Artikel
 
Semua ArtikelPerkembangan AnakDunia RemajaKehidupan DewasaKeluargaKesehatanPengetahuan Umum

Sikap yang Harus Dikembangkan pada Remaja
Sikap yang Harus Dikembangkan pada Remaja

Di artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai mengapa remaja melakukan curhat di media sosial dan dampak negatif yang akan diterima (tren curhat di medsos bagi remaja). Oleh karena itu di artikel kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai sikap-sikap yang harus dikembangkan pada diri remaja karena remaja merupakan generasi muda yang akan menghadapi tantangan di abad 21 dan teknologi yang berkembang semakin pesat.
Beberapa sikap yang harus ditanamkan atau dibentuk pada diri remaja adalah sebagai berikut:

1. Belajar memahami diri
Remaja belajar mengenal karakteristik dirinya sendiri yang meliputi aspek fisik, emosi, intelektual, dan sosial. Dengan memiliki pemahaman mengenai diri sendiri maka remaja akan mengetahui kekuatan dan kelemahan dirinya sehingga dapat membentuk konsep diri yang positif. Konsep diri ini merupakan dasar dalam mengembangkan kepercayaan diri yang meliputi kemampuan individu untuk melakukan tindakan dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Konsep diri dan kepercayaan diri merupakan dasar bagi remaja untuk menerima dan menghargai diri.
 
2. Memiliki sikap bertanggung jawab
Remaja diharapkan belajar memiliki kemauan untuk menerima akibat dari tindakan atau ucapan yang dilakukan. Sikap bertanggung jawab ini tidak hanya saat berelasi dengan orang lain tetapi juga pada diri sendiri.
 
3. Keberanian dan kemandirian moral
Sikap ini terkait dengan nilai yang dimiliki atau diyakini dalam menghadapi hidup yang mendasari segala tindakan yang dilakukan oleh remaja.
 
4. Bersikap jujur
Bersikap jujur terkait dengan sikap terbuka sehingga remaja berani untuk menampilkan diri sebagai dirinya sendiri sesuai dengan apa yang dimiliki dan kepribadiannya.
 
5. Bersikap realistik dan kritis
Remaja mampu melihat keadaan atau kehidupan dengan segala kenyataan. Dalam melihat kenyataan ini remaja diharapkan tidak mudah terpengaruh atau mengikuti sesuatu hal tanpa disertai sikap kritis. Dengan sikap kritis maka remaja diharapkan dapat menyeleksi dan mempertimbangkan hal-hal yang dapat diikuti maupun jangan diikuti. Selain itu pengendalian diri perlu dikembangkan agar dapat menolak sesuatu yang tidak sesuai dengan nilai-nilai.
Berdasarkan penjelasan tersebut maka perlu adanya pembinaan antara remaja dan lingkungan sosial, termasuk lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat. Oleh karena itu, sikap-sikap tersebut diharapkan dapat dikembangkan pada diri remaja agar dapat melakukan regulasi diri dan meminimalkan resiko terpapar dampak negatif dari penggunaan media sosial karena pengaruh atau tekanan dari teman.

Kalau parents masih kebingungan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengembangan sikap anak yang mulai beranjak remaja, Moms dan Dads dapat langsung datang ke d’Fun Station untuk berkonsultasi langsung dengan ahli yang ada di sana.

Daftar Rujukan

O’Keeffe, Gwenn Schurgin., Pearson, Kathleen Clarke. 2011. The Impact of Social Media on Children, Adolescents, and Families. Journal of the American Academy of Pediatrics 2011;127;800.
Juke R. Siregar. 2017. Perkembangan dan Pengasuhan Anak Hingga Remaja. Bandung : PT. Alumni.
Santrock, J. W. 2013. Life-span Development 14th ed. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

 





konsultasi Onsite

Telepon : 085725340688
Ruko Istana Pasteur Regency Blok CRA 51 Pasteur, Sukaraja, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40175


Berikan Komentar Via Facebook

Dunia Remaja Lainnya
Apa Bentuk Bahasa Cinta Anda dan Pasangan?

image: freepik

Apa Bentuk Bahasa Cinta Anda dan Pasangan?
Kamis, 01 Oktober 2020 09:37 WIB
Cinta merupakan hal yang penting untuk dimiliki setiap individu, namun cinta juga bisa menjadi suatu hal yang membingungkan
Cara Orangtua Mendampingi Anak Belajar di Rumah

Cara Orangtua Mendampingi Anak Belajar di Rumah
Senin, 06 April 2020 16:16 WIB
Melakukan penyesuaian belajar di sekolah ke rumah pasti memiliki tantangan tersendiri. Perpindahan yang terjadi menuntut penyesuaian bagi orang tua, anak,
Sehat Psikis, Kunci Menikmati Hidup Sebagai Lansia

image: freepik

Sehat Psikis, Kunci Menikmati Hidup Sebagai Lansia
Selasa, 29 September 2020 08:45 WIB
Masa lansia adalah masa perkembangan psikologis dan sosial terakhir dalam hidup manusia
Hindari Penggunaan Kata “Jangan” Untuk Anak-Anak

Hindari Penggunaan Kata “Jangan” Untuk Anak-Anak
Rabu, 13 Januari 2021 08:16 WIB
Mendidik anak merupakan proses yang berlangsung sepanjang rentang kehidupan, sehingga dalam prosesnya mungkin terkadang orang tua melakukan kesalahan atau mengucapkan