknologi sudah semakin maju. Kedua generasi ini sama-sama lahir di arus globalisasi yang sedang berkembang cepat sehingga membuat mereka mudah untuk beradaptasi dengan teknologi dan informasi yang mendunia.

Penggunaan teknologi saat ini sudah menjadi gaya hidup bagi para generasi muda. Kondisi yang mana semuanya sudah serba menggunakan teknologi telah menjadi tantangan tersendiri bagi generasi muda untuk bisa menjadi pemimpin dan penerus bangsa. Tantangan yang dihadapi generasi muda pun bervariasi. Mulai dari derasnya arus informasi, daya saing tenaga kerja yang ketat, hingga kemajuan teknologi yang bisa menggantikan manusia.

Sebagai generasi muda kita perlu untuk menghadapi tantangan arus global sehingga dapat melanjutkan semangat mimpi para pahlawan dalam memajukan dan menjaga persatuan Indonesia. Berikut kontribusi yang bisa kita lakukan sebagai generasi muda untuk Indonesia:
  1. Meningkatkan Literasi
Berdasarkan riset World’s Most Literate Nations Ranked yang dilakukan Central Connecticut State University pada tahun 2016, Indonesia menduduki peringkat ke 60 dari 61 negara. Padahal, dari segi infrastruktur untuk membaca, peringkat Indonesia di atas negara-negara Eropa. Apalagi saat ini kita sudah dimudahkan untuk mengakses buku secara online. Membiasakan membaca akan membuat wawasan kita semakin bertambah dan merangsang kemampuan verbal serta kreativitas. Kita bisa memulai dari buku sederhana seperti novel dengan genre kesukaan kita.
  1. Mendukung Produk Lokal
Tidak perlu merasa keren dengan menggunakan produk luar negeri. Produk lokal juga memiliki kualitas yang tidak jauh beda bahkan lebih bagus. Kita bisa mulai dari membeli dan menggunakan produk-produk yang dibuat oleh usaha kecil menengah (UKM). Dengan menggunakan produk lokal, secara perlahan kita juga membantu mendongkrak nilai mata uang Rupiah lho.
  1. Menjadi Pengguna Internet dan Sosial Media yang Baik
Akses internet yang sangat mudah membuat informasi yang kita dapatkan terkadang berdampak positif maupun negatif. Kita sebagai generasi penerus bangsa perlu menggunakan media social secara bijak, seperti menghindari hate speech dan bullying secara online. Informasi hoax juga perlu untuk kita hadapi dengan bersikap kritis dan jangan terlalu mudah percaya dengan berita yang belum tentu benar sumber dan datanya.
  1. Berkontribusi Memajukan Indonesia dengan Menjadi Volunteer
Sebagai anak generasi muda yang terbiasa aktif menggunakan gadget maupun sosial media, kita perlu untuk peduli dengan lingkungan real di sekitar kita. Kita bisa mulai bergabung dengan karang taruna, organisasi keagamaan, atau kegiatan kelompok positif lainnya. Kegiatan kecil seperti bersih-bersih kampung juga bisa kita lakukan bersama dengan tetangga kita.
  1. Berprestasi di Kancah Internasional
Berprestasi di kancah internasional tidak hanya membanggakan diri, namun juga dapat mengangkat nama Indonesia secara mendunia. Telah banyak contoh anak Indonesia yang mengharumkan bangsa di kancah internasional dari mulai di bidang olahraga, seni, hingga teknologi. Maka dari itu, kita bisa memulai mengasah keterampilan yang kita suka untuk dapat berprestasi sebagai anak bangsa yang membanggakan negaranya.
Sebagai generasi muda yang hidupnya penuh dengan tantangan, melakukan hal-hal yang bisa memberikan kontribusi bagi bangsa memang bukanlah hal yang mudah apalagi jika kita tidak terbiasa. Jika dalam prosesnya Anda merasa tertekan, jangan panik. Segera download aplikasi d’ Fun Station di smartphone Anda dan konsultasikan langsung permasalahan ini dengan ahlinya.
 
Referensi:
Hazmi, Adli. (2018). 6 Cara Kita Berkontribusi untuk Bangsa. Good News form Indonesia. [online] https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/01/24/gimana-cara-anak-muda-berkontribusi-untuk-bangsa
https://kejarmimpi.id/5-kontribusi-generasi-muda-yang-bisa-mewujudkan-mimpi-indonesia.html
Serenata. (2019). Apa Itu Generasi Milenial dan Perbedaannya dengan Generasi X dan Z?. Quipper. [online] https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/generasi-milenial-x-dan-z/
Tags
#generasi muda #pahlawan
Bagikan Artikel
Komentar popoler
Belum ada komentar
Artikel Populer
Sikap yang Harus Dikembangkan pada Remaja
Sikap yang Harus Dikembangkan pada Remaja
50.053 Views

MANFAAT MENANYAKAN KABAR DAN VALIDASI EMOSI ANAK DI SETIAP HARINYA
MANFAAT MENANYAKAN KABAR DAN VALIDASI EMOSI ANAK DI SETIAP HARINYA
35.391 Views

Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik Anak (Bag. 1)
Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik Anak (Bag. 1)
28.191 Views

Pentingnya Kelekatan (Attachment) Antara Anak & Orang Tua
Pentingnya Kelekatan (Attachment) Antara Anak & Orang Tua
21.471 Views

Orang Tua Sebaiknya Baca Kisah tentang Ungkapan Jujur Seorang Anak ini. Kisah yang Bisa Menjadi Renungan Kita dalam Mendidik Anak
Orang Tua Sebaiknya Baca Kisah tentang Ungkapan Jujur Seorang Anak ini. Kisah yang Bisa Menjadi Renungan Kita dalam Mendidik Anak
14.906 Views

Dampak Positif Media Sosial pada Anak dan Remaja
Dampak Positif Media Sosial pada Anak dan Remaja
14.277 Views

6 Emosi Dasar Manusia
6 Emosi Dasar Manusia
13.801 Views

Peran Keluarga Mengatasi Kenakalan Remaja
Peran Keluarga Mengatasi Kenakalan Remaja
13.244 Views

Seperti Apa Feminisme di Zaman Sekarang?
Seperti Apa Feminisme di Zaman Sekarang?
12.848 Views

Shoebill, Burung yang Tak Suka Terbang dan Suka Menyendiri
Shoebill, Burung yang Tak Suka Terbang dan Suka Menyendiri
12.361 Views