Dunia Anak
 
Semua BlogPengetahuan AnakDunia AnakKesehatan AnakPola Asuh AnakKisah dan Cerita

Langkah Bermain untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus si Kecil

Langkah Bermain untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus si Kecil

Moms dan Dads di artikel sebelumnya Mengapa Bermain itu Penting? kita sudah membahas mengenai pentingnya kegiatan bermain  Di artikel ini, kita akan bahas lebih lanjut mengenai petunjuk permainan yang dapat dilakukan orang tua bersama anak untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus pada si kecil. Yuk kita simak lebih lanjut!
Bermain untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus dapat dimulai sejak anak berada di jenjang pendidikan TK, hal ini karena anak yang berada di jenjang TK masih dalam tahap pembentukan konsentrasi sehingga biasanya mereka memiliki rentang konsentrasi yang singkat. Kegiatan bermain merupakan aktivitas penting bagi si kecil karena di jenjang TK, si kecil mengalami peningkatan minat untuk bermain. Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh orang tua sebelum bermain dengan anak adalah sebagai berikut:

  1. Mulailah dengan permainan yang sederhana yaitu permainan yang menggunakan peralatan di sekitar rumah.
  2. Berikan kesempatan kepada si kecil untuk memulai, misalnya dengan cara memberikan kesempatan kepadanya untuk memilih permainan yang akan dimainkan bersama.
  3. Jangan mengevaluasi permainan tanpa tujuan, jika permainan yang dipilih merupakan sesuatu yang anak senangi maka tunjukkan bahwa orang tua menghargai pilihannya.
  4. Usahakan agar permainan yang dipilih tidak memerlukan banyak waktu saat bermain.
  5. Biarkan si kecil membuat aturan sendiri saat bermain dan ikuti aturan yang telah ditetapkan oleh anak.
  6. Ikuti arahan atau kemauan anak, jangan memimpin permainan. Usahakan untuk tidak mengarahkan apa yang akan dilakukan atau mengambil alih permainan. Jangan banyak memberikan pertanyaan karena akan mengganggu konsentrasi anak, sehingga membuat anak tidak berkonsentrasi bermain melainkan ia akan sibuk memikirkan jawaban.
  7. Ketika sedang bermain berikan penjelasan apa yang sedang terjadi, dengan begitu maka kemampuan bahasa anak dan kemampuan dalam mengekspresikan diri akan meningkat.
  8. Berikan perhatian kepada anak saat kegiatan bermain berlangsung.
  9. Berikan komentar yang positif pada saat bermain dan tidak memberikan pendapat bahwa apa yang anak lakukan tidak tepat.
  10. Anak akan mampu mempertahankan perhatiannya saat bermain bila orang tua membuat anak tertarik pada permainan yang sedang dilakukan dan memberikan pujian serta dorongan kepada anak.
  11. Jika anak mengalami kesulitan saat bermain maka berikanlah bimbingan, tetapi usahakan agar tidak mengarahkannya terlalu banyak.
  12. Kemampuan anak dalam konsentrasi dan atensi akan meningkat bila orang tua secara konsisten memberikan pelatihan kepada anak selama 10 menit/hari.
Nah parents, ternyata tidak cukup sulit kan untuk membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus si kecil melalui permainan. Jikalau Moms dan Dads masih menemukan kesulitan untuk membantu si kecil meningkatkan konsentrasi dan fokusnya, Moms dan Dads dapat berkonsultasi langsung dengan ahlinya atau Moms dan Dads bisa datang langsung ke d’Fun Station untuk berkonsultasi dengan para ahli yang ada di sana.

Daftar Rujukan

Laver-Bradbury, C., Thompson, M., Weeks, A., Daley, D., & Sonuga-Barke, E. J. (2010). Step by Step Help for Children With ADHD. Philadelpia: Jessica Kingsley Publisher.
Santrock, John W. 2011. Child Development. New York ; Mc. Graw Hill, Inc.
 





Berikan Komentar Via Facebook

Dunia Anak Lainnya
Pentingnya Mengajak Anak Bermain Aktif
Pentingnya Mengajak Anak Bermain Aktif
Selasa, 14 Mei 2019 23:49 WIB
Supaya bisa tumbuh dan berkembang dengan lebih optimal, si Kecil membutuhkan waktu bermain aktif yang cukup.
Apa dan Mengapa Terjadi Sibling Rivalry? (1)
Apa dan Mengapa Terjadi Sibling Rivalry? (1)
Sabtu, 31 Agustus 2019 10:42 WIB
Moms apakah perilaku si kecil terlihat berubah setelah punya adik? Si kecil terlihat tidak mau berbagi dengan saudaranya?
Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik Anak (Bag. 1)
Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik Anak (Bag. 1)
Senin, 04 Februari 2019 07:33 WIB
Perkembangan fisik atau jasmani anak sangat berbeda satu sama lain, sekalipun anak-anak tersebut usianya relatif sama.
Cara Menerapkan Sistem Time Out
Cara Menerapkan Sistem Time Out
Jum'at, 01 November 2019 12:25 WIB
Time out merupakah salah satu cara yang dapat digunakan oleh orang tua untuk melatih anak mengontrol perilakunya. Biasanya digunakan saat anak menunjukan perilaku destruktif seperti memukul, menggigit, ataupun melempar barang.