Dunia Anak
 

Contoh Permainan Untuk Melatih Motorik Halus Pada Anak

Contoh Permainan Untuk Melatih Motorik Halus Pada Anak

Usia balita merupakan saat di mana tumbuh kembang anak terjadi dengan sangat cepat. Karena alasan inilah, Funner’s perlu memberikan stimulasi yang tepat untuk merangsang pertumbuhannya. Selain kecerdasan kognitif, kecerdasan motorik anak juga perlu dilatih. Kecerdasan motorik terdiri dari dua, yakni motorik kasar dan motorik halus. Motorik kasar merupakan kecerdasan yang berhubungan dengan gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar. Motorik kasar mempengaruhi kemampuan si kecil untuk duduk, merangkak, berjalan, hingga berlari. Selain motorik kasar, ada pula yang disebut kemampuan motorik halus. Perkembangan motorik halus berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil dan koordinasi mata-tangan.

Untuk mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak, terdapat beberapa permainan yang bisa Funner’s berikan. Berikut ini adalah permainan-permainan yang bisa membantu si kecil mengembangkan kemampuan motorik halus.
 
Melipat Kertas
Permainan pertama yang bisa Funner’s ajarkan pada si kecil adalah permainan melipat kertas. Agar si kecil tidak kesulitan, Funner’s dapat mengajarkan si kecil untuk melipat kertas secara sederhana terlebih dahulu. Misalnya, melipat kertas menjadi dua bagian dengan lurus dan ukuran yang sejajar. Bantu si kecil dengan memberikan contoh terlebih dahulu atau lakukan kegiatan ini bersamaan. Permainan melipat kertas bisa membantu si kecil melatih koordinasi antara gerakan mata dan tangannya. 

Menghubungkan Gambar Titik-Titik
Permainan selanjutnya untuk membantu mengembangkan kemampuan motorik halus anak adalah permainan menghubungkan gambar titik-titik menjadi sebuah garis. Saat ini, Funner’s dapat menemukan banyak sekali buku yang sudah menyediakan gambar titik-titik dengan pola menarik. 

Menempel Kertas Warna-Warni atau Stiker
Kegiatan menempel kertas mungkin mudah bagi orang dewasa. Namun bagi balita, kegiatan ini bisa jadi kegiatan yang cukup menantang. Funner’s dapat menyiapkan potongan kertas warna-warni dan lem tidak beracun untuk memulai permainan ini. Kemudian, minta si kecil untuk menempelkan kertas warna-warni tersebut ke buku gambar yang sudah diberi pola. Minta si kecil untuk menyesuaikan kertas yang akan ditempelnya dengan pola yang ada di buku gambar.

Menggunting Gambar Berpola
Permainan selanjutnya yang bisa dilakukan untuk melatih kemampuan motorik halus si kecil adalah menggunting gambar berpola. Untuk melakukan hal ini, si kecil perlu mengkoordinasikan gerakan tangannya supaya tidak melenceng dari pola gambar yang ada. Agar gunting yang digunakan tidak membahayakan si kecil, pilih gunting khusus anak yang tidak tajam. Jangan lupa juga untuk selalu mendampingi anak ketika ia melakukan permainan ini. Sebelum si kecil dapat menggunting gambar berpola, Funner’s bisa melatih dengan memberikan pola garis lurus dulu. 
 
Permainan Puzzle 4 Keping
Permainan selanjutnya yang bisa membantu si kecil melatih motorik halusnya adalah permainan puzzle 4 keping. Sesuai dengan namanya, permainan puzzle ini hanya menggunakan 4 potongan puzzle sehingga tidak terlalu sulit untuk dilakukan balita. Agar si kecil lebih semangat, pilih puzzle dengan gambar hewan atau tokoh kartun kesukaannya. Permainan ini bukan hanya baik untuk kemampuan motorik halus si kecil, tapi membantu si kecil menstimulasi kemampuan berpikirnya, terutama dalam memecahkan masalah. 

Itu tadi beberapa permainan yang bisa membantu si kecil mengembangkan kemampuan motorik halusnya. Dengan permainan yang tepat, kemampuan motorik halus anak akan berkembang dengan baik dan bisa memberi pengaruh positif untuk tumbuh kembangnya di masa mendatang.

semoga bermanfaat








Berikan Komentar Via Facebook

Dunia Anak Lainnya
Tips Mudik Nyaman Bersama Anak
Tips Mudik Nyaman Bersama Anak
Sabtu, 01 Juni 2019 14:43 WIB
Mudik sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia di bulan Ramadan. Anda tentu perlu mempersiapkan segala sesuatunya sematang mungkin.
Apa yang diperjuangkan Ibu Kartini ?
Apa yang diperjuangkan Ibu Kartini ?
Minggu, 21 April 2019 09:01 WIB
Mam's sebenarnya apa yang sejak dulu diperjuangkan oleh Ibu Kartini?
Tips Mengajarkan Arti Kemerdekaan Pada Anak
Tips Mengajarkan Arti Kemerdekaan Pada Anak
Jum'at, 16 Agustus 2019 08:00 WIB
Mengajarkan arti kemerdekaan dan perjuangan membuat anak-anak bisa memiliki rasa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi
Kegiatan Sehat Setelah Lebaran
Kegiatan Sehat Setelah Lebaran
Jum'at, 14 Juni 2019 10:17 WIB
Saat Lebaran dan puasa, ada beberapa rutinitas harian yang berubah dan cukup berbeda dengan hari biasa