Umum
 
Semua BlogPengetahuan AnakDunia AnakKesehatan AnakPola Asuh AnakKisah dan CeritaPsikologiEdukasiUmum

Cinta dan Benci: Emosi yang Hampir Sama
image: freepik.com
Cinta dan Benci: Emosi yang Hampir Sama

Pernah merasakan cinta dan benci? Cinta dan benci merupakan emosi yang sama-sama ditujukan kepada orang lain. Padahal yang biasa kita ketahui, kedua emosi tersebut sangat berbeda. Ketika kita mencintai seseorang, kita ingin mereka berkembang dan ketika kita membenci seseorang, kita cenderung berharap mereka menderita atau setidaknya sifat  mereka berubah. Kedua emosi tersebut tak hanya memiliki sifat yang berbeda namun memiliki kesamaan. Seperti apa ya maksudnya? Simak penjelasan lebih lanjut di bawah ini.

Cinta
Cinta adalah sekumpulan emosi dan perilaku yang ditandai dengan keintiman, gairah, dan komitmen. Bentuk emosi ini melibatkan perhatian, kedekatan, perlindungan, ketertarikan, kasih sayang, dan kepercayaan. Secara ilmiah, cinta memicu neutransmiter dan zat kimia otak yang membuat kita merasa baik. Namun, cinta juga bisa membawa kita ke titik ekstrim atau negatif. Hal tersebut dikenal dengan cinta obsesif. Contoh dari cinta obsesif adalah stalking (menguntit) yang biasanya dijadikan dasar dari mencintai orang lain, namun jika berlebihan dapat menyakiti bahkan menghancurkan hidup orang tersebut.

Benci
Benci merupakan sebuah emosi yang memisahkan diri kita dengan orang lain. Perasaan ini merupakan bagian dari emosi yang lebih intens dan negatif dari rasa tidak suka ataupun jijik. Ketika kita merasakan benci, hal tersebut membantu kita untuk membedakan antara teman dan musuh. Namun kebencian juga dapat membuat perilaku destruktif atau merusak, dari mulai berbicara buruk tentang seseorang hingga menyakiti secara fisik.

Persamaan Cinta dan Benci
Cinta dan benci memiliki keterikatan yang erat di dalam otak manusia. Kedua emosi ini memiliki sirkuit saraf otak yang sama ketika merasakan cinta romantis dan kebencian. Sirkuit kebencian mencakup bagian otak yang disebut putamen dan insula, yang ditemukan di organ sub-korteks. Putamen aktif ketika munculnya persepsi menghina dan jijik yang merupakan bagian dari emosi benci. Begitu pun dengan emosi cinta romantis, putamen dan insula juga diaktifkan ketika muncul emosi tersebut.
Salah satu perbedaan utama dari cinta dan benci terletak pada cerebral cortex yang berkaitan dengan penilaian dan penalaran. Sama seperti cinta, rasa benci bisa menguasai hasrat seseorang. Perbedaannya, ketika rasa cinta muncul biasanya seseorang kurang kritis dan kurang mudah memberikan judge terhadap orang-orang yang dicintainya. Ketika seseorang mengalami rasa benci, hak ini memungkinkan mereka untuk melakukan penilaian dan memperhatikan gerakan-gerakan untuk menyakiti, melukai, atau bahkan balas dendam.

Cinta dan benci dapat membuat kita berperilaku rasional dan tidak rasional. Baik cinta dan benci memiliki aspek positif dan negatif tersendiri apalagi jika dirasakan terlalu berlebihan. Kunci utama yang perlu diperhatikan ketika merasakan cinta dan benci adalah dengan menyadari sebab dan akibat dari masing-masing emosi.
Jujurlah dengan setiap tingkat cinta dan benci yang sedang dialami. Ekspresikan emosi kita kepada seseorang yang kita percaya dan dapat memberikan masukan yang rasional. Rangkul sisi positif dari cinta dan benci dan singkirkan sisi negatifnya.
Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mengatasi cinta dan benci yang terlalu negatif, segera datangi orang terdekat yang dipercaya ataupun cari bantuan profesional via aplikasi d’Fun Station yang bisa Anda download langsung di Playstore. Jangan takut untuk mencari bantuan untuk mengatasi emosi penting ini ya!

Referensi:
Connor, Steve. (2008). Scientists prove it really is a thin line between love and hate. Independent. https://www.independent.co.uk/news/science/scientists-prove-it-really-thin-line-between-love-and-hate-976901.html
Cherry, Kendra. (2020). What Is Love?. Verry Well Mind. https://www.verywellmind.com/what-is-love-2795343





Berikan Komentar Via Facebook

Umum Lainnya
Kenapa Anak Sering Berteriak ?

Kenapa Anak Sering Berteriak ?
Kamis, 01 Agustus 2019 10:29 WIB
Kenapa anak selalu berteriak ? Jangan stres dulu, ya! Karena pasti ada penyebabnya kenapa anak selalu berteriak.
Tips menghormati perempuan yang bisa diajarkan kepada anak laki-laki sejak dini

Tips menghormati perempuan yang bisa diajarkan kepada anak laki-laki sejak dini
Rabu, 24 Juli 2019 10:11 WIB
Peran orangtua sangat dibutuhkan untuk membentuk karakter dan kepribadian anak. Termasuk anak laki-laki yang perlu diajarkan menghormati anak perempuan seusianya
Mengapa si Kecil Menjadi Anak Pemalu?

Mengapa si Kecil Menjadi Anak Pemalu?
Jum'at, 21 Juni 2019 13:41 WIB
Apakah si kecil suka menangis ketika didekati orang lain atau seringkali diam saat dibawa ke lingkungan baru dan bahkan menolak
Apakah Bayi Bisa Merasakan Emosi?

Apakah Bayi Bisa Merasakan Emosi?
Jum'at, 06 September 2019 04:35 WIB
Ketika bayi lahir ia sudah bisa merasakan beberapa ekspresi emosi seperti senang, sedih, takut, dan kaget