Pola Asuh Anak
 
Semua BlogPengetahuan AnakDunia AnakKesehatan AnakPola Asuh AnakKisah dan Cerita

Menerapkan Kedisiplinan pada Anak

Menerapkan Kedisiplinan pada Anak

Dalam menerapkan pola asuh kepada anak terdapat dua hal yang harus diperhatikan oleh orang tua yaitu memberikan kasih sayang dan kehangatan kepada anak serta menerapkan aturan atau standar perilaku. Hal pertama merujuk kepada adanya kehangatan yang diciptakan oleh orang tua pada hubungan yang terjalin antara orang tua dan anak. Hal kedua merujuk pada tingkat fleksibilitas dari tuntutan (harapan atau standar berperilaku) yang diberikan orang tua kepada anak.

Baumrind, salah satu tokoh psikologi menyatakan bahwa orang tua yang memberikan kasih sayang dan kehangatan kepada anak serta menerapkan aturan atau standar perilaku akan membentuk relasi yang sehat antara anak dengan orang tua. Oleh karena itu, kedua hal ini haruslah diterapkan secara seimbang. Bila orang tua hanya mengedepankan aturan atau ketegasan namun tidak memiliki kehangatan maka anak cenderung akan menjadi agresif, tidak kooperatif, takut akan hukuman, rendah inisiatif, rendah harga diri, maupun rendah keinginan untuk berkompetisi dengan teman sebayanya. Di sisi lain bila orang tua hanya mengedepankan kehangatan tanpa disertai dengan adanya aturan maka anak akan menjadi ketergantungan, tidak memiliki tanggung jawab, agresif, serta manja.

Berikut ini merupakan beberapa teknik yang dapat digunakan untuk menerapakan kedisiplinan pada anak: 
1.    Memberikan apresiasi pada setiap perilaku baik anak

Mengapresiasi perilaku baik merupakan salah satu teknik yang dapat diberikan untuk menerapkan disiplin kepada anak. Orang tua dapat menerapkan teknik ini sebelum memberikan punishment/hukuman, karena dengan memberikan apresiasi pada perilaku baik maka hal tersebut akan memberikan penguatan kepada anak untuk kembali mengulang perilaku yang sama. Saat menerapkan teknik ini orang tua memberikan penjelasan kepada anak mengenai dampak positif dari perilaku baik yang ia lakukan baik kepada diri maupun orang sekitar.
2.    Memberikan penjelasan mengenai perilaku yang kurang baik
Bila orang tua melihat anak melakukan suatu perilaku kurang baik, maka setelah anak melakukan hal tersebut orang tua dapat memberikan penjelasan mengenai perilaku kurang baik.
3.    Jauhkan anak dari lingkungan yang menguatkan perilaku negatif
Dalam menerapkan teknik yang ketiga, orang tua perlu melakukan diskusi terlebih dahulu dengan anak. Teknik ini dapat dilakukan bila anak menunjukan perilaku agresif di lingkungan saat bermain bersama teman, maka orang tua dapat menerapkan sistem time out sehingga anak belajar untuk mengontrol perilakunya. Cara untuk menerapkan sistem time out dapat dilihat pada artikel berikut (Cara Menerapkan Sistem Time Out)

Kalau Moms dan Dads masih mengalami kebingungan dengan cara menerapkan disiplin pada anak, parents bisa datang langsung ke d’Fun Station untuk berkonsultasi dengan ahli yang ada disana.

Daftar Rujukan 
Hall, Sharon T. 2008. Raising Kids in the 21st Century. West Sussex : Blackwell Publishing.
Wenar, Charles & Patricia Kerig. 2002. Developmental Psychopathology From Infancy Through Adolescence. New York ; Mc Graw Hill.

Source Gambar : BSGStudio all-free-download.com





Berikan Komentar Via Facebook

Pola Asuh Anak Lainnya
5 Hal sederhana yang membentuk karakter jujur pada anak
5 Hal sederhana yang membentuk karakter jujur pada anak
Jum'at, 19 Juli 2019 08:14 WIB
Ingin anak terbiasa untuk jujur?
Anak Sering Mengabaikan Perintah Orang Tua ?
Anak Sering Mengabaikan Perintah Orang Tua ?
Rabu, 10 Juli 2019 13:21 WIB
Anak-anak bisa sangat bandel jika dinasihati, diperintah atau diberi tahu tentang suatu hal
Orang Tua Sebaiknya Baca Kisah tentang Ungkapan Jujur Seorang Anak ini. Kisah yang Bisa Menjadi Renungan Kita dalam Mendidik Anak
Orang Tua Sebaiknya Baca Kisah tentang Ungkapan Jujur Seorang Anak ini. Kisah yang Bisa Menjadi Renungan Kita dalam Mendidik Anak
Sabtu, 23 Februari 2019 13:08 WIB
Kisah ini banyak beredar di social media. Terlepas kisah fiktif atau nyata dari cerita ini, tapi sangat bisa menjadi bahan renungan para orang tua.
Alasan Perkembangan Sosial Anak Lebih Penting daripada Nilai A
Alasan Perkembangan Sosial Anak Lebih Penting daripada Nilai A
Jum'at, 08 Maret 2019 13:44 WIB
Perkembangan sosial anak akan sangat membantu tumbuh kembang si kecil agar ia kelak menjadi pribadi yang bertanggung jawab.