Ragam Berita
 

Tips Mudik Nyaman Bersama Anak

Tips Mudik Nyaman Bersama Anak

Bayi dan anak kecil mudah rewel tiap kali merasa bosan atau tidak nyaman, terutama di perjalanan panjang yang memaksa mereka untuk duduk diam di mobil berjam-jam. Bukannya tiba di tujuan dengan senyum sumringah, Anda malah keburu stres dan kecapekan. Namun, jangan cemas dulu. Tips aman dan nyaman untuk mudik dengan anak di bawah ini bisa membantu Anda sekeluarga.

1. Periksa kondisi kendaraan dengan baik
Sebelum berangkat, bawa kendaraan Anda ke bengkel untuk pastikan kondisi fisik dan mesin mobil dalam keadaan sempurna. Kondisi kendaraan yang baik menjamin keselamatan Anda dan keluarga. Selain itu, kondisi mobil yang baik tentu juga membuat perjalanan Anda terasa nyaman, tak terkecuali untuk si kecil. Servis ke bengkel sebeum mudik membantu Anda mencegah segala kemungkinan terburuk selama di perjalanan nanti, seperti mogok.

2. Pilih waktu mudik yang tepat

Pilih waktu berangkat mudik saat anak biasanya istirahat, contohnya saat jam tidur siang anak. Selain mencegah anak rewel, berkendara di siang hari juga lebih aman karena membuat Anda yang nyetir bisa lebih fokus dan waspada untuk membaca situasi-kondisi jalanan ketimbang mudik di malam hari. Bila tidak hati-hati, nyetir saat ngantuk justru akan membahayakan Anda dan keluarga.

3. Siapkan makanan dan keperluan anak
Beberapa hari sebelum mudik, pastikan Anda sudah melengkapi segala perlengkapan bayi yang wajib dibawa saat bepergian, mulai dari peralatan mandi, selimut, popok, baju ganti, mainan, hingga obat-obatan. Masukkan semua ke dalam tas yang mudah dibawa, dan taruh di tempat yang mudah Anda jangkau saat di mobil (jangan ditaruh di bagasi). Bila perlu, bawa car seat atau kursi mobil khusus anak agar si kecil lebih nyaman berada di mobil. Lengkapi dengan bantal dan selimut hangat agar si kecil semakin nyaman saat mudik bersama Anda. Jangan lupa juga bawa banyak camilan yang praktis tapi tetap sehat, seperti buah, sereal, atau biskuit kesukaan anak. Dampingi dengan susu dan air putih untuk mencegah dehidrasi pada anak selama di perjalanan.

4. Bawa mainan favorit anak
Mainan ampuh untuk menenangkan anak yang sedang rewel ketika bosan terjebak dalam kendaraan selama berjam-jam. Maka, jangan lupakan “senjata” yang satu ini jika camilan saja tidak cukup untuk mengalihkan pikirannya. Semakin lama si kecil sibuk dengan mainannya, semakin kecil pula risiko anak rewel selama di perjalanan. Tapi ingat, lama kelamaan si kecil juga bisa merasa bosan dan ingin kegiatan lain yang lebih menarik. Untuk menyiasatinya, putarkan musik kesukaan anak dan ajaklah ia bernyanyi bersama Anda untuk mengalihkan perhatiannya. Anda juga bisa menyetel video edukasi untuk membuatnya tertarik dan belajar bersama Anda.

5. Jangan panik saat anak rewel
Kunci terpenting agar mudik dengan anak terasa nyaman adalah jangan gampang panik. Memang sih, anak yang rewel bikin ortu mudah terpancing emosi, tapi ketimbang membuang-buang energi dengan emosi, ada baiknya segera tenangkan diri Anda. Cari tahu apa, sih, kemauan dan kebutuhan si kecil hingga ia bisa rewel dan menangis. Bila anak rewel karena merasa lapar, segera berikan makanan kesukaannya dan pastikan si kecil makan sampai kenyang. Sementara bila anak rewel karena mengantuk, bantu si kecil agar bisa tidur dengan nyaman.

6. Istirahatkan tubuh dengan menepi di tempat yang aman
Bila si kecil terus bosan dan menangis meski sudah dihibur dengan berbagai cara, ada baiknya segera pinggirkan kendaraan Anda di pom bensin, tempat makan, atau rest area tol terdekat. Tenangkan anak sejenak sembari mengistirahatkan tubuh Anda setelah duduk berjam-jam di mobil. Tak perlu terburu-buru sampai ke tujuan bila memang tidak memungkinkan. Meneruskan perjalanan dalam kondisi yang tidak nyaman justru dapat meningkatkan risiko berbahaya selama di perjalanan. Bila perlu, istirahatkan diri Anda dan keluarga di penginapan terdekat untuk memulihkan kembali energi yang telah terkuras habis di perjalanan. Begitu si kecil kembali tenang dan stabil, barulah Anda bisa melanjutkan perjalanan hingga sampai ke tujuan.

Selamat bermudik ria bersama anak dan keluarga, ya!








Berikan Komentar Via Facebook

Ragam Berita Lainnya
Contoh Permainan Untuk Melatih Motorik Halus Pada Anak
Contoh Permainan Untuk Melatih Motorik Halus Pada Anak
Sabtu, 18 Mei 2019 23:12 WIB
Perkembangan motorik halus berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil dan koordinasi mata-tangan.
Tips Bagaimana Menghadapi Gempa ?
Tips Bagaimana Menghadapi Gempa ?
Sabtu, 03 Agustus 2019 14:26 WIB
Setiap orang tentu memiliki tanggung jawab yang sama, yaitu melindungi diri sendiri dan keluarga
Tips Mengajarkan Arti Kemerdekaan Pada Anak
Tips Mengajarkan Arti Kemerdekaan Pada Anak
Jum'at, 16 Agustus 2019 08:00 WIB
Mengajarkan arti kemerdekaan dan perjuangan membuat anak-anak bisa memiliki rasa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi
Apa yang diperjuangkan Ibu Kartini ?
Apa yang diperjuangkan Ibu Kartini ?
Minggu, 21 April 2019 09:01 WIB
Mam's sebenarnya apa yang sejak dulu diperjuangkan oleh Ibu Kartini?