Dunia Anak
 
Semua BlogPengetahuan AnakDunia AnakKesehatan AnakPola Asuh AnakKisah dan Cerita

Mengapa Bermain itu Penting?

Mengapa Bermain itu Penting?

Bermain tidak hanya memberikan kesenangan kepada anak lho parents! Bermain dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk belajar menunggu, belajar menerima kemenangan dan kekalahan, belajar untuk mengembangkan kemampuan berkonsentrasi, serta mempertahankan atensi. Bermain juga dapat melatih anak melakukan negosiasi, yang mana hal ini akan bermanfaat saat si kecil berinteraksi dengan teman maupun anggota keluarga yang lain. Selain itu, bermain juga dapat membantu anak untuk belajar mengekspresikan perasaan.
Kegiatan bermain bersama antara orang tua dan anak akan melatih si kecil untuk dapat duduk tenang, mendengarkan cerita dan melakukan percakapan, serta menghargai pendapat orang lain. Selama bermain sebaiknya orang tua dapat menunjukkan ketertarikan kepada si kecil sehingga hal ini dapat memberikan dampak positif pada perkembangan self esteem si kecil.
Berikut beberapa jenis permainan yang dapat dilakukan bersama dengan anak :

  • Permainan menggunakan media kertas dan alat tulis, seperti melukis, menggambar dengan menggunakan pensil warna atau crayon.
  • Board games, seperti ular tangga, ludo, monopoli, dan lain-lain.
  • Melakukan hobi, seperti bermain sepak bola, berenang, dan lain-lain.
  • Kegiatan art and craft, seperti menggunting bentuk, membuat prakarya dengan menggunakan lem, membuat kartu ucapan
  • Bermain peran, seperti bermain mobil-mobilan atau boneka, berjualan, bersekolah, melakukan pekerjaan di rumah, memasak, dokter dan perawat.
  • Bermain lego atau membangun suatu bangunan dengan menggunakan balok.
  • Membaca buku, mendengarkan musik atau bernyanyi, membaca puisi
Adapun manfaat lain yang akan didapatkan dalam kegiatan bermain adalah anak akan belajar mengenai keterampilan sosial, seperti mendengarkan, berbicara, komunikasi, mengartikan suatu hal, negosiasi, menunggu giliran, berbagi, bersikap kooperatif, menjalin pertemanan, dan menyelesaikan konflik. Kreativitas, kebebasan berekspresi, dan kemampuan berkomunikasi pada diri anak juga akan terlatih melalui kegiatan bermain. Hubungan orang tua dan anak juga akan semakin erat bila rutin melakukan kegiatan bermain bersama.

Di artikel selanjutnya, kita akan bahas mengenai langkah bermain untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus si kecil Langkah Bermain untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus si Kecil Jadi jangan sampai kelewatan ya Moms dan Dads!

Kalau Moms dan Dads masih kebingungan atau mau bertanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan anak, Moms dan Dads bisa juga konsultasi langsung dengan para psikolog yang ada di d’Fun Station





Berikan Komentar Via Facebook

Dunia Anak Lainnya
Peran Keluarga Mengatasi Kenakalan Remaja
Peran Keluarga Mengatasi Kenakalan Remaja
Rabu, 22 Januari 2020 10:55 WIB
Remaja merupakan fase dimana terdapat perubahan peran menjadi individu yang lebih dewasa
Perosotan, Ayunan, Mandi Bola, Stepping, dan Balok Keseimbangan Ada Manfaatnya Lho!
Perosotan, Ayunan, Mandi Bola, Stepping, dan Balok Keseimbangan Ada Manfaatnya Lho!
Selasa, 16 April 2019 12:21 WIB
Mainan yang cocok bagi balita seperti perosotan, ayunan, mandi bola, dan balok keseimbangan ternyata ada manfaatnya lho! Yuk intip satu-satu di bawah.
Bantu Anak Siap Hadapi Ujian
Bantu Anak Siap Hadapi Ujian
Kamis, 06 Desember 2018 12:33 WIB
Baik ulangan harian, ujian tengah semester, ujian akhir semester, tes akademik apa pun, atau ujian di tempat les, rentan membuat anak-anak mengalami kecemasan. Sebagian besar siswa merasa tertekan saat menghadapi tes akademik.
Tren Curhat Di Media Sosial Bagi Remaja
Tren Curhat Di Media Sosial Bagi Remaja
Kamis, 23 Januari 2020 14:46 WIB
Penggunaan media sosial merupakan aktivitas umum yang sering dijumpai pada remaja, sehingga tidak aneh remaja mudah mengutarakan curahan hatinya melalui media sosial